Sering Dilakukan, Ternyata 5 Penanganan Luka Bakar Ini Justru Membuatnya Semakin Parah

01 April 2019, at 17:00
0
0
Sering Dilakukan, Ternyata 5 Penanganan Luka Bakar Ini Justru Membuatnya Semakin Parah

Kulit merupakan bagian terlur tubuh yang penting untuk dijaga karena merupakan pertahanan pertama dari bakteri dan kuman penyebab masalah kesehatan.

Bagian tubuh ini bisa saja mengalami beberapa masalah, mulai dari yang ringan hingga parah. Terbakar merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang kulit.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana mengobati luka bakar dengan baik dan benar. Justru banyak orang yang menanganinya dengan cara yang salah dan justru membuatnya semakin parah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

Berikut ini 5 cara penanganan luka bakar yang sering dilakukan namun ternyata salah besar dan justru membuatnya semakin parah.

1. Mengoleskan Pasta Gigi

pasta gigi
vk.com

Sebagai orang Indonesia, kamu tentunya sudah tidak asing dengan cara penanganan luka bakar yang satu ini. Biasanya orang-orang akan mengoleskan pasta gigi atau odol di bagian yang terluka.

Hal tersebut dilakukan karena kandungan mint pada pasta gigi yang memiliki efek dingin dan dianggap dapat meringankan rasa panas pada luka.

mengoleskan pasta gigi pada luka bakar
ecoremedios.com

Padahal, hal tersebut seharusnya dihindari karena efek dingin hanya bersifat sementara dan tidak membantu kesembuhan luka.

Sebaliknya, menurut penelitian pada Sanjay Gandhi Post Graduate Institute of Medical Sciences hal tersebut justru akan memperparah luka bakar.

Kandungan mint dan kalsium pada pasta gigi berisiko memperluas infeksi dan berbahaya bagi jaringan kulit.

2. Mengaplikasikan Es

es batu
thinglink.com

Kebanyakan orang cenderung memilih cara yang instan untuk mengobati luka bakar. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan es batu untuk meredam rasa panas.

Memberikan es batu pada luka bakar memang membuatnya terasa lebih dingin. Namun hal ini justru akan membuatnya menjadi semakin parah.

es batu untuk luka bakar
hellosehat.com

Cara pengobatan luka bakar yang sedemikian rupa akan memperlambat aliran darah ke daerah yang terbakar dan bisa merusak jaringan.

Menurut Washington Post, seorang ahli dermatologi dari Cleveland Clinic bernama Melissa Piliang menyarankan untuk menggunakan air mengalir untuk menurunkan panas, mengurangi rasa sakit, dan pembengkakan dibandingkan dengan es batu.

3. Mengoleskan Minyak

mengoleskan minyak
oilextech.com

Salah satu cara pengobatan luka bakar yang salah namun sering dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak pada daerah yang terluka.

Minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak goreng sering digunakan untuk menjaga kulit dari infeksi bakteri.

mengoleskan minyak pada luka bakar
shutterstock.com

Namun nyatanya, cara ini justru berbahaya karena minyak bersifat untuk menahan panas. Hal tersebut juga akan menghalangi sirkulasi udara dan menyebabkan masalah baru yang lebih parah pada luka bakar.

Baca Juga: Salah Membersihkan Luka Bisa Berbahaya, Begini Cara yang Benar

4. Mengaplikasikan Susu

susu
downtoearth.org.in

Entah siapa yang memulai, namun beberapa orang percaya bahwa kandungan lemak dalam susu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar.

Namun, mengaplikasikan susu pada luka bakar sebagai upaya penyembuhan merupakan hal yang sia-sia dan salah.

susu untuk luka bakar
go.care

Menurut Gary Golderberg, asisten profesor dermatologi klinis di Icahn School of Medicine, New York menyatakan bahwa susu tidak dapat menyerap ke dalam kulit.

Menggunakannya untuk menyembuhkan luka bakar justru akan membuat bakteri di dalam susu berkembang biak dan memicu infeksi.

5. Menutupnya dengan Perban

menutup luka bakar dengan perban
akuoke.com

Sebagian orang menganggap bahwa perban merupakan pilihan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan segala luka.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku pada kulit dengan luka bakar karena perban dapat menempel dan sulit untuk dilepaskan.

mengatasi luka bakar dengan air mengalir
cellcode.us

Oleh sebab itu, penggunaan perban pada luka bakar tidak akan membantu kesembuhan namun justru memperburuk keadaan.

Palang Merah Inggris menyarankan untuk menutup luka bakar dengan lembar bening atau plastik untuk mencegah adanya infeksi.

Jadi, kamu sering melakukan kesalahan yang mana dalam mengobati luka bakar? Setelah mengetahui faktanya, sebaiknya jangan dilakukan lagi ya Sobat Qupas!

0 Comment