Setelah Memborong Penghargaan Internasional, Kucumbu Tubuh Indahku Akhirnya Siap Tayang di Bioskop

22 February 2019, at 20:00
0
0
Setelah Memborong Penghargaan Internasional, Kucumbu Tubuh Indahku Akhirnya Siap Tayang di Bioskop

Sebentar lagi, bioskop Indonesia akan diramaikan dengan kehadiran film terbaru yang sudah melalang buana di dunia Internasional. Yakni ada Kucumbu Tubuh Indahku atau juga dikenal sebagai Memories of My Body.

Seperti yang diketahui, film besutan Garin Nugroho ini sebelumnya telah ditayangkan 2018 lalu di beberapa event serta festival film internasional dan juga berhasil menyabet sederet penghargaan.

Diantaranya adalah Bisato D’Oro Award dari Venice Independent Film Critic pada September 2018, Best Film pada Festival Des 3 Continents di Perancis bulan November lalu, dan Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO pada perhelatan Asia Pasific Screen Awards (APSA) di Brisbane, Australia.

kucumbu tubuh indahku memories of my body
akuaktor.com

Penghargaan dari APSA sendiri didapatkan Kucumbu Tubuh Indahku karena kontibusinya yang dinilai luar biasa dalam promosi dan pelestarian keanekaragaman budaya melalui media film.

Untuk ceritanya sendiri, Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang kehidupan Juno. Ia adalah seorang penari lengger dari sebuah desa kecil di Jawa.

Baca juga: Rekomendasi Film Indonesia Ini Paling Tepat untuk Ramaikan Kumpul Keluarga

Sejak kecil, kehidupan Juno sudah dipenuhi dengan berbagai trauma yang membuatnya bertahan seorang diri dan harus berpindah-pindah tempat tinggal.

Karena hal inilah ia akhirnya dipertemukan dan mendapatkan kasih sayang dari banyak sosok. Mulai dari petinju, pamannya yang menjadi penjahit, sang bibi yang seorang penjual ayam, hingga seorang warok.

memories of my body kucumbu tubuh indahku
bookmyshow.com

Usut punya usut, film Indonesia terbaru ini ternyata diadaptasi dari kisah nyata Rianto Manali. Seorang penari dan sekaligus koreografer Lengger Banyumasan yang eksistensinya sekarang ini sudah hampir punah.

Bahkan Rianto juga terlibat langsung dalam pembuatan film ini dan memerankan karakter Juno saat dewasa.

Selain menyoroti kisah Rianto, Kucumbu Tubuh Indahmu juga sempat menampilkan cerita kelompok tari di Jawa.

kucumbu tubuh indahku
ytimg.com

Tayang dengan durasi sepanjang 106 menit, film ini juga menggandeng nama-nama besar untuk memerankan berbagai karakter di dalamnya.

Diantaranya ada Sujiwo Tedjo (guru lengger), Randy Pangalila (petinju), Teuku Rifnu Wikana (bupati), dan Whani Dharmawan (warok).

Kucumbu Tubuh Indahku akan ditayangkan di bioskop mulai Maret 2019 ini. Selain pemeran juga penghargaan yang telah didapat, film dari kisah nyata ini patut kamu saksikan karena kental akan unsur budaya yang bisa dijadikan pelajaran.

0 Comment