Qupas Family

Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

16 July 2019, at 02:00
2
Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

Pada umumnya, anak-anak selalu ingin melakukan sesuatu. Apabila nggak ada kegiatan, mereka akan cenderung merasa bosan dan banyak membuat ulah.

Hal tersebut lantas membuat orang tua merasa khawatir dan melakukan apa saja agar buah hati nggak merasakan kebosanan.

Akan tetapi, ternyata sesekali membuat si kecil merasa bosan memiliki beberapa manfaat untuk perkembangannya seperti berikut ini.

Baca Juga: 6 Jenis Permainan yang Penting untuk Perkembangannya, Orang Tua Wajib Tahu Nih!

1. Melatih Kreatifitas

melatih kreatif
istockphoto.com

Sesekali membuat anak merasa bosan ternyata dapat melatih kreatifitasnya lho. Pasalnya, hal tersebut akan membuat si kecil berpikir keras untuk membuat sesuatu yang menarik dan menyenangkan baginya.

Anak yang merasa bosan dapat memanfaatkan alat-alat yang ada menjadi sesuatu mainan seru. Imajinasinya akan lebih terasah dibandingkan apabila selalu menerima sesuatu yang sudah terencana dan terstruktur sebelumnya.

2. Lebih Berpikir

lebih berpikir
depositphotos.com

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa orang yang bosan cenderung melihat kembali kehidupan yang telah dilalui dengan lebih bermakna.

Mungkin anak kecil belum bisa ada di level pemikiran seperti itu, namun merasa bosan akan membuatnya lebih berpikir. Anak yang bosan bisa melihat hal-hal kecil menjadi lebih menarik dan memaknainya secara lebih mendalam.

Merasa bosan membantu anak-anak dalam menemukan nilai pengalaman dan pandangan mereka terhadap dunia.

Baca Juga: Sering Digunakan, Stroller Ternyata Buruk Bagi Perkembangan Mental Buah Hati

3. Bertanggung Jawab Atas Kebahagiaannya Sendiri

bertanggung jawab
flickr.com

Hal yang satu ini seringkali nggak disadari oleh orang tua, bahwa anak seharusnya diajarkan bahwa sejatinya kebahagiaan muncul dari diri sendiri.

Selama ini orang tua selalu sibuk berusaha membahagiakan anaknya tanpa menanamkan hal tersebut. Meskipun wajar dilakukan, tetapi buah hati memang harus tahu bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab diri sendiri.

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu, Ini Penyebab Anak Mengalami Pubertas Lebih Cepat

Konsep yang abstrak dan mungkin nggak mudah dimengerti ini ternyata bisa dimulai dengan membiarkan anak merasa bosan lho. Hal tersebut secara nggak langsung akan membuatnya mengerti bahwa ia bisa menciptakan kebahagiaan sendiri.

Nah, sebagai orang tua Sobat Qupas harus tahu tentang hal-hal di atas ya. Jadi nggak masalah sesekali membuat anak merasa bosan, ada manfaatnya kok!

Muhammad Harits N
16/07 - 06:31
Keren
Muhammad Harits N
16/07 - 03:37
Waah