Sering Marah-Marah bisa Berdampak Negatif bagi Kesehatanmu

30 December 2018, at 00:00
1
0
Sering Marah-Marah bisa Berdampak Negatif bagi Kesehatanmu

Marah merupakan hal yang wajar dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi, terlalu sering melakukannya ternyata memiliki pengaruh negatif bagi kesehatan, lho.

Meluapkan emosi memang baik dilakukan agar kamu tidak memendam perasaan negatif. Tapi jika frekuensi marahnya terlalu sering juga tidak akan baik bagi kesehatan.

Amarah atau emosi bisa memakan sumber daya yang baik dalam tubuh sehingga kamu kehilangan banyak energi. Sering meluapkannya pun dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuhmu, seperti penjelasan Qupas di bawah ini.

1. Sakit Kepala

sakit kepala
shutterstock.com

Jangan kaget jika kamu tiba-tiba merasakan sakit kepada ketika sedang atau setelah marah-marah. Hal ini wajar terjadi karena ketika marah otot-otot menjadi tegang dan terjadi perubahan bahan kimia di otak.

Perubahan-perubahan tersebut lantas membuat kepala menjadi sakit. Selain itu, pembuluh darah di otak akan berdenyut tidak karuan ketika kamu marah. Hal ini akan membuat kamu merasakan sensasi nyeri dan sakit di kepala.

2. Stres dan Depresi

stres dan depresi
pexels.com

Efek paling terlihat dari orang yang sering marah-marah yaitu dia akan menjadi stres. Hal ini karena pikiran dan hatimu menjadi tidak karuan ketika marah. Meskipun terlihat sepele, namun stres dapat memicu munculnya penyakit lain.

Pada sebuah penelitian, orang-orang yang mudah dan sering marah dalam jangka panjang akan berisiko mengalami depresi.

3. Gangguan Tidur

gangguan tidur
pexels.com

Mengalami gangguan tidur sangat tidak nyaman, kan? Maka dari itu sebaiknya kamu menghindari marah-marah. Hormon yang berada di dalam tubuhmu akan bergejolak ketika kamu marah, sehingga kamu bisa mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur juga bisa disebabkan karena kamu stres atau depresi yang keduanya juga bisa muncul karena sering marah-marah.

4. Tekanan Darah Tinggi

tekanan darah tinggi
shutterstock.com

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tekanan darahmu naik, salah satunya adalah terlalu sering marah-marah.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa naiknya tekanan darah berpengaruh dengan kebiasaan marah-marah, akan tetapi banyak orang yang sudah mengalaminya, lho!

Baca Juga: Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi

5. Serangan Jantung

serangan jantung
klikdokter.com

Serangan jantung merupakan salah satu dampak marah-marah yang cukup serius. Hal ini memang sering terjadi pada orang yang tengah meluapkan emosinya.

Penelitian yang dipublikasikan di The European Heart Journal Acute Cardiovascular Care menyebutkan bahwa orang yang marah secara intens akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung sampai 8,5 kali lipat.

6. Masalah Pernapasan

masalah pernapasan
starberita.com

Marah bisa menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Kamu akan merasa tersengal-sengal ketika marah, hal ini akan membuatmu sulit bernapas.

Gangguan pernapasan terjadi ketika marah disebabkan oleh adanya gejala dari serangan panik.

7. Gangguan Kecemasan

gangguan kecemasan
pexels.com

Sering marah akan bisa menyebabkan stres bahkan depresi. Gangguan kecemasan dapat juga dipicu oleh intensitas marah-marah.

Jika sering meluapkan emosi yang meledak-ledak, lama-lama kamu akan selalu merasa cemas dan resah.

8. Stroke

stroke
pexels.com

Stroke otak dapat terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah yang berada di otak pecah. Hal ini terjadi ketika kamu sangat marah atau sering marah dan mengakibatkan tekanan darahmu naik. Penyakit ini berbahaya karena bisa membuatmu lumpuh bahkan meninggal.

Bagaimana, masih mau marah-marah terlalu sering? Sebaiknya kurangi marah-marah dan salurkan energi tersebut pada hal lain yang lebih bermanfaat. Apabila ada sesuatu yang membuat emosi, salurkanlah emosi tersebut dengan cara yang baik tanpa kemarahan.

Yuk sama-sama belajar mengatur amarah dan emosi demi kesehatan tubuh yang lebih baik!

0 Comment