Sering Disingkirkan, Ternyata Bulu Ketiak Punya 5 Manfaat Ini

06 January 2019, at 00:00
0
0
Sering Disingkirkan, Ternyata Bulu Ketiak Punya 5 Manfaat Ini

Rambut yang tumbuh pada lipatan lengan atau bulu ketiak sering kali dianggap mengganggu atau menyebalkan bagi sebagian orang, khusunya perempuan.

Banyak orang yang lebih memilih untuk menyingkirkannya dengan cara dicukur atau dicabut. Hal tersebut dilakukan untuk menunjang penampilan agar semakin menawan.

Hampir semua orang memiliki bulu ketiak. Akan tetapi tidak banyak yang mengetaui fungsi dan manfaat dari keberadaannya.

Hal  ini membuat banyak orang lebih memilih untuk menghabisinya saja. Padahal ada 5 peranan penting bulu ketiak bagi tubuh dan kesehatan. Apa saja?

1. Melindungi Kulit Ketiak dari Gesekan

melindungi kulit ketiak
gettyimages.com

Tuhan menciptakan manusia degan sempurna. Setiap bagian pada tubuh memiliki fungsi dan peranannya masing-masing, sekecil apapun itu.

Begitu pula dengan rambut dan bulu, baik itu yang ada di hidung, mata atau ketiak semuanya memiliki peran.

menjaga kulita ketiak dari goresan
gettyimages.in/mark-mainz

Bulu ketiak bisa melindungi kulit ketiak dari gesekan-gesekan yang terjadi akibat pergerakan tangan atau dari benda lain yang bisa saja menyebabkan bagian tersebut lecet atau terluka.

Jika bulu ketiak tidak ada, maka bagian tersebut akan lebih mudah terinfeksi akibat adanya luka.

2. Melindungi Ketiak dari Bakteri dan Kotoran

melindungi ketiak dari bakteri
nytimes.com

Selain agar kulit ketiak tidak terluka, bulu ketiak juga berperan sebagai pelindung dari bakteri dan kotoran. Aktivitas yang dilakukan di manapun memungkinkan kotoran dan bakteri untuk menempel pada ketiak seseorang.

melindungi ketiak dari bakteri dan kotoran
spynews.ro

Hal tersebut akan membuat bau ketiak yang sudah tertutup sepanjang hari semakin tidak sedap. Selain itu, kotoran bisa mengendap di ketiak apalagi jika bulu ketiak dicabut. Maka kotoran dan bakteri bisa masuk melalui pori-pori yang terbuka.

3. Melindungi Payudara

ketiak melindungi
pexels.com/@pixabay

Mungkin untuk manfaat yang satu ini, kamu tidak tahu. Bulu ketiak juga bisa menjadi pelindung bagi payudara yang merupakan organ penting pada perempuan, lho.

Hal ini karena terdapat kelenjar pada bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara.

ketiak melindungi payudara
pexels.com/@pixabay

Lebih baik pertahankan bulu ketiak. Karena jika tidak, zat-zat asing yang masuk lewat ketiak bisa jadi menyebabkan gangguan atau masalah pada payudara. Bahkan hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara.

Baca Juga: Jangan Terburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

4. Melindungi Bagian Ketiak dari Zat Racun

melindungi bagian ketiak
pexels.com/@thelazyartist

Sama seperti alis atau bulu mata, bulu ketiak bisa melindungi bagian ketiak dati zat-zat racun yang berasal dari luar tubuh. Rambut ini akan menahan zat-zat tersebut agar tidak mengenai bagian ketiak secara langsung dan berhenti di sana.

melindungi bagian ketiak dari zat racun
pexels.com/@wendywei

Zat tersebut kemudian akan hilang ketika dibersihkan atau setelah mandi. Coba bayangkan jika keberadaannya ditiadakan. Maka hal-hal diluar tubuh yang berbehaya akan mudah masuk dan membawa dampak negatif bagi tubuh.

5. Daya Tarik Tersendiri

daya tarik tersendiri
pexels.com/@olly

Tanpa disadari, bulu ketiak juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Itulah sebabnya ada orang yang memiliki kebiasaan bersembunyi atau membenamkan kepala di ketiak ibu atau bahkan pasangan.

menjadi daya tarik tersendiri
pexels.com/@moose-photos-170195

Pada ketiak terdapat kelenjar aprokin yang dipercaya sebagai feromon atau penarik pasangan. Kelenjar aprokin dan kelembapan bulu ketiak menimbulkan bau yang berbeda-beda.

Itu juga yang menyebabkan bau ketiak seseoang bisa jadi sangat tidak sedap bagi sebagian orang akan tetapi disukai oleh yang lainnya.

Bagaimana, setelah mengetahui fungsi dan peranan bulu ketiak, masih mau mencabut atau mencukurnya? Sebaiknya kamu piker-pikir lagi ya. Karena 5 manfaat di atas bukan hanya untuk penampilan melainkan untuk kesehatan.

Akan tetapi memilih untuk mencukur bulu ketiak juga tidak masalah, asalkan bisa menjaga kebersihan kulit atau bagian ketiak dengan konsisten dan terus merawatnya dengan baik.

0 Comment