Setelah Bercerai, Apakah Masih Harus Menjaga Hubungan Baik dengan Keluarga Mantan?

28 January 2019, at 01:00
0
0
Setelah Bercerai, Apakah Masih Harus Menjaga Hubungan Baik dengan Keluarga Mantan?

Setelah pernikahan kandas, apakah hubungan dengan keluarga mantan juga perlu diakhiri? Setelah bercerai, banyak orang yang bimbang tentang hal tersebut.

Sebagian orang memilih untuk pergi dan tidak mau tahu apapun yang berkaitan dengan mantan. Namun, jika kamu sudah merasa bahwa mereka adalah bagian dari hidup mengapa tidak dijaga?

Kamu bisa tetap menjaga ikatan persahabatan dengan keluarga mantan apabila kamu menyayangi mereka. Apalagi jika kamu dan mantan sudah dikaruniai anak. Berikut ini cara menjaga hubungan dengan keluarga mantan suami atau mantan istri.

1. Mengatasi Emosional

mengatasi emosional hubungan dengan keluarga mantan
pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Perceraian merupakan sesuatu yang menyedihkan dan sulit untuk dijalani. Begitu pula dengan tetap menjalin hubungan dengan keluarga mantan suami atau mantan istri.

Sebelum memutuskan untuk tetap menjalin persahabatan dengan mereka, sebaiknya kamu memastikan bahwa kamu bisa mengatasi hatimu secara emosional.

Pikirkan apakah dengan melakukan hal tersebut kamu akan menjadi sedih dan teringat dengan mantan atau tidak. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah kedamaian hatimu.

2. Berikan Jarak

berikan jarak hubungan dengan keluarga mantan suami pasca cerai
pexels.com/@rawpixel

Mendekati keluarga mantan suami atau mantan istri ketika baru saja bercerai pasti akan terasa canggung. Sebaiknya berikan jarak untuk menghilng terlebih dahulu dalam beberapa waktu.

Namun, tidak masalah jika kamu ingin menghubungi mereka melalui telfon dalam masa atau jeda waktu tersebut.

Baca Juga: Butuh Waktu Lama Buat Move On, Pasti Golongan Darahmu O!

3. Diskusikan dengan Mantan

diskusikan dengan mantan hubungan dengan keluarga mantan
pexels.com/@mentatdgt-330508

Setelah bercerai, lebih baik diskusikan bagaimana kelanjutan hubungan dengan keluarga mantan. Pastikan mantan suami atau mantan istri tidak keberatan dengan keinginanmu yang untuk menjalin persahabatan dengan orang tua atau saudaranya.

Apabila mantan adalah orang yang bijak, dia pasti memahami dan memperbolehkanmu tetap menjalin tali silaturahmi dengan keluarganya.

4. Berikan Pengertian pada Keluarga

berikan pengertian tentang hubungan dengan keluarga mantan
pexels.com/@fotios-photos

Selain mendiskusikan dengan mantan, kamu juga perlu memberikan pengertian kepada keluarganya. Pastikan bahwa mereka mengerti bagaimana statusmu yang sekarang.

Lakukan hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan supaya masing-masing bisa memposisikan diri dengan tepat.

5. Saat Mantan Tidak Ada

hubungan dengan keluarga mantan saat mantan tidak ada
pexels.com/@pixabay

Untuk menghindari rasa canggung, ada baiknya jika kamu mengunjungi keluarga mantan saat dia tidak ada. Apalagi jika kalian berpisah karena masalah yang sensitif.

Temuilah mereka di tempat umum atau dirumah pribadimu. Jika mantan merasa keberatan, jangan memaksa karena itu akan membuat keluarga mantan menjadi serba salah.

Baca Juga: Ups, Pasanganmu Belum Move On Nih Dari Mantannya

6. Hormati Keluarganya

berhubungan dengan keluarga mantan hormati keluarganya
pexels.com/@elevat

Meskipun hubunganmu dengan mantan sudah berakhir, tidak berarti kamu bisa menjelek-jelekkannya. Apabila sedang berkumpul dengan keluarga mantan, sebaiknya jangan mengumbar kejelekannya.

Hormatilah mereka dengan menghindari topik pembicaraan yang sensitif.

7. Komunikasikan Keinginan

hubungan dengan keluarga mantan komunikasikan keinginan
pexels.com/@divinetechygirl

Jika kamu ingin membina hubungan baik dengan keluarga mantan dalam jangka waktu yang lama, tidak ada salahnya untuk mengutarakan hal tersebut kepada mereka.

Komunikasikan dengan mereka apa yang menjadi keinginanmu, apakah kamu nyaman apabila kamu disangkutpautkan dengan mantan, dan lain sebagainya.

8. Jangan Melakukannya dengan Berharap Mantan Kembali

hubungan dengan keluarga mantan berharap balikan
pexels.com/@leah-kelley-50725

Jangan pernah menjalin hubungan dengan kelurga mantan hanya karena mengharapkan dia kembali padamu. Dukungan dari keluarga memang bisa memiliki pengaruh yang besar. Tetapi hal ini merupakan tindakan yang salah.

Jika memang ingin rujuk dengan pasangan, lebih baik komunikasikan hal tersebut dengannya.

Langkah-langkah di atas merupakan cara yang tepat untukmu yang masih ingin melanjutkan hubungan dengan keluarga mantan meskipun sudah bercerai.

Bagaiamanapun, perceraian merupakan masalah pribadi antara kamu dan pasangan. Keluarga tidak memiliki keterkaitan dengan hal tersebut, apalagi anak.

Sehingga menjaga hubungan baik dengan keluarga mantan merupakan hal yang wajar. Dapatkan lebih banyak tips tentang hubungan dengan mengunduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store.

0 Comment