Sering Disepelekan, Nama Panggilan Ternyata Berdampak Besar pada Perkembangan Anak

12 October 2019, at 19:00
0
0
Sering Disepelekan, Nama Panggilan Ternyata Berdampak Besar pada Perkembangan Anak

Memberikan nama panggilan alias julukan kepada anak merupakan hal yang lumrah terjadi. Biasanya, orang tua memberikan nama-nama yang terdengar lucu atau imut untuk menjadi lebih akrab dengan buah hati.

Mungkin saat sudah dewasa, mendapatkan pertanyaan seperti “kamu ingin dipanggil atau disapa sebagai siapa?” merupakan hal yang menyenangkan dan menunjukkan sebuah kesetaraan.

Namun pada masa kanak-kanak, mendapatkan nama panggilan atau julukan dari orang tua atau teman-teman sebaya adalah hal yang nggak telakkan.

ayah dan anak
pexels.com/@mastercowley

Meskipun sapaan tersebut dapat menujukkan keakraban seseorang, namun ada hal tersebut juga bisa berdampak buruk pada perkembangan buah hati, lho.

Nama julukan yang terdengar positif dan menyenangkan akan berdampak baik kepada si kecil, namun apabila terkesan negatif justru akan membuatnya mudah kehilangan rasa percaya diri.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki Sansekerta dengan Makna yang Indah

Dilansir dari laman huffingtonpost.ca, hal tersebut diungkapkan pada penelitian berjudul Nicknames For Kids: This Is Why They Were Invented.

nama panggilan anak
pexels.com/@trinitykubassek

Selain itu, sebuah artikel berjudul The Social Effects of Nicknames yang dimuat dalam laman childresearch.net menyebutkan bahwa orang tua berhati-hati dalam memberikan serta memerhatikan nama panggilan yang diberikan oleh teman-teman kepada buah hari.

Seperti yang diketahui, anak-anak pada usia balita sampai remaja sedang aktif dalam membentuk karakter dan mengembangkan mental.

ibu dan anak
pexels.com/@mr-beanbum-1550780

Mendapatkan nama julukan seperti “si gendut” atau “si pesek” mungkin akan terkesan imut dan lucu bagi orang lain, namun hal yang berbau negatif tersebut akan melekat pada anak selamanya dan berdampak buruk bagi perkembangan mentalnya.

Nah, jadi apabila Sobat Qupas memang ingin memberikan nama panggilan kepada anak sebaiknya pilih nama-nama yang bersifat positif ya!

0 Comment