Sering Diabaikan, Begini Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui

29 August 2019, at 17:00
0
0
Sering Diabaikan, Begini Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui

Selama ini, nggak banyak orang yang memahami atau bahkan mengetahui etika menjenguk bayi yang baru lahir dan ibunya.

Meskipun memiliki hubungan yang sangat dekat, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan saat berkunjung lho. Pasalnya, kondisi bayi dan ibunya masih sangat sensitif pasca proses lahiran.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa etika menjenguk bayi baru lahir yang wajib diketahui dan diperhatikan.

1. Buat Janji Kunjungan

membuat janji
pexels.com/@mentatdgt-330508

Meskipun kamu dan ibu yang baru saja melahirkan memiliki hubungan dekat, sebaiknya lakukan kunjungan setelah membuat janji yang disepekati bersama.

Pasalnya, melahirkan merupakan proses berat dan melelahkan. Sehingga, nggak jarang ada ibu baru yang membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat atau butuh banyak persiapan sebelum menerima tamu.

2. Jangan Menjenguk dalam Keadaan Sakit

sakit
hellosehat.com

Salah satu hal penting dan harus dilakukan saat akan menjenguk bayi baru lahir adalah memastikan bahwa kamu dalam keadaan sehat.

Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum kuat dan masih sangat rentan terkena berbagai penyakit. Oleh sebab itu, jika kamu sedang nggak sehat sebaiknya batalkan janji kunjungan dan jenguklah di lain waktu.

3. Minta Izin Sebelum Memegang atau Menggendong Bayi

menggendong bayi
sokitium.com

Lucu dan imutnya bayi yang baru lahir seringkali membuat banyak orang ingin memegang dan menggendongnya. Meskipun demikian, kamu membutuhkan izin dari ibu sebelum melakukan hal tersebut.

Ada banyak orang yang nggak memahami etika menjenguk bayi yang satu ini sehingga membuat ibu yang baru melahirkan merasa nggak nyaman.

4. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

cuci tangan
beritagar.id

Setelah mendapatkan izin dari orang tua si kecil untuk menyentuh atau pun menggendongnya, sebaiknya kamu nggak lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Bayi sangat masih sensitif dengan segala sesuatu sehingga hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, ada baiknya jika kamu sudah mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan.

Baca Juga: Menjenguk Bayi yang Baru Lahir? Beberapa Hal Ini Perlu Kamu Siapkan!

5. Jangan Menjenguk Terlalu Lama

menjenguk bayi baru lahir
besttennews.com

Berkunjung dalam waktu yang nggak terlalu lama juga termasuk dalam etika menjenguk bayi baru lahir lho. Kecuali, ibu dari si kecil memang memintamu untuk tinggal lebih lama dan menemaninya.

Selain itu, ada baiknya jika kamu menolak secara halus apabila ibu yang baru melahirkan menawarkan minuman atau makanan karena hal tersebut akan membuatnya semakin repot.

6. Minta Izin Apabila Ingin Mengunggah Foto Bayi di Media Sosial

foto bayi
lookslikefilm.com

Pada zaman sekarang, sudah menjadi sesuatu yang wajar saat seseorang membagikan segala hal tentang kehidupannya di media sosial.

Meskipun demikian, kamu perlu meminta izin ibu dan ayahnya saat ingin mengunggah foto bayi saat menjenguknya.

7. Hindari Komentar yang Nggak Perlu

menjenguk bayi baru lahir
shutterstock.com

Sebisa mungkin, hindarilah komentar yang nggak perlu atau bersifat negatif saat menjenguk ibu dan bayi yang baru lahir. Pasalnya, ibu yang baru saja melahirkan biasanya masih sangat sensitif suasana hatinya.

Baik komentar untuk bayi maupun ibunya, usahakan untuk mengatakan hal yang baik atau pujian-pujian saja ya.

8. Tawarkan Bantuan

tawarkan bantuan
shutterstock.com

Saat menjenguk bayi yang baru lahir dan ibunya, jangan sungkan untuk menawarkan bantuan apabila ia terlihat kesulitan.

Namun, kamu tetap harus menghargai dan nggak perlu memaksa saat ibu yang baru melahirkan tersebut menolak.

Jadi diantara 8 etika menjenguk bayi baru lahir di atas, Sobat Qupas pernah melanggar yang mana? Setelah mengetahui cara yang benar, semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik ya!

0 Comment