Serunya Ikutan Open Trip, Wajib Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

20 July 2018, at 10:52
3
0
Serunya Ikutan Open Trip, Wajib Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Belakangan ini traveling menjadi salah satu gaya hidup yang diminati banyak orang. Nggak heran, jika kemudian banyak biro wisata yang membuka jasa open trip, terutama bagi mereka yang malas ribet untuk menyusun segala keperluan sebelum dan selama perjalanan. Meski memang terlihat praktis dan seru, tetapi ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendaftar open trip pada salah satu agen wisata. Berikut ini beberapa di antaranya.

 

pexels.com

 

Perhatikan tanggal keberangkatan

 

Salah satu kekurangan mengikuti open trip adalah kamu tidak bisa menentukan sendiri tanggal keberangkatanmu. Umumnya agen wisata sudah menentukan saat-saat pemberangkatan sesuai dengan jadwal yang mereka tawarkan. Karenanya, carilah info sebanyak-banyaknya tentang paket open trip dari berbagai biro wisata agar bisa menyesuaikan waktu keberangkatan dan mempersiapkan cuti kerja jauh hari sebelumnya.

 

Perhatikan itinerary

 

Selain tanggal keberangkatan, itinerary atau daftar rangkaian perjalanan termasuk  dalam hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendaftar open trip. Perhatikan tujuan wisata yang akan dikunjungi selama tur, apakah bisa disesuaikan dengan keinginan peserta ataukah harus baku mengikuti apa yang direncanakan oleh biro wisata. Umumnya, paket yang bisa diubah sesuai dengan keinginan peserta adalah paket pribadi atau grup.

 

Biaya open trip

 

Banyak orang seringkali kurang teliti dan lalai dalam memahami biaya paket perjalanan yang ditawarkan oleh biro wisata. Karenanya, tanyakan sejelas-jelasnya pada agen fasilitas apa sajakah yang termasuk dalam paket tur dan apakah ada biaya tambahan yang harus ditanggung lagi oleh peserta dalam perjalanan, misalnya dalam hal tiket pesawat sehingga tidak ada kesalahpahaman di antara kedua belah pihak.

 

Pajak

 

Umumnya, orang jarang memperhatikan bahwa ada pajak yang harus dibayarkan saat mendaftar open trip. Karena itu tanyakan dengan jelas apakah biaya perjalanan sudah termasuk pajak atau masih harus dibayarkan kembali di luar biaya perjalanan dan harga tiket.

 

Tips

 

Ada beberapa paket perjalanan yang tidak menyertakan tips atau tipping dalam harga paket yang ditawarkan. Artinya, masih ada biaya tambahan untuk ini selama melakukan perjalanan. Untuk menghemat waktu, gunakan sistem kolektif selama perjalanan atau mungkin pada biro tertentu biaya tips harus dibayarkan terlebih dahulu.

 

Meski tampak ribet di awal, tetapi mengikuti open trip sangat menyenangkan lho. Di samping tidak perlu bingung memikirkan akomodasi dan transportasi selama perjalanan, kamu mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan teman yang baru. Seru kan?

0 Comment