Qupas Family

Sering Ganti Pengasuh Ternyata Berdampak Buruk Terhadap Perkembangan Anak, Sudah Tahu?

18 January 2020, at 08:00
Sering Ganti Pengasuh Ternyata Berdampak Buruk Terhadap Perkembangan Anak, Sudah Tahu?

Bagi orang tua yang memiliki banyak pekerjaan atau aktivitas, memiliki pengasuh atau babysitter merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan.

Meskipun demikian, mencari pengasuh anak yang bisa dipercaya memang bukanlah sesuatu yang mudah. Babysitter yang ideal harus mengerti bagaimana cara merawat anak sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

Selain itu, pengasuh juga harus paham bagaimana cara menstimulasi perkembangan anak, memberinya kasih sayang, dan mengetahui pertolongan pertama apabila terjadi hal-hal yang nggak diinginkan pada buah hati.

babysitter
yourdigitalclassroom.com

Pada dasarnya, kebanyakan orang tua ingin anaknya dirawat oleh pengasuh yang sama dari bayi hingga besar. Akan tetapi, pergantian pengasuh terkadang nggak bisa terelakkan karena berbagai alasan.

Baca juga: Jangan Asal Mempekerjakan Babysitter, Ini Tanda-Tanda Mereka Punya Kejiwaan Tidak Stabil, Bahaya!

Berbicara tentang pergantian pengasuh, hal tersebut ternyata bisa berdampak buruk bagi perkembangan anak apabila sering dilakukan lho! Kondisi tersebut berpengaruh terutama pada bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas.

Pasalnya, pada usia tersebut si kecil sebenarnya sudah mulai bisa mengenali orang-orang disekitarnya. Selain itu, anak dan pengasuh pun biasanya sudah memiliki keterikatan emosi.

perkembangan anak
123rf.com

Maka dari itu, perpisahan dengan pengasuh lama dan berkenalan dengan pengasuh baru biasanya akan menimbulkan kecemasan pada anak. Si kecil akan merasa asing dan membutuhkan waktu yang lebih untuk berdaptasi serta membangun ikatan emosional serta rasa percaya.

Apabila hal seperti itu terjadi hanya satu sampai dua kali, buah hati mungkin masih bisa mengatasinya. Namun, pergantian pengasuh yang terjadi berulang-ulang akan berpengaruh pada perkembangan mental anak karena ia harus mengalami kecemasan berkali-kali juga.

Selain berpengaruh pada perkembangan mental buah hati, pergantian pengasuh juga akan berdampak pada asupan nutrisi si kecil lho. Hal ini bisa terjadi karena biasanya anak-anak akan melakukan aksi mogok makan saat merasa nggak cocok dengan babysitter-nya.

pengasuh anak
yumama.com

Proses perkembangan anak yang seharusnya menjadi sesuatu yang berkelanjutan pun menjadi terhambat karena pengasuh baru masih harus mempelajari karakter si kecil dan buah hati juga belum memiliki kepercayaan padanya.

Meskipun mungkin dampak ini nggak bisa dilihat secara gamblang sekarang, namun hal tersebut akan terbentuk sedikit demi sedikit dan terbawa hingga anak dewasa lho.

Maka dari itu, ada baiknya apabila Sobat Qupas nggak sering menggantu pengasuh buah hati ya!