Sering Kesemutan? Waspada, Bisa Jadi Kamu Terkena Salah Satu dari 8 Penyakit ini

10 December 2018, at 10:30
3
0
Sering Kesemutan? Waspada, Bisa Jadi Kamu Terkena Salah Satu dari 8 Penyakit ini

Kesemutan adalah hal lumrah yang terjadi pada manusia. Kondisi dimana saraf di tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu cukup lama ini cukup sering dirasakan oleh beberapa orang.

Kamu akan merasakan kebas, mati rasa, dan panas seperti ditusuk-tusuk jarum pada bagian yang mengalami kesemutan. Rasa yang disebabkan oleh kurangnya suplai darah dalam tubuh dan dehidrasi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, sahabat Qupas. 

Frekuensi kesemutan yang cukup sering dan berada di tempat-tempat tertentu bisa jadi merupakan tanda dari penyakit-penyakit di bawah ini. Hati-hati, ya!

1. Stroke Ringan

stroke ringan
arditor.com

Stroke dapat terjadi apabila pasokan darah ke otak terganggu akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Sumbatan pada pembuluh darah lah yang membuat kamu merasakan kesemutan dan gejala-gejala stroke lainnya.

Apabila terjadi terus-menerus, kamu periksa ke dokter karena bisa menjadi stroke berat.

2. Diabetes Militus

diabetes militus
pexels.com

Diabetes militus atau kencing manis dapat ditandai dengan kesemutan juga, lho! 

Kesemutan di tangan dan kaki bisa jadi karena kerusakan saraf yang dikenal dengan nama neuropati perifer. Nah, diabetes adalah salah satu penyebab paling umum dari kerusakan saraf ini.

Sekitar dua per tiga dari orang-orang yang terkena diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah. Dalam banyak kasus, gejala-gejala ini adalah tanda pertama dari penyakit ini.

Hal ini dapat ditangani dengan mengonsumsi vitamin B1 dan B12.

3. Penyakit Jantung

penyakit jantung
pexels.com/@freestocks

Komplikasi jantung dengan sarafnya dapat mengakibatkan kesemutan. Pada pasien yang menjalani operasi pemasangan klep, terdapat bekuan yang menempel.

Bekuan tersebut apabila terbawa aliran darah dan mengenai sistem sensorik otak, pasien akan mengalami kesemutan sebelah.

Kesemutan bisa disertai dengan kelumpuhan apabila sistem motorik otak juga terkena bekuan darah tersebut. Wah, harus segera ke dokter!

4. Radang Sumsum Tulang Belakang (Cytomegalovirus)

radang sumsum tulang belakang
pexels.com/@rawpixel

Radang ini diawali dengan flu berat. Setelah itu kamu akan mengalami kesemutan yang sangat parah hingga merasa kebas dan kesulitan berjalan, segera ke dokter!

Kamu bisa jadi terserang virus Cytomegalovirus yang mengakibatkan radang pada sumsum tulang belakang!

Baca Juga: Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi dan Pengobatannya

5. Rematik

rematik
pexels.com

Kesemutan juga bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu sedang rematik, lho!

Penyakit yang disebabkan otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan ini dapat mengakibatkan terjepitnya saraf akibat sendi pada engsel.

6. Guillan-Barre Syndrome

guillan baree syndrome
pexels.com

Kamu pasti jarang mendengar penyakit yang satu ini. Selain kesemutan, penyakit ini ditandai dengan rasa kebas, gejala demam tinggi batuk dan sesak napas. 

Kesemutan akan terjadi di seluruh tubuh, tetapi biasanya lebih terasa pada ujung jari kaku dan tangan karena virus menyerang sistem saraf tepi.

7. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

carpal tunnel syndrome
shutterstock.com

Pada penyakit ini kesemutan diakibatkan oleh adanya rongga di pergelangan tangan atau karpal yang mengalami pembesaran otot.

Seram! Jadi karena ada rongga dan pembesaran otot, bisa jadi ada saraf yang tertekan atau terhimpit.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) akan menjadi parah apabila tidak segera ditangani karena otot yang akan mengecil dan menjadi lemah.

8. Infeksi Tulang Belakang

infeksi tulang belakang
hellosehat.com

Infeksi tulang belakang ini tidak sama dengan radang sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh Cytomegalusvirus ya, sahabat Qupas. Penyakit yang satu ini menyebabkan penderitanya tidak dapat mengontrol buang air besar maupun buang air kecil.

Kesembuhan pada penyakit ini tergantung pada seberapa parah infeksi yang dialami oleh pasien. Beberapa pasien bisa sembuh, beberapa menjadi lumpuh.

Tuh kan, ternyata kesemutan bisa jadi gejala penyakit serius, lho! Jangan sepelekan gejela apapun yang muncul dalam tubuh kamu ya.

Harus selalu waspada karena hal kecil bisa berubah besar apabila tidak segera ditangani. Periksa lah ke dokter apabila ada hal tidak wajar pada tubuhmu dan itu terjadi secara berkala.

0 Comment