Sering Terpapar Sinar Matahari Bantu Anak Tidur Nyenyak di Malam Hari, Lho!

24 September 2019, at 17:02
0
0
Sering Terpapar Sinar Matahari Bantu Anak Tidur Nyenyak di Malam Hari, Lho!

Anak-anak biasanya sangat suka bermain di luar ruangan, apalagi jika hal tersebut dilakukan dengan teman-teman. Panasnya matahari siang pun terkalahkan dengan perasaan senang.

Sebagai orang tua, melihat cahaya yang sedang terik-teriknya pasti membuatmu khawatir dan terkadang melarang buah hati untuk bermain. Padahal, nggak ada salahnya lho memberikan kesempatan pada si kecil untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Hal tersebut bahkan dapat membantu anak tidur lebih nyenyak di malam hari, lho!

anak anak bermain
istockphoto.com

Siapa sih yang nggak senang melihat anak tidur lelap di malam hari? Pasalnya, menidurkan anak khususnya usia balita bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Pada usia tersebut, anak sendang aktif-aktifnya dan seringkali masih terjaga atau rewel pada jam-jam istirahat orang dewasa. Alhasil, waktu tidur pun berkurang dan beberapa pekerjaan jadi terabaikan.

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

Tapi tenang, sebuah penelitian menyebutkan bahwa terkena paparan sinar matahari ternyata dapat membantu si kecil tidur dengan nyenyak. Kok bisa ya?

anak tidur
thenursery.ie

Pada buku yang bertajuk The Gentle Sleep Book yang ditulis oleh seorang Ahli Metode Gentle Parenting yang bernama Sarah Ockwell-Smith disebutkan bahwa orang tua perlu memastikan bahwa anak paling nggak terpapar cahaya matahari selama 20 menit saat bermain di luar ruangan.

Pasalnya, cahaya matahari alami dapat memengaruhi produksi hormon melatonin atau hormon tidur pada si kecil. Hal tersebut berbeda dengan cahaya buatan yang diperoleh dari lampu yang justru dapat mengganggu jam tidur anak.

Nggak hanya tidur malam, tidur siang dengan jendela terbuka anak membantu si kecil mendapatkan istirahat yang berkualitas.

anak tidur siang
magicmaman.com

Dalam buku tersebut disebutkan selain mendapatkan cahaya matahari alami, orang tua juga sebaiknya menghindari cahaya buatan untuk membuat anak tidur dengan nyenyak.

Nggak hanya itu, usahakan untuk menghindarkan anak dari menonton Tv atau bermain gawai minimal dua jam sebelum tidur.

Jadi, Sobat Qupas sebaiknya nggak perlu khawatir kalau anak ingin bermain di luar saat siang hari ya. Hal tersebut justru akan membantu orang tua untuk lebih mudah menidurkan si kecil kok!

0 Comment