Sering Dilakukan, Minum Obat Pakai Pisang Ternyata Berbahaya Lho!

19 October 2019, at 10:00
0
0
Sering Dilakukan, Minum Obat Pakai Pisang Ternyata Berbahaya Lho!

Ada banyak orang mungkin mengalami kesulitan saat diminta untuk minum obat hanya dengan bantuan air putih saja. Kondisi tersebut disebabkan oleh rasa yang pahit dan ukuran sebagian obat yang cukup besar.

Untuk menyiasati hal tersebut, beberapa orang lebih memilih untuk menelan obat bersamaan dengan makanan lainnya seperti pisang.

Buah ini seringkali menjadi pilihan karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga obat lebih mudah ditelan. Kamu pasti pernah melihat atau bahkan melakukan cara minum obat yang seperti ini kan?

minum obat
acehimage.com

Meskipun banyak dilakukan, para ahli justru mengatakan bahwa mengonsumsi obat dengan bantuan buah pisang ternyata kurang baik bagi kesehatan lho.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Menurut pakar kesehatan, zat tersebut dapat mendukung denyut jantung serta gerakan neurotransmitter pada otot dan saraf.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Begini Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Arahan Dokter

Akan tetapi, konsumsi obat tertentu seperti inhibitor ACE pada penderita tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan.

minum obat pakai pisang
stock.adobe.com

Bertujuan untuk menghalangi perubahan berbagai molekul aktif yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, konsumsi obat tersebut dengan pisang justru dapat menimbulkan hyperkalemia atau penumpukan serta kelebihan kalium.

Hyperkalemia sendiri merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai gejala seperti berikut.

  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Mual dan muntah
  • Ketidakteraturan denyut jantung

minum obat sama pisang
gettyimages.com

Pada beberapa kasus yang lebih parah, hyperkalemia bahkan bisa memicu kelumpuhan dan menyebabkan kematian. Wah, ternyata dampaknya cukup serius ya?

Selain buah pisang, kamu sebaiknya juga nggak mengonsumsi obat bersamaan dengan jeruk bali, kubis, dan keju karena justru dapat menimbulkan masalah lainnya.

Nggak mau kan obat yang kamu konsumsi justru membuat penyakit semakin parah dan bertambah? Maka dari itu, sebaiknya Sobat Qupas berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum memilih makanan pendamping obat ya!

0 Comment