Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?

31 October 2018, pada 09:51
0
0
Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?

Menyikat gigi adalah sebuah aktivitas baik yang harus dibiasakan. Sebab, dengan sikat gigi bisa membuat gigi bersih, sehat, serta menghindari bau mulut.

Oleh karenanya, kebiasaan ini harus ditanamkan sedari kecil agar anak-anak memiliki gigi yang sehat saat dewasa nanti.

Namun, sikat gigi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab kalau tidak, akan ada beberapa dampak yang bisa kamu alami, salah satunya adalah gusi berdarah.

Pernahkah kamu mengalami gusi berdarah saat sikat gigi? Kalau pernah, berarti kamu menggosok gigi dengan cara yang tidak benar.

Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?
berita-sulsel.com

Dalam ilmu medis, gusi berdarah saat gosok gigi bisa disebut sebagai gingivitis. Nah, gingivitis sendiri terjadi akibat gesekan yang terlalu keras sehingga menimbulkan peradangan pada gusi. Adapun penyebab peradangan itu adalah menumpuknya plak serta karang gigi.

Jadi, ketika kamu mengalami gusi berdarah saat setiap gosok gigi, berarti gusi dan gigimu sedang dalam kondisi kotor alias banyak plak serta karang gigi. Jadi, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara menggosok gigi secara pelan-pelan.

Namun, selain kondisi gigi dan gusi yang kotor, keluhan ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain loh. Salah satunya adalah ketidakstabilan hormon.

Baca juga: Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?
http://papasemar.com

Kekacauan hormon ini bisa mengancam siapa saja tanpa ada batasan usia. Namun perlu diingat, ketidakstabilan hormon sangat dipicu dari pola makan, pola pikir, dan pola istirahat.

Ketika kamu tidak bisa mengindahkan ketiga pola itu, maka mau tidak mau hormon di dalam tubuhmu menjadi tidak stabil. Akibatnya akan ada banyak kerugian yang dialami, salah satunya adalah terjadi perdarahan pada gusi setiap kali sikat gigi.

Ketika kamu sudah melakukan berbagai usaha dan upaya, tapi gusi masih tetap berdarah, bisa jadi hal tersebut adalah sebuah isyarat bahwasanya kamu sedang mengalami gejala diabetes.

Setiap Sikat Gigi Kok Gusi Selalu Berdarah, Kenapa ya?
iprice.co.id

Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan masalah ini. Walau terlihat sepele, kamu harus tetap waspada karena menyangkut kesehatan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa penyebab gusi berdarah saat sikat gigi? Jadi, segeralah pergi ke dokter untuk membersihkan plak serta karang gigi. Dan jangan lupa untuk menjaga pola makan, pola pikir, dan pola istirahat, ya!

0 Komentar