Setelah Makan Jangan Langsung Tiduran, Ini Bahayanya Untuk Tubuhmu

26 June 2018, pada 02:00
2
0
Setelah Makan Jangan Langsung Tiduran, Ini Bahayanya Untuk Tubuhmu

Tidur setelah makan memang sangat nikmat. Apalagi dengan kondisi perut kenyang, rasa kantuk seringkali datang menyerang dan menggoda untuk segera memejamkan mata barang sejenak. Namun, ternyata kebiasaan tersebut memberikan berbagai efek buruk bagi tubuh dan memunculkan berbagai risiko gangguan kesehatan yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Demi kesehatan di masa depan, sebaiknya segera ubah kebiasaan buruk tersebut agar tidak terkena efek negatif beberapa penyakit berikut ini:

pexels.com

 

Obesitas atau kegemukan

Langsung tidur setelah makan, apalagi di malam hari sangat berbahaya sebab dapat menimbulkan penumpukkan lemak penyebab terjadinya obesitas atau kegemukan. Untuk mengatasi rasa lapar di malam hari terutama di tengah malam sebaiknya cobalah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah atau salad, serta hindari makanan berkalori tinggi seperti pizza atau aneka makanan manis lainnya.

 

Heartburn

Mereka yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, sebaiknya menghindari kebiasaan untuk langsung tidur setelah makan. Sebab, hal ini akan menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik sehingga akan meningkatkan produksi asam lambung. Hal inilah kemudian akan menimbulkan rasa panas di dada yang disebabkan karena asam lambung dalam perut mengalir balik ke kerongkongan dan dikenal dengan istilah heartburn.

 

Refluks asam lambung

Refluks asam lambung atau yang dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan dan menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan terjadinya sensasi terbakar. GERD merupakan kelanjutan dari heartburn dan terjadi setidaknya lebih dari dua kali perminggu.

 

Diare atau sembelit

Tidur setelah makan akan membuat proses pencernaan akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Normalnya, dua jam setelah makanan dicerna, kondisi lambung akan menjadi kosong, dan sisa makanan akan berpindah ke usus untuk dipadatkan menjadi feses. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan seperi diare atau sembelit tergantung makanan apa yang dikonsumsi.
 

Stroke

Siapa menyangka, langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke. Faktanya, sistem pencernaan yang terhambat membuat lambung membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar prosesnya. Padahal, di saat yang bersamaan otak juga tetap membutuhkan asupan darah yang stabil meski kita sedang dalam keadaan tidur. Inilah kemudian yang membuat suplai darah yang terkonsentrasi menuju perut dapat membuat otak kekurangan oksigen, dan jika terus-menerus terjadi akan membuat otak mengalami stroke.

Selain itu, langsung tidur setelah makan juga akan membuat terjadinya perubahan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah yang mungkin dapat berdampak pada peningkatan risiko stroke.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem pencernaan manusia membutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk mengolah makanan sampai menjadi sari makanan. Dan proses ini membutuhkan suplai darah yang tidak sedikit. Selain dilarang langsung tidur setelah makan, sebaiknya juga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga fisik minimal dua jam setelahnya untuk menghindari dampak dan risiko buruk bagi kesehatan jangka panjang.

0 Komentar