Sering Dibuang, 8 Bagian Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan

11 February 2019, pada 09:00
0
0
Sering Dibuang, 8 Bagian Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan

Ketika mengonsumsi buah atau memasak sayuran, tentunya ada bagian-bagian tertentu yang dipisahkan dan dibuang. Biasanya batang atau kulit lah yang menjadi korban.

Hal ini karena beberapa bagian tersebut dinilai tidak dapat dimakan dan memiliki rasa yang tidak enak.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada bagian-bagian buah dan sayur yang biasanya dibuang justru memiliki gizi yang lebih tinggi daripada yang dimakan? Bahkan, bagian yang mengandung vitamin tertinggi pada beberapa buah adalah kulitnya.

Baca Juga: Awas! Makanan dan Minuman Ini Bisa Berbahaya Bila Dikonsumsi Bersama

Beriku ini bagian-bagian buah dan sayur yang seringkali dibuang namun ternyata baik untuk kesehatan.

1. Daun Buah Bit

daun buah bit bagian bagian buah yang baik untuk kesehatan
sci-news.com

Ketika mengonsumsi buah bit, kebanyakan orang menyingkirkan daunnya karena dianggap tidak bisa dimakan. Tidak banyak yang tahu jika bagian itulah yang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh.

Dauh buah bit yang bisa kamu jadikan sebagai sayur ini ternyata memiliki kandungan vitamin A, K, C dan berbagai mineral yang baik untuk tubuhmu.

Untuk mengatasi rasanya yang sedikit pahit, kamu bisa menambahkan parutan lemon ketika memasaknya.

2. Bagian Tengah Nanas

bagian tengah nanas bagian bergizi baik untuk kesehatan
snaped.fns.usda.gov

Siapa yang tidak tahu nanas. Buah yang satu ini bisa dimakan secara langsung atau dijadikan tambahan penyedap dalam berbagai olahan.

Namun sayangnya, hanya daging bagian luar nanas saja yang biasanya dikonsumsi. Sedangkan inti buahnya lebih sering dibuang karena dianggap keras dan tidak enak untuk dimakan.

Padahal, bagian inilah yang mengandung bromelain atau enzim yang dipercaya mampu mencegah permbekuan dan peradangan pada sel darah.

Tekstur yang keras memang membuat bagian tersebut tidak dapat dikonsumsi secara langsung. Oleh sebab itu kamu bisa memotongnya dan mengolahnya menjadi minuman segar.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Mau Ubanan di Masa Muda

3. Kulit Semangka

kulit semangka bagian bagian buah yang baik untuk kesehatan
medicalnewstoday.com

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang melimpah dan menyegarkan. Daging buahnya yang manis bisa disantap secara langsung saat sedang bersantai atau diolah menjadi minuman seperti jus buah.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa kulit semangka juga bisa dikonsumsi. Tidak hanya itu, bagian buah tersebut justru mengandung banyak serat dan komponen yang dapat meningkatkan dan melancarkan aliran darah.

Kamu bisa mengolah kulit semangka menjadi acar atau dengan mencampurkannya dengan daging buah sebagai jus. Dengan begitu, kamu bisa menikmati bagian yang baik untuk kesehatan tanpa harus membaungnya. 

4. Kulit Lemon

kulit lemon bagian bagian buah yang baik untuk kesehatan
letslivewell.com.au

Siapa sangka, kulit lemon kaya akan vitamin dan antioksidan. Vitamin C pada bagian tersebut bahkan setara dengan yang ada pada daging buahnya.

Selain itu, kulit lemon juga memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit kanker.

Kamu bisa mengolah bagian tersebut dengan memarutnya dan mencarpurkannya di berbagai jenis makanan. Atau, buatlah minuman detoks dengan memasukkan potongan lemon beserta kulitnya ke dalam segelas air.

5. Kulit Kiwi

klit kiwi bagian bagian buah yang baik untuk kesehatan
snaped.fns.usda.gov

Selain lemon, kulit kiwi ternyata juga memiliki kandungan vitamin dan kandungan serat yang sangat tinggi.

Bagian yang berwarna hijau gelap ini bisanya dibuang karena dianggap tidak bisa dimakan. Padahal, kamu bisa mengonsumsinya langsung bersama daging buahnya.

Atau, kamu juga bisa mengolah kiwi menjadi jus tanpa membuang kulitnya untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh.

Baca Juag: Begini Manfaat Mengonsumsi Air Lemon Bagi Ibu Hamil

6. Batang Brokoli

batang brokoli bagian bagian sayur yang baik untuk kesehatan tubuh
wsj.com

Jika kamu sering mengolah sayur yang satu ini, kamu mungkin sering membuang beberapa bagian termasuk batangnya. Memang, kuntum bunga merupakan salah satu bagian yang paling sering dikonsumsi pada sayur ini.

Padahal, batang brokoli mengandung berbagai nutrisi yang tidak kalah dari kuntum bunganya. Kamu bisa mendapatkan vitamin C, kalium, hingga vitamin B dengan mengonsumsi bagian tersebut.

Selain itu, bagian ini juga memiliki serat yang lebih tinggi daripada bagian yang sering kamu konsumsi.

Olahlah batang brokoli dengan cara menumisnya bersama bahan-bahan lain. Atau, kamu bisa memanggangnya untuk mendapatkan rasa yang enak seperti daging.

7. Kulit Kentang

kulit kentang bagian bagian sayur yang baik untuk tubuh
potatogoodness.com

Kulit kentang merupakan bagian yang sering dibuang oleh kebanyakan orang. Padahal, sebanyak 20 persen unsur nutrisi kentang tersimpan pada bagian ini.

Beberapa orang mungkin menganggap olahan kentang beserta kulitnya merupakan makanan yang kurang higienis.

Namun, memasak kentang beserta kulitnya  akan membuatmu mendapatkan khasiat seperti dapat membantu kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kanker.

8. Batang Daun Kale

batang daun kale bagian bagian sayur yang baik untuk kesehatan
shape.com

Sayuran yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang menganut pola hidup sehat. Daun kale biasa diolah menjadi salad bersama dengan sayuran lain.

Namun, kebanyakan orang seringkali membuang bagian batangnya dan hanya memakan daunnya saja.

Baca Juga: Benarkan Minuman Bersoda Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal?

Padahal, bagian tersebut ternyata mengandung serat tinggi yang tak kalah dengan daunnya. Sebaiknya kamu memotong batangnya secara tipis dan halus serta memasaknya bersama dengan daun kale.

Itulah 8 bagian-bagian sayur dan buah yang sering dibuang padahal sebenarnya baik untuk kesehatan. Jadi, masih mau membuang bagain-bagian tersebut?

Sayangkan kalau vitamin dan nutrisi yang ada didalamnya hanya berakhir di tempat sampah.

0 Komentar