Sering Menyerang Perempuan, Ini 8 Penyebab Anyang-anyangan yang Harus Diperhatikan

23 May 2019, at 07:00
0
0
Sering Menyerang Perempuan, Ini 8 Penyebab Anyang-anyangan yang Harus Diperhatikan

Anyang-anyangan merupakan kondisi yang dikaitkan dengan rasa nggak nyaman saat buang air kecil. Pada umumnya, frekuensi kencing meningkat pesat namun urin yang dikeluarkan hanya sedikit.

Anyang-anyangan biasanya menimbulkan rasa yang berbeda bagi masing-masing orang. Ada yang berupa rasa nyeri, sakit, atau bahkan panas di sekitar area kelamin.

Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja, namun perempuan memiliki risiko yang lebih besar karena saluran kencingnya lebih pendek daripada laki-laki.

Baca Juga: Warna Urine Bisa Tunjukkan Kesehatanmu, Yuk Periksa!

Meskipun terkesan sepele, namun anyang-anyangan merupakan masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan nggak dapat disepelakan. Berikut ini penyebabnya yang harus kamu waspadai.

1. Infeksi Bakteri Chlamydia

infeksi bakteri
honestdocs.id

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah infeksi bakteri chlamydia yang biasanya terdapat pada vagina dan merupakan penyebab keputihan.

Apabila bakteri ini masuk ke dalam saluran kemih, maka akan terjadi infeksi dan hal-hal yang nggak diinginkan seperti anyang-anyangan.

2. Sering Menahan Kencing

sering menahan kencing
livescience.com

Kebiasaan sepele seperti menahan kencing juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk anyang-anyangan.

Hal ini karena menahan keinginan untuk buang air kecil ternyata dapat melipatgandakan bakteri dalam saluran kencing, lho.

3. Kebiasaan Cebok yang Salah

kebiasaan cebok yang salah
okaydoc.com

Anyang-anyangan juga dapat terjadi apabila kamu melakukan kebiasaan cebok yang salah. Sebagian orang membilas dari belakang ke depan setelah buang air kecil, padahal hal tersebut dapat membuat bakteri E.coli dari anus masuk ke dalam kandung kemih melalui organ kewanitaan.

Oleh sebab itu, sebaiknya bilas organ kewanitaan dari depan ke belakang saat cebok mulai sekarang.

4. Kurang Minum Air

kurang minum air
pexels.com/@daria

Penyebab anyang-anyangan lainnya adalah kurangnya konsumsi air. Kondisi tersebut berpengaruh karena air merupakan faktor penting yang dapat membuang racun dan bakteri dari saluran kemih.

Maka dari itu, dehidrasi akan membuat produksi urin menurun dan proses buang air kecil semakin sulit sehingga risiko anyang-anyangan pun meningkat.

Baca Juga: Perempuan-Perempuan Ini Nggak Boleh Mengonsumsi Pil KB, Kamu Termasuk?

5. Penggunaan KB

penggunaan kb
honestdocs.id

Anyang-anyangan juga bisa jadi merupakan efek samping penggunaan KB atau alat kontrasepsi. Khususnya bagi perempuan yang menggunakan alat KB jenis spiral yang biasanya di tanam di rahim.

6. Diabetes

diabetes
dailypost.ng

Diabetes juga dapat menyebabkan anyang-anyangan. Hal ini karena penderita penyakit tersebut cenderung memiliki keinginan untuk buang air kecil yang lebih tinggi namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit.

Kondisi serupa juga dapat terjadi pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dan asam urat.

7. Kekurangan Hormon Estrogen

kekurangan hormon esterogen
1health.id

Semakin bertambah usia, maka kadar estrogen pada tubuh perempuan juga akan menurun. Apalagi jika sudah memasuki masa menopause.

Hal tersebut menyebabkan sistem kekebalan kandung kemih menurun dan lebih rentan terkena infeksi dan anyang-anyangan.

8. Batu Ginjal

batu ginjal
ciputrahospital.com

Jika kamu sering mengalami anyang-anyangan, nggak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi pada tubuh.

Sebab, bisa jadi gangguan buang air kecil tersebut merupakan tanda batu ginjal yang menghambat jalannya urine.

Nah, itu dia Sobat Qupas penyebab anyang-anyangan yang nggak boleh kamu sepelekan. Meskipun kelihatannya bukan masalah besar, namun infeksi bisa menyebar dan menyebabkan gangguan yang lebih parah.

0 Comment