Serunya Liburan di Puri Maerokoco, Miniatur Provinsi Jawa Tengah di Semarang

07 June 2019, at 11:00
0
0
Serunya Liburan di Puri Maerokoco, Miniatur Provinsi Jawa Tengah di Semarang

Puri Maerokoco adalah salah satu bukti Semarang nggak henti-hentinya suguhkan pariwisata menarik. Destinasi di Kota Lumpia ini pun bukan cuma sekadar tempat liburan biasa untuk melepas penat. Di sini kamu juga bisa menambah wawasan tentang Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Bisa dibilang kalau tempat wisata keluarga di Semarang ini sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Banyak keistimewaan dan pengetahuan yang bakal kamu dapat di sini. Penasaran? Lanjut baca yuk, Sobat Qupas!

Baca juga: King Garden Bandungan, Wisata Bertabur Emas Buat Kamu yang Mudik ke Semarang

1. Taman yang ada sejak tahun 80-an

puri maerokoco semarang
instagram.com/taqwimareza

Taman Wisata Puri Maerokoco sudah diresikan sejak tahun 1980-an oleh Gubernur Ismail. Nama "Puri Maerokoco" sendiri didapat dari epos Mahabharata dalam peawayangan. Dimana kisahnya tentang seorang dewi yang ingin punya seribu bangunan dalam waktu semalam saja.

2. Anjungan daerah-daerah di Jawa Tengah

grand maerokoco
instagram.com/irul_yanni

Hampir sama seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, wisata Semarang ini juga menyuguhkan berbagai macam anjungan dari berbagai daerah, khususnya Provinsi Jawa Tengah.

Taman seluas 23,84 hektar ini terdiri dari 35 anjungan yang merefleksikan 35 kabupaten dan kotamadya di Jawa Tengah. Bahkan di sini ada beragam miniatur peninggalan sejarah yang sudah dikenal di masyarakat, seperti:

  • Miniatur Benteng Pendhem
  • Miniatur Masjid Agung Demak
  • Miniatur Masjid Menara Kudus
  • Miniatur Candi Borobudur
  • Miniatur Masjid Mantingan

Menariknya lagi, di dalam miniatur rumah adat di wisata yang juga disebut sebagai Grand Maerokoco ini ada berbagai macam hasil industri dari berbagai daerah di Jawa Tengah,lho. Berbagai macam hasil kerajinan khas Indonesia juga ada.

3. Menyusuri kawasan taman dengan cara asyik

puri maerokoco
instagram.com/mbahyong

Puri Maerokoco bukan cuma punya anjungan sebagai daya tariknya. Di sini kamu juga bisa menemukan kawasan hutan mangrove. Kamu pun bisa menyusuri area hutan yang didirikan di atas perairan pinggir pantai Kota Semarang.

Bukan cuma melewati jalan setapak, kamu juga bisa menyusuri hutan mangrove dengan menyewa sampan atau perahu mesin. Dijamin asyik dan nggak bakal bosan deh.

Baca juga: Mini Mania, Wisata Semarang yang Bisa Bikin Kamu Seolah Keliling Dunia

4. Beragam fasilitas lengkap di Puri Maerokoco

grand maerakaca
instagram.com/biiibb_ulfi

Bukan cuma hutan mangrove, kamu juga bakal dihibur dengan berbagai fasilitas, seperti desa wisata, becak air, maupun istana anak-anak Indonesia. Area playground dan waterboom juga ada.

Ingin wahana yang lebih menantang? Pihak Puri Maerokoco juga menyediakan flying fox dan paintball yang menyenangkan.

Nggak ketinggalan juga museum iptek, kereta gantung, sampai gedung opera ada di sini. Yang jelas, semua ini menandakan bahwa Puri Maerokoco bukan sekedar tempat wisata biasa, tapi juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

5. Lokasi dan tiket masuk Puri Maerokoco

grand maerakaca semarang
instagram.com/nopnouph

Lokasi Puri Maerokoco sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang. Untuk menuju ke tempat wisata di Jawa Tengah ini mudah kok. Apalagi letaknya di tengah kota.

Dari Simpang Lima, arahkan kendaraanmu ke Tugu Muda. Sampai di lampu merah, ikuti petunjuk jalan ke prpp. Selang beberapa waktu, kamu bakal sampai di lokasi.

wisata grand maerokoco semarang
instagram.com/jetrani.rd

Soal tiket masuk, kamu cuma perlu membayar sekitar Rp10.000,00 saja kok. Ada lagi tarif untuk parkir kendaraan, yakni Rp5.000,00 untuk mobil. Sedangkan untuk motor cuma Rp3.000,00. Murah kan?

Nah, itulah info singkat tentang Puri Maerokoco yang bisa dibilang Taman Mininya Jawa Tengah. Bukan sekedar tempat rekreasi, destinasi di Kota Semarang ini juga menyuguhkan sarana edukasi buat Sobat Qupas semua. Tunggu apalagi? Yuk liburan ke sini!

0 Comment