Sering Minder karena Bau Mulut? Yuk Kenali Penyebabnya

19 September 2018, at 07:02
0
0
Sering Minder karena Bau Mulut? Yuk Kenali Penyebabnya

Bau mulut adalah sebuah masalah kesehatan yang kelihatannya sepele, tapi dampaknya begitu besar. Sebab, bau mulut bisa membuat setiap orang menjadi kurang percaya diri. Tidak hanya itu saja, bau mulut yang tidak sedap juga bisa menimbulkan rasa risih bagi orang-orang di sekitar.

Biasanya, orang yang mengalami bau mulut, cenderung sedikit dihindari oleh orang lain. Bagaimana tidak, ketika satu kalimat saja terucap, aroma yang tak sedap itu sudah sangat mengganggu penciuman.

Oleh karenanya, walau bukan masalah medis, bau mulut merupakan salah satu kendala yang perlu diperhatian oleh semua orang, terutama bagi yang kesehariannya selalu berinteraksi dengan orang lain. Nah, supaya lebih jelas, yuk simak beberapa penyebab bau mulut di bawah ini.

Baca juga : Sering Cegukan? Kenali 6 Penyebabnya Berikut ini

1. Mulut Kering

bibir kering
pexels.com

Hal pertama yang menjadi biang kerok dari mulut bau adalah mulut kering atau xerostomia. Hal ini mengakibatkan gangguan produksi air liru sehingga bakteri menumpuk pada rongga mulut. Ketika dibiarkan dalam keadaan kering, maka bisa membuat aroma mulut tak sedap.

2. Dehidrasi

dehidrasi
meramuda.com

Perlu diketahui juga, kekurangan cairan atau dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Hal tersebut dikarenakan produksi saliva atau air liur berkurang. Padahal, saliva itu fungsinya untuk membersihkan segala bakteri yang ada pada mulut. Oleh karenanya, perbanyak konsumsi air putih setiap hari, setidaknya 8 gelas.

3. Asam Lambung

asam lambung
hellosehat.com

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh masalah pada asam lambung. Ciri-cirinya adalah ketika kamu sering bersendawa dan mengeluarkan aroma tak sedap, bahkan busuk, berarti lambungmu sedang dalam masalah. Lebih baik segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

4. Gigi Berlubang

gigi berlubang
webmd.com

Tahukah kamu kalau gigi berlubang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut? Hal ini dikarenakan pada gigi berlubang itu, terdapat bakteri yang menumpuk. Mungkin kamu tidak menyadarinya. Tapi kalau kamu jeli, maka aroma tak sedap itu bisa terasa cepat munculnya walau sudah menggosok gigi sekalipun.

5. Lidah Kotor

lidah kotor
deherba.com

Mungkin hal ini terdengar sedikit unik, sebab istilah lidah kotor sangat jarang terdengar. Tapi jangan salah, lidah kotor itu memang tidak kelihatan. Ketika kamu mengonsumsi makanan, akan ada beberapa ampas yang menempel pada lidah. Jika ampas itu menumpuk, maka bisa memicu terjadinya aroma tak sedap sehingga kamu harus selalu membersihkan lidahmu setiap hari.

6. Sinus

sinus
hudsonvalleysinuscenter.com

Sinus adalah sebuah gangguan kesehatan yang menyerang THT, khususnya hidung. Sinus sendiri ditandai dengan menggumpalnya cairan pada hidung yang tidak bisa keluar sehingga menimbulkan kebusukan, baik dalam tekstur maupun aroma. Sehingga, tidak heran kalau aroma sinus itu nantinya bisa keluar melalui mulut yang menyebabkan terjadinya bau tak sedap saat sedang berbicara.

7. Infeksi Gusi

infeksi gusi
wajibbaca.com

Selanjutnya, bau mulut juga bisa disebabkan oleh infeksi pada gusi. Hal ini biasanya dibarengi dengan gusi bengkak dan rasa nyeri ketika terkena sentuhan. Saat mengalaminya, kamu tidak boleh diam saja. Carilah solusi segera dengan mengunjungi dokter. Sebab beberapa kasus terjadi, gusi membengkak yang dibiarkan justru membuat masalah serius bagi mulut.

8. Kanker

bau mulut
gogirlmagz.com

Kalau yang satu ini kamu harus waspada. Sebab, aroma tak sedap pada mulut juga bisa dipicu oleh gejala kanker. Hal ini memang tidak bisa diprediksi, alias samar. Namun, untuk memastikannya kamu harus pergi ke dokter. Sebab, kalau sampai disepelekan, sel kanker itu akan semakin merambat ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Nah, itulah beberapa penyebab bau mulut yang harus kamu ketahui.

0 Comment