Serunya Muncak Pakai Motor di Gunung Telomoyo, Kamu Sudah Pernah?

29 September 2019, at 11:00
0
0
Serunya Muncak Pakai Motor di Gunung Telomoyo, Kamu Sudah Pernah?

Gunung Telomoyo bisa dibilang adalah salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya sunrise alias matahari terbit di Jawa Tengah. Beda dari gunung pada umumnya, destinasi ini nggak butuh effort terlalu tinggi untuk menjangkaunya.

Bayangin aja, kamu nggak harus mendaki selama berjam-jam untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo. Cukup pakai sepeda motor saja, keindahan alam di sekitar bisa kamu lihat dari ketinggian.

Selain semua itu, masih ada sejumlah keistimewaan dari Gunung Telomoyo yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Magelang ini. Biar nggak makin penasaran, intip ulasan Qupas berikut ini yuk!

1. Gunung yang cocok buat pendaki pemula

gunung telomoyo magelang
instagram.com/yosua.kanoko

Gunung yang berada di ketinggian sekira 1.894 mdpl ini bisa dibilang punya tingkat kesulitan pendakian di level bawah. Nggak perlu waktu lama untuk mencapai puncaknya. Terlebih lagi destinasi ini termasuk dalam kategori gunung yang pendek.

Untuk mencapai puncaknya, kamu pun bisa menggunakan kendaraan pribadi, mau itu motor, mobil, atau bahkan truk. Dari pos, cuma butuh waktu kurang lebih selama 30 menitan. Antara pos di gerbang sampai di puncak jaraknya sekira 6 kilometer.

akses gunung telomoyo
instagram.com/wijaya_faturizky

Menariknya, kamu masih punya pilihan untuk mencapai puncaknya. Kalau naik kendaraan, waktu tempuhnya kurang lebih selama 15 menit. Sedangkan kalau jalan kaki, estimasi waktunya 2 jam.

Fyi, akses menuju puncak cukup mudah. Jalannya pun sudah bagus dan berupa aspal. Kendati demikian, di beberapa titik ada jalan makadam yang menyisakan batu kerikil. Sejumlah belokan yang bakal kamu lewati pun mengharuskanmu untuk selalu berkendara dengan waspada.

2. Tempat asyik untuk 'mengejar' sunrise

sunrise telomoyo
instagram.com/mad_scape

Apa yang spesial dari Gunung Telomoyo? Jawabannya adalah sunrise alias matahari terbit. Untuk melihat fenomena alam ini, artinya kamu perlu datang lebih awal, paling nggak berangkat jam 03.00 dini hari.

Kalau berangkat dari Semarang, kemungkinan kamu bakal tiba di spot sunrise sekira pukul 04.30 WIB. Di saat inilah kamu bakal melihat keindahan matahari terbit dseolah membelah di antara Puncak Merbabu dan Merapi. Itupun kalau kondisinya nggak tertutup awan mendung.

3. Wisata 24 jam di Jawa Tengah

rute telomoyo
instagram.com/leonarvin_

Gunung Telomoyo termasuk wisata 24 jam di Jawa Tengah. Ini artinya kamu bisa berkunjung kapan saja.

Menariknya lagi, destinasi di Semarang dan Magelang ini juga termasuk wisata murah. Soalnya kamu cuma perlu mengeluarkan biaya sekira Rp5 ribu untuk tiketnya. Murah ya?

Baca juga: 8 Wisata Magelang yang Buka Selama 24 Jam, Puas Liburan Tanpa Dikejar Waktu

4. Ada landasan paralayang di Gunung Telomoyo

gunung telomoyo semarang
instagram.com/danarsibolang

Ada lagi yang menarik dari Gunung Telomoyo. Yaitu adanya stasiun pemancar atau tower yang masih beroperasi. Jadi jangan heran kalau wisata di Jawa Tengah ini juga disebut sebagai Gunung Pemancar.

Selain pemancar, poin plus lain dari wisata dataran tinggi ini adalah adanya landasan paralayang tertinggi di Jawa Tengah. Bahkan mungkin juga di Indonesia.

Destinasi ini pun sempat jadi tuan rumah untuk Kejuaraan Gantole Piala Telomoyo yang diselenggarakan oleh Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI) sekitar Oktober 2014 lalu. Karena acara ini pula, Telomoyo jadi makin terkenal.

5. Cara ke Gunung Telomoyo

gunung telomoyo
instagram.com/sandha.sakti

Lokasi Gunung Telomoyo berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Magelang. Tempat wisata ini bisa ditempuh dari Kota Lumpia, dengan rute Semarang-Salatiga-Kopeng-Dalangan dengan estimasi waktu selama 2 jam berkendara (kalau nggak macet).

Setelah sampai di Kopeng dan sebelum Pasar Ngablak, patokan selanjutnya adalah SPBU mini di kiri jalan. Tepat di pertigaan, beloklah ke kanan dan ikuti jalur dengan jarak sekira 6 kilometer.

Well, Gunung Telomoyo sudah cukup menggodamu untuk segera muncak kan? Apalagi kamu nggak perlu effort tinggi buat mendaki. Cukup siapkan kendaraan yang fit, bahan bakar cukup, dan keahlian dalam berkendara, kamu sudah bisa mencapai puncaknya.

0 Comment