Sering Mengigau Saat Tidur Jadi Tanda Awal Penyakit Demensia?

20 July 2019, at 02:00
0
0
Sering Mengigau Saat Tidur Jadi Tanda Awal Penyakit Demensia?

Pernahkan kamu mengigau saat tidur? Atau, mungkin kamu pernah menemukan seseorang yang melakukan hal tersebut?

Berbicara dalam tidur atau mengigau mungkin terkesan sepele dan terkadang lucu, namun kondisi tersebut bisa jadi berkaitan dengan adanya gangguan fungsi otak dan sistem saraf lho.

Sebenarnya, mengigau saat tidur merupakan hal yang wajar dialami oleh semua orang, apalagi dalam keadaan stres dan kurang tidur.

Baca Juga: 6 Bahaya yang Disebabkan Oleh Kurang Tidur, Awas Mati Muda!

Namun, mengigau terlalu sering merupakan gangguan mimpi yang disebabkan karena adanya masalah pada fungsi otak. Kondisi tersebut disebut dengan Rapid Eye Movement (REM) sleep behavior disorder.

mengingau
pexels.com/@jmark

Untuk lebih jelasnya, Rapid Eye Movement (REM) sleep behavior disorder ini ditandai dengan beberapa hal seperti berikut.

  • Mengigau, berbicara, dan mengoceh dalam tidur
  • Melakukan gerakan seperti menendang, meninju, atau berlari
  • Tidur sambil berjalan
  • Loncat dari tidur
  • Dapat melanjutkan mimpi yang terputus ketika tidur kembali

tidur berjalan
thesleepadvisors.co.uk

Kelima tanda di atas sebanarnya merupakan hal yang wajar dan dapat dialami oleh siapapun. Akan tetapi orang yang memiliki gangguan tidur tersebut akan cukup sering mengalaminya. Setiap bermimpi, mereka akan melakukan salah satu tandanya.

Baca Juga: Gangguan Tidur Sulit Hilang? Atasi dengan Cara Ini

Hal tersebut terjadi karena pada orang yang memiliki gangguan mimpi, otot tubuh tetap nggak menjadi kaku dan dapat digerakkan dengan mudah. Sehingga, orang dengan penyakit ini cenderung memeragakan apa yang dilihat dalam mimpinya.

bermimpi
pexels.com/@thatguycraig000

Berbeda dengan orang normal yang mimpinya hadir ketika memasuki REM, tahapan yang biasanya terjadi setiap 1,5 sampai 2 jam sekali selama waktu tidur sepanjang malam.

Saat REM tersebut terjadi, tubuh akan melakukan respon seperti adanya peningkatan tekanan darah, pernapasan yang nggak teratur, dan otot-otot yang kehilangan kekuatannya untuk bergerak.

Meskipun demikian, penyebab dari gangguan yang menyababkan orang sering mengingau belum diketahui secara pasti.

tidur
pexels.com/@flickr

Namun, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Neurology menyatakan bahwa sering mengigau ketika bermimpi adalah tanda awal risiko terbentuknya penyakit demensia dan dikaitkan dengan berbagai penyakit sistem saraf.

Jadi Sobat Qupas lebih baik memeriksakan diri ke dokter apabila sering mengingau saat tidur ya! Meskipun belum tentu ada masalah di saraf, apa salahnya berjaga-jaga?

0 Comment