Sering Digunakan Sebagai Obat Herbal, Ini 6 Manfaat Ajaib Ginseng Bagi Kesehatan

30 September 2019, at 10:00
0
0
Sering Digunakan Sebagai Obat Herbal, Ini 6 Manfaat Ajaib Ginseng Bagi Kesehatan

Siapa sih yang nggak tahu ginseng? Akar tanaman yang sering digunakan untuk obat tradisional ini memang diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman yang tumbuh subur di Korea Selatan ini bahkan seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat, minuman atau makanan penambah energi, dan produk kecantikan lho.

Mengandung zat besi, mineral, asam folat, enzim, dan beragam vitamin, ginseng memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Jadi, apa saja sih yang bisa tubuh dapatkan dari mengonsumsinya?

1. Mencegah Penuaan Dini

mencegah penuaan dini
brazilianbeautyserum.com

Salah satu manfaat ginseng adalah mencegah penuaan dini. Nggak heran, ada banyak produk kecantikan yang menggunakan akar tanaman herbal tersebut sebagai bahan bakunya.

Sifat antioksidan yang terdapat dalam ginseng dapat membantu mencegah efek negatif dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Selain itu, tanaman herbal tersebut juga dapat merangsang aliran darah sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Fungsi Kognitif

kemampuan otak
cheatsheet.com

Selain mencegah penuaan dini, mengonsumsi ginseng juga dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan fungsi kognitif seseorang.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The Cochrane Library menunjukkan bahwa ginseng mempunyai manfaat untuk kognitif, perilaku, bahkan kualitas hidup seseorang karena dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

Hal tersebut karena ginseng mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak otak.

3. Mengurangi Stres

stres
honestdocs.id

Ginseng ternyata juga bisa membantumu untuk mengurangi stres lho. Pasalnya, akar tanaman herbal tersebut dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dengan berbagai cara seperti meningkatkan metabolisme dan energi.

Kondisi tersebut diklaim mampu menangani stres dan kecemasan dalam tubuh. Nggak hanya itu, senyawa adaptogen yang ada di dalamnya dapat menurunkan produksi hormon stres sehingga membuat tubuh menjadi tebih tenang.

Baca Juga: Begini Caranya Stres Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik

4. Anti Peradangan

ginseng
oxfordvitality.co.uk

Nggak hanya itu, ginseng juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu jadi sulit terserang penyakit.

Kondisi tersebut telah dibuktikan pada oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Translational Medicine.

5. Mengatasi Diabetes

diabetes
mentalfloss.com

Tahukah kamu, ginseng telah terbukti dapat membantu pasien diabetes dalam mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Hal tersebut diungkapkan dalam American Journal of Chinese Medicine tahun 2005.

Akan tetapi, pasien diabetes tetap perlu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi ginseng sebagai obat karena harus disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Mencegah Kanker

teh ginseng
newshaherbaltea.com

Manfaat ajaib ginseng lainnya adalah melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan ginsenosida di dalamnya memiliki sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ginseng dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektar dan dapat membantu menyebuhkan kanker usus besar.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang manfaat ginseng bagi kesehatan.

0 Comment