Serunya Urban Traveling Bakal Membuat Kamu Ketagihan

05 March 2019, at 09:00
3
0
Serunya Urban Traveling Bakal Membuat Kamu Ketagihan

Urban traveling atau wisata kota adalah gaya berlibur yang terkadang dianggap kurang seru. Kebanyakan orang bahkan menilai bahwa yang namanya berlibur itu harus dilakukan di alam terbuka, baik di pantai, gunung maupun hutan.

Padahal menghabiskan waktu dengan liburan ke kota juga memiliki daya tarik tersendiri dan tidak kalah seru jika dilakukan secara terencana. Banyak destinasi wisata dalam perkotaan, misalnya seperti:

  • Berbagai acara festival kebudayaan
  • Konser musik
  • Karnaval
  • Wisata kuliner
  • Pasar tradisional
  • Museum kota
  • Pasar malam
  • Berbagai bangunan antik, dan lain sebagainya

wisata kota
pexels.com/@kaiquestr

Selain seru dan bikin ketagihan, urban traveling juga seringkali menawarkan proses belajar. Terutama yang berkaitan dengan wisata budaya masing-masing daerah.

Penasaran nggak sih, apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dari urban traveling? Yuk, cari tahu keseruannya di sini.

Baca juga: Ada 20 Tanggal Merah di Tahun 2019, Siapkan Cuti Liburanmu!

1. Jarak tempuh

urban traveling
pexels.com/@olly

Berbeda dengan wisata alam, destinasi dalam kota memiliki jarak tempuh yang relatif lebih singkat dan akses jalannya mudah terjangkau oleh kendaraan apapun.

Sebab lokasi-lokasi yang dituju mayoritas lebih gampang untuk dicapai dalam waktu yang lebih singkat, sehingga tidak menghabiskan waktu untuk perjalanan.

liburan ke kota
pexels.com/@picjumbo-com-55570

Untuk para traveler yang hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur, maka urban traveling adalah pilihan yang tepat.

Selama waktu yang singkat itu, kalian bisa memaksimalkannya dengan berkunjung ke tempat-tempat menarik di dalam kota. Seru, kan?

2. Aneka pilihan transportasi dan akomodasi

naik kereta
pexels.com/@fabrizio-verrecchia-92585

Selain jarak tempuh, wisata kota menawarkan lebih banyak pilihan transportasi dan akomodasi. Tentu saja hal ini akan memudahkan para wisatawan untuk menyesuaikan dengan anggaran untuk berlibur.

Mudahnya fasilitas transportasi ini sangat membantu untuk menghemat waktu dan tenaga, sehingga liburan menjadi lebih efektif.

keuntungan urban traveling
pexels.com/@romancarey

Begitu pula dengan banyaknya pilihan akomodasi seperti penginapan di wilayah perkotaan. Misalnya saja dari hotel, guest house ataupun homestay.

Harga yang ditawarkan pun biasanya bervariatif. Ingin cari penginapan yang murah hingga mahal juga ada.

Baca juga: Ikuti Tips Liburan Dalam Kota Ini, Dijamin Liburan Tetap Seru

3. Banyak objek wisata yang bisa dipilih

de tjolomadoe
instagram.com/amirmaffudin

Mungkin di kota tidak menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara pedesaan. Tetapi banyak objek wisata perkotaan yang menarik dan juga tidak kalah Instagramable.

Untuk mendapatkan foto yang bagus, kamu bisa memilih tempat-tempat dengan latar belakang bangunan bersejarah, seperti:

  • De Tjolomadoe di Karanganyar
  • Tugu Pahlawan di Surabaya
  • Lawang Sewu di Semarang, dan lain sebagainya

kampung warna warni jodipan
instagram.com/nikkiula

Selain tempat bersejarah di Indonesia, kamu juga dapat memilih wisata kekinian dalam kota yang unik seperti, Kampung Warna-Warni di Malang ataupun juga Kampung Coklat di Blitar Jawa Timur.

Jika di alam kamu bisa menghilangkan penat dengan cara menyaksikan pemandangan alam yang menyejukkan.

Sedangkan di wilayah perkotaan, kamu juga bisa menghilangkan penat. Namun melalui cara berbeda, yakni dengan berwisata ke tempat hits atau bangunan bersejarah misalnya.

4. Fasilitas yang lebih lengkap

ilustrasi wisata kota
pexels.com/@alessio-cesario-975080

Jika dibandingkan dengan wisata alam, destinasi perkotaan menawarkan fasilitas yang lengkap. Di sana ada tempat belanja, rumah makan, tempat ibadah, mesin ATM maupun segala kebutuhan yang penting untuk wisatawan.

Sekali lagi, wisata kota memang bisa memudahkanmu dalam beberapa hal. Namun semua ada konsekuensinya, seperti terkait dengan biaya tambahan.

Saat kamu ingin mengunjungi tempat belanja, area wisata atau fasilitas berbayar lainnya. Tentu kamu perlu merogoh kocek lebih dalam lagi.

Baca juga: Yuk Ikuti Tips Liburan ke Luar Negeri Supaya Lebih Hemat Ini!

Kendati demikian, semua itu bisa kamu atasi dengan mencari tiket murah atau gratis melalui deretan website lokasi yang akan dikunjungi.

jember fashion carnaval
instagram.com/r.andika.pratama

Nah, sekarang sudah tahu kan asiknya melakukan urban traveling? Untuk lebih serunya lagi, kamu bisa mencari tahu kapan daerah setempat mengadakan festival, seperti Jember Fashion Carnaval atau Banyuwangi Etno Carnaval.

Kamu juga bisa mencari tahu lokasi diadakannya Java Jazz. Ini merupakan salah satu festival musik jazz terbesar di Indonesia. So, tunggu apalagi? Jangan ragu lagi untuk mencoba urban traveling. Dijamin bakal ketagihan.

0 Comment