Sesuaikan dengan Usia, Ini Desain Kamar Anak yang Membantu Perkembangannya

04 October 2019, at 17:00
0
0
Sesuaikan dengan Usia, Ini Desain Kamar Anak yang Membantu Perkembangannya

Ada banyak hal yang dapat membantu menstimulasi perkembangan anak. Bukan hanya membacakan dongeng, mengajak bicara, atau melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya bersama si kecil.

Di sisi lain, pemilihan waran dan dekorasi pada kamar tidur buah hati ternyata juga turut andil dalam mengasah kemampuan serta kecerdasannya, lho!

Berikut ini beberapa tips desain kamar anak sesuai dengan usianya yang bisa orang tua terapkan.

1. 0-6 Bulan

perkembangan bayi
pinterest.com/projectnursery

Tahukah kamu, penelitian menyebutkan bahwa bayi hanya bisa mengidentifikasi 3 warna saja, yaitu hitam putih, dan abu-abu. Si kecil lebih menyukai warna monokrom disertai dengan bentuk geometris dibandingkan warna-warna cerah atau pastel.

Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya menerapkan desain kamar yang minimalis untuk membantu perkembangan otak yang lebih efektif pada si kecil dengan nggak banyak memberikan organamen pada ruangan.

Akan tetapi, kamu bisa menambahkan bouncer bayi untuk area bermainnya dan sekaligus membuat kamar nggak terlalu kosong.

2. 6-12 Bulan

desain kamar bayi
pinterest.com/kelseyheather_

Pada usia 6 sampai 12 bulan, kemampuan penglihatan bayi sudah jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Oleh sebab itu, orang tua bisa membuat si kecil akrab pada warna lain dengan menambahkan berbagai dekorasi seperti boneka, buku, hiasan dinding lucu, atau mainan yang menarik perhatian bayi di kamar tidurnya.

3. 1-2 Tahun

kamar anak tema luar angkasa
pinterest.com/JoliPlace

Memasuki usia 1 tahun, kemampuan otak si kecil sudah semakin berkembang. Oleh sebab itu, anak juga sudah semakin pintar membedakan warna.

Untuk memaksimalkan perkembangan tersebut, orang tua bisa menerapkan desain kamar sesuai dengan keinginan anak. Tanyakan padanya apakah ia lebih suka tema hutan, luar angkasa, kartun, atau lain sebagainya.

Meskipun terlihat sepele, namun memilih tema tertentu bisa membuat si kecil mempelajari banyak hal. Menambahkan dekorasi seperti gantungan planet-planet misalnya akan membuat kecerdasan dan daya imajinasi buah hati bertambah.

Baca Juga: Pentingnya Membaca Buku untuk Perkembangan Anak, Yuk Biasakan Sejak Bayi!

4. 3-4 Tahun

desain kamar anak
pinterest.com/crateandbarrel

Pada usia ini, si kecil sedang sangat aktif dan menyukai banyak hal. Maka dari itu, desain kamar anak yang warna-warni dan banyak ornamen adalah pilihan yang paling tepat.

Orang tua bisa memberikan banyak ruang kosong untuk tempat bermain si kecil dan memberikan beberapa dekorasi atau gambar pada dinding.

Agar kamar nggak terkesan berantakan, kamu bisa meletakkan peralatan si kecil pada wadah mainan lucu yang akan menambah keindahan kamar.

5. 5 Tahun ke Atas

perkembangan balita
pinterest.com/fawnandforest

Si kecil sudah belajar banyak hal dan mengalami perkembangan pesat pada usia 5 tahun. Oleh sebab itu, orang tua bisa memberi kelonggaran bagi buah hati untuk memilih tema karanya sendiri.

Selain itu, nggak ada salahnya untuk memberikan ruang kosong seperti papan tulis pada tembok sebagai ruang kreasi yang bisa meningkatkan kreatifitas si kecil. Nggak hanya itu, anak juga bisa belajar lebih disiplin dengan adanya ruang kosong tersebut lho!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips mendesain kamar anak yang sesuai dengan usia untuk membantu perkembangannya!

0 Comment