Sering Digunakan Artis Hollywood, Ternyata Ini Khasiat Cuka Apel untuk Kecantikan

01 January 2019, at 11:00
1
0
Sering Digunakan Artis Hollywood, Ternyata Ini Khasiat Cuka Apel untuk Kecantikan

Kourtney Kardashian adalah salah satu selebriti Hollywood yang mengaku memanfaatkan cuka apel untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, ada juga Zoe Kravits yang sering mengonsumsi hasil fermentasi apel ini sebagai rahasia kecantikan kulit.

Ya, beberapa tahun belakangan cuka apel memang jadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan para wanita untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Bahan aktif di dalamnya bahkan disinyalir menyimpan segudang manfaat lain yang belum banyak diketahui para wanita. Nah untuk itu, Qupas telah merangkum khasiat cuka apel bagi kecantikan. Seperti berikut ini.

1. Sebagai Toner Wajah

cuka apel untuk toner wajah
fashionisers.com

Cuka apel yang dicampur dengan sedikit air bisa kamu gunakan sebagai pengganti toner. Apalagi bila kamu memiliki tipe kulit berminyak.

Sifat astringent yang dikandung cuka apel bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Penggunaannya sebagai toner akan melembutkan dan membuat wajah jadi lebih cerah.

2. Menghilangkan Noda Hitam

cuka apel untuk menghilangkan noda hitam
amazonaws.com

Kamu mungkin sering menemukan Alpha Hydroxy Acid atau AHA dalam produk makeup atau skincare. Kabar baiknya, senyawa ini juga dimiliki oleh cuka apel.

Maka tak heran bila cuka apel ampuh digunakan untuk menghilangkan noda hitam akibat penuaan ataupun noda jerawat yang membandel. Sebab, cairan berwarna kecoklatan ini bisa mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

3. Mengecilkan Pori-pori

cuka apel untuk mengecilkan pori
blogspot.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cuka apel memiliki kandungan AHA yang mampu mempercepat proses regenerasi kulit. Senyawa ini juga efektif untuk memangkas tampilan pori-pori.

Wajah tak hanya akan terlihat mulus, tapi juga sangat halus saat disentuh.

4. Mengatasi Jerawat

cuka apel untuk mengatasi jerawat
stylecraze.com

Sangat terganggu dengan masalah jerawat yang tak kunjung sembuh? Cuka apel bisa kamu manfaatkan sebagai perawatan alami untuk mengatasi masalah ini.

Cuka apel kaya akan asam malat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptik untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, ada pula AHA dan Acetic Acid yang mampu menjaga pori-pori supaya bebas dari debu dan kotoran lainnya yang sering menjadi biang kerok munculnya jerawat.

Baca juga: Manfaat Ajaib Putih Telur Bagi Kecantikan yang Mungkin Jarang Kamu Dengar

5. Eksfoliasi Kulit

cuka apel untuk eksfoliasi kulit
asia.be.com

Manfaat dari kandungan AHA yang ada di dalam cuka apel nampaknya belum habis. Senyawa ini juga membantu mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut.

Oleh karenanya cuka apel boleh dicampurkan dalam scrub yang kamu gunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Supaya wajah jadi lebih bersih dan tampak bercahaya.

6. Mengobati Kulit Terbakar Karena Matahari

cuka apel untuk mengobati kulit terbakar
jooinn.com

Aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kulit terbakar. Sebab, pengaruh buruk sinar UV memang membuat kulit jadi iritasi dan memerah.

Untuk mengobatinya, kamu bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan cuka apel. Sifat astringent di dalamnya diketahui mampu menenangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Melembutkan Ketiak

cuka apel untuk melembutkan ketiak
netdna-ssl.com

Selain bisa melembutkan wajah saat digunakan sebagai toner, cuka apel bisa kamu oleskan setelah mencukur ketiak.

Bahan aktif dari cuka apel akan membuat bekas cukur jadi lebih lembut dan terasa segar.

8. Menyeimbangkan pH Kulit

cuka apel untuk menyeimbangkan ph kulit
lionessebeautybar.net

pH yang kurang normal bisa mengundang berbagai masalah pada kulit wajah. Untuk menyeimbangkannya, kamu bisa memanfaatkan cuka apel, karena memiliki pH yang sama seperti kulit manusia.

Dengan demikian, kamu akan semakin terhindar dari masalah kulit yang kering atau terlalu berminyak.

Nah, itulah sekian khasiat dari cuka apel untuk kecantikan. Gimana, kamu tertarik memasukkan cairan ini ke dalam ritual kecantikanmu seperti yang dilakukan Kourtney Kardashian dan Zoe Kravits?

0 Comment