Qupas Healthy

Sering digunakan, 5 Produk Kesehatan Ini Justru Nggak Baik untuk Tubuh

24 October 2019, at 06:00
Sering digunakan, 5 Produk Kesehatan Ini Justru Nggak Baik untuk Tubuh

Ada banyak barang atau produk yang bisa mendukung kesehatan seseorang. Bukan hanya obat dan vitamin, produk atau alat kebersihan tubuh pun juga terkait dengan hal tersebut.

Sering digunakan sehari-hari, 5 produk kesehatan ini justru dinilai dapat menyebabkan masalah pada tubuh lho! Apa saja ya?

1. Sabun Anti Bakterial

sabun
pexels.com/@burst

Embel-embel anti bakteri dan lain sebagainya yang terdapat pada produk kebersihan badan seperti sabun seringkali membuat orang lebih terterik karena dianggap lebih sehat.

Padahal, Profesor Elaine Larson yang merupakan pakar epidemologi dari Colombia University menyebutkan bahwa penggunaan sabun anti bakterial nggak efektif melindungi tubuh. Bahkan, beberapa produk berisiko menyebabkan resistensi pada bakteri.

2. Pasta Gigi dengan Pemutih

pasta gigi
pexels.com/@pixabay

Selain sabun anti bakterial, pasta gigi dengan pemutih juga menjadi produk yang sebenarnya nggak baik bagi kesehatan. Pasta gigi digunakan untuk mendapatkan napas segar, membersihkan gigi secara maksimal, dan melindunginya dari kerusakana.

Namun, Clifton M. Carey, Ph.D. yang merupakan profesor kedokteran gigi dari Universuity of Colorado mengatakan bahwa bahan pemutih yang biasa terdapat dalam pasta gigi dapat menyebabkan penggerusan lapisan terluar dan menjadikan gigi semakin rapuh.

3. Spons untuk Mandi

spons mandi
123rf.com

Kamu termasuk orang yang suka menggunakan spons untuk mandi nggak? Kalau iya, sebaiknya pikir-pikir lagi deh. Produk yang satu ini memang dinilai sehat karena bisa membersihkan tubuh dengan lebih maksimal, padahal nggak demikian lho.

Menurut New York Dermatology Group, spons mandi justru merupakan sarang kuman dan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

4. Kapas Telinga (Cotton Bud)

kapas telinga
hellosehat.com

Tahukah kamu, telinga memiliki serumen atau lapisan lilin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagian dalam organ tersebut. Akan tetapi, akan terjadi gangguan kesehatan apabila lapisan tersebut dibiarkan menumpuk.

Untuk membersihkannya, orang-orang cenderung menggunakan kapas telinga yang menurut New Yor Ontologi ternyata justru dapat mendorong serumen lebih dalam lagi.

5. Alat Pemotong Kuku

potong kuku
starsinsider.com

Pemotong kuku juga merupakan salah satu produk kesehatan yang pasti dimiliki oleh hampir semua orang. Meskipun dianggap menyehatkan, namun ternyata alat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut Jessica Weiser, M.D. seorang pakar kulit dari New York Dermatology Group menyatakan bahwa apabila nggak rutin dibersihkan produk tersebut justru bisa menyebabkan infeksi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa produk kesehatan yang sebaiknya kamu hindari karena justru dapat meningkatkan risiko penyakit.