Qupas Healthy

Sering Merasa Sakit Kepala Setelah Menangis Tersedu-sedu? Ini Lho Alasannya

03 January 2020, at 08:00
Sering Merasa Sakit Kepala Setelah Menangis Tersedu-sedu? Ini Lho Alasannya

Menangis merupakan salah satu cara untuk meluapkan emosi yang terkadang memang perlu dilakukan. Nggak hanya kesedihan, orang pun bisa menangis karena merasakan kebahagiaan.

Luapan emosi yang terlalu intens terkadang membuat seseorang menangis terlalu lama dan tersedu-sedu. Hal ini kemudian menyisakan keluhan fisik seperti rasa lelah, mata bengkak, sesak napas, dan bahkan sakit kepala atau migrain lho. Kamu juga pernah mengalaminya?

Lantas, kenapa sih seseorang bisa merasa sakit kepala setelah menangis tersedu-sedu? Meskipun mekanisme bagaimana menangis dapat menyebabkan sakit kepala belum diketahui secara pasti, namun stres dalam tubuh lah yang disebut-sebut menjadi penyebabnya.

menangis bikin sakit kepala
theodysseyonline.com

Pasalnya, sebuah penelitian menujukkan bahwa menangis yang disebabkan oleh hal-hal bahagia nggak memiliki efek yang sama. Selain itu, menangis karena memotong bawang juga nggak membuat seseorang mengalami migrain.

Baca juga: Jangan Malu, Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hanya tangisan yang disebabkan oleh kesedihan saja lah yang menyebabkan gangguan kesehatan tersebut.

Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh Lawrence Newman dari NYU Langone Health. Pakar kesehatan ini menyebutkan bahwa tubuh melepaskan hormon kortisol saat stres dan zat tersebut dapat memicu reaksi fisik seperti ketegangan di kepala.

sakit kepala
medicalnewstoday.com

Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa saat menangis, terjadi tekanan di sekitar dahi atau pada bagian samping dan belakang kepala. Hal tersebut lantas akan menyebabkan penyempitan otot-otot di sekitar leher dan kepala sehingga memicu migrain.

Meskipun demikian, Lawrence menekankan bahwa menangis memang dapat membuatmu sakit kepala atau migrain. Namun bukan berarti hal tersebut adalah satu-satunya penyebab.

Untuk mengatasi sakit kepala atau migrain akibat menangis, hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengonsumsi air putih. Tubuh seringkali mengalami dehidrasi pada kondisi tersebut.

menangis
imghulk.com

Selain itu, kamu juga bisa mengompres dahi dengan air hangat atau es untuk menenagkan pikiran. Pilih salah satu yang paling membuatmu nyaman. Nggak hanya itu, melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan serta melakukan pijatan di leher atau kepala juga akan membantu.

Apabila sudah melakukan semuanya namun sakit kepala nggak kunjung mereda, kamu boleh mengonsumsi obat antinyeri.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas alasan mengapa menangis tersedu-sedu bisa bikin kamu merasa migrain atau sakit kepala. Kamu pernah nggak mengalaminya?