Sering Lupa Jadwal Menstruasi? 8 Aplikasi Ini Akan Membantumu

19 April 2019, at 00:00
0
0
Sering Lupa Jadwal Menstruasi? 8 Aplikasi Ini Akan Membantumu

Sangat penting bagi perempuan untuk memperhatikan jadwal datang bulannya. Sayangnya, banyak yang justru meremahkan hal tersebut atau melupakannya karena kesibukan yang terlalu padat.

Padahal, jadwal menstruasi yang nggak teratur bisa jadi salah satu tanda masalah kesehatan termasuk kista dan kanker rahim. Oleh sebab itu, kamu harus memahaminya agar bisa mengetahui penyebab serta cara penanganan yang tepat.

Buat kamu yang sering lupa jadwal menstruasi, jangan khawatir. Di era modern ini kamu sudah sangat dimudahkan oleh teknologi.

Baca Juga: Menstruasi Nggak Teratur? Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Berikut ini 8 aplikasi khusus untuk siklus menstruasi perempuan yang harus kamu unduh. Bisa memberikan informasi tentang haid yang kamu butuhkan juga, lho.

1. Period Tracker

period tracker
refinery29.com

Period Tracker cocok buat kamu yang nggak suka dengan aplikasi berukuran besar. Tapi meskipun memiliki ukuran yang kecil, aplikasi ini dapat menjadi salah satu acuan siklus menstruasimu.

Aplikasi dengan desain menarik dan buang-bunga yang girly ini dapat menghitung masa ovulasi dan kesuburan, lho. Jadi bisa sangat cocok dengan kamu dan pasangan yang sedang menjalankan program hamil.

2. Cycles

cycles
refinery29.com

Cycles merupakan aplikasi siklus menstruasi dengan desain yang minimalis yang cocok untuk kamu yang sudah menikah.

Pasalnya, aplikasi ini dirancang agar kamu bisa berbagi informasi terkait dengan datang bulan dan kesuburan pada pasangan.

Jadi, suami dapat mengetahui dan memberikan sikap yang sesuai saat kamu mengalami berbagai perubahan fisik, hormon, dan emosi.

3. Eve Tracker App

eve tracker
refinery29.com

Dengan tampilan yang manis, aplikasi Eve Tracker App secara khusus menyediakan fitur utama yang mengusung tema seperti “cyclescope”.

Aplikasi ini memberikan informasi terkait dengan menstruasi dan sebagainya berdasarkan horoskop atau zodiak pengguna. Hal ini dilakukan untuk memberikan pendekatan yang nyata secara personal.

4. Clue

clue
francescawhyte.co.uk

Clue merupakan aplikasi siklus menstruasi untuk android dan iOS yang dirancang dengan sangat lengkap.

Nggak hanya bisa membuatmu lebih cermat mengetahui jadwal menstruasi, tapi juga memuat informasi terkait hormonal sex, jenis-jenis rasa sakit, kondisi psikologi, mental serta emosi, dan lain sebagainya.

Sehingga kamu bisa mengidentifikasi secara cepat jika terjadi sesuatu yang nggak beres atau risiko masalah kesehatan pada sistem reproduksimu.

Baca Juga: Darah Haid Hanya Keluar Sedikit? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini

5. Flo Period and Evolution

flo period
weddingchicks.com

Flo Period and Evolition memiliki keunggulan yaitu sifatnya yang personal dan bahkan memiliki sistem kunci.

Aplikasi ini secara khusus dapat terhubung dengan Apple Helath App untuk pengguna iOS yang juga bisa mengawasi durasi tidur, konsumsi air, aktivitas fisik, dan lain sebagainya. Hm, bisa sekaligus menerapkan pola hidup sehat nih!

6. Ovia Fertility

ovia fertility
ovuline.com

Ovia Fertility dirancang khusus bagi kamu yang sedang menjalankan program kehamilan. Aplikasi ini akan mencatat segala informasi personal dari berbagai rutinitas fisik yang kamu lakukan.

Adanya fitur “Fertility Score” yang diberikan setiap hari akan membantu mengetahui masa subur yang paling berpotensi untuk kehamilan.

7. Period Diary

period diary
imore.com

Sama-sama memiliki sifat personal seperti aplikasi Flo Period and Evolition, Period Diary memberikan tawaran yang lebih menarik.

Alih-alih password atau kunci, aplikasi ini menggunakan emoticon-emoticon lucu sebagai penanda yang hanya diketahui oleh dirimu sendiri.

8. DOT

dot
topsimages.com

DOT merupakan kepanjangan dari Dynamic Optimal Timing. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menggunakan large-sce data yang diatur untuk mengakulasi setiap gejala, risiko, dan hal-hal yang mungkin kamu adalami saat menjalani siklus menstruasi.

Hal tersebut dihadirkan setiap hari sehingga kamu bisa mengetahui perkembangan yang berbeda setiap bulannya.

Nah itu dia Sobat Qupas 8 aplikasi yang akan mempermudahmu dalam mengingat jadwal menstruasi. Nggak cuma itu, dengan ini kamu juga bisa mengidentifikasi risiko penyakit yang kamu alami dan menanganinya secepat mungkin. Jadi, kamu suka yang mana?

0 Comment