Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

09 November 2018, pada 11:00
0
0
Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Di zaman serba canggih ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan moda transportasi untuk pergi ke suatu tempat, misalnya seperti kendaraan bermotor.

Tidak sedikit dari mereka yang mulai terbiasa menggunakan kendaraan bermotor dan merasa malas untuk berjalan kaki walaupun tempat yang dituju jaraknya tidak begitu jauh.

Padahal, berjalan kaki memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Selain bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti olahraga untuk menurunkan berat badan, berjalan kaki juga memiliki 6 manfaat penting berikut ini.

1. Mencegah Stroke

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
pexels.com

Manfaat pertama dari berjalan kaki adalah mencegah risiko stroke.

Seperti yang kamu tahu bahwa stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh naiknya kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dengan rutin berjalan kaki setiap hari maka sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar sehingga kolesterol dan tekanan darah akan tetap stabil.

2. Memperkuat Paru-Paru

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
hellosehat.com

Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Untuk memperkuan dan menyehatkannya, berjalan kaki merupakan salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan.

Hal ini dikarenakan rutin berjalan kaki dapat meningkatkan aliran oksigen dalam darah sehingga membuat kinerja paru-paru menjadi lancar.

Tidak hanya itu saja, berjalan kaki juga bisa membantu paru-paru mengeluarkan racun di dalamnya.

3. Mencegah Kebutaan

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
emakpintar.org

Mungkin kamu akan berpikir, bagaimana bisa berjalan kaki dapat mencegah kebutaan?

Ya, berjalan kaki secara teratur ternyata dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan mata.

Sebab aktivitas ini dapat menurunkan level tekanan bola mata yang tinggi, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan glaukoma alias kebutaan.

Baca juga: Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!

4. Menyehatkan Mental

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
sierraclub.org

Tak hanya mampu menyehatkan fisik saja, berjalan kaki juga bisa menyehatkan mental. Salah satunya adalah mencegah pikun.

Selain itu, jalan kaki juga dapat menjaga level endhorphin dalam tubuh tetap stabil sehingga membuat mental lebih sehat.

5. Membantu Pembentukan Otot

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
pexels.com

Ternyata tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, jalan kaki juga efektif untuk membetuk otot tubuh.

Rutin berjalan kaki mampu meningkatkan masa otot serta membentunya menjadi lebih kuat.

Bagian otot yang bisa dibentuk dengab berjalan kaki adalah seperti otot kaki, paha, bokong, dan lengan.

6. Mencegah Osteoporosis

Sering Disepelekan, Berikut Adalah 6 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan
pexels.com

Rutin berjalan kaki minimal 30 menit sehari mampu memperkuat tulang sehingga terhindar dari masalah tulang keropos atau yang biasa disebut dengan osteoporosis.

Selain itu, berjalan kaki juga bisa mencegah mengeringnya cairan di persendian sehingga terhindar dari arthritis.

Nah, itulah beberapa manfaat berjalan kaki bagi kesehatan. Jangan malas lagi, ya!

0 Komentar