Si Kecil Mulai Centil dan Suka Dandan? Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

06 September 2019, at 12:00
0
0
Si Kecil Mulai Centil dan Suka Dandan? Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Bagi orang dewasa, berdandan atau menggunakan make up merupakan hal yang biasa dan wajar dilakukan. Akan tetapi, bagaimana kalau si kecil yang melakukan hal tersebut?

Beberapa orang tua mungkin menganggap buah hati yang mulai suka berdandan lucu dan menggemaskan. Namun nggak sedikit juga yang merasa khawatir hal tersebut akan mengganggu proses perkembangan si kecil.

anak suka dandan
motherandbaby.co.uk

Sebenarnya, orang tua nggak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut adalah hal yang wajar. Pada usia di atas 3 tahun, anak-anak memang sedang berada di fase menirukan apa yang dilakukan oleh orang-orang dekatnya.

Akan tetapi, agar nggak terjadi hal-hal yang mengkhawatirkan sebaiknya orang tua melakukan beberapa langkah ini saat buah hati mulai suka dandan.

1. Memberikan Pengertian

memberikan pengertian
magazinmagazin.com

Pertama-tama, orang tua perlu memberikan pengertian kepada buah hati. Jelaskan pada si kecil bahwa kegiatan tersebut bukan hanya perihal make up, namun juga pakaian dan segala hal yang bertujuan untuk membuat diri tampak rapi, bersih, serasi, dan wangi.

Selain itu, orang tua juga perlu mengatakan bahwa berdandan atau khususnya menggunakan make up sebaiknya hanya dilakukan untuk menghadiri acara-acara tertentu. Sedangkan apabila di rumah saja, hal tersebut nggak perlu dilakukan.

2. Pahami Bahwa Anak Sedang Mengembangkan Kemandirian

anak belajar mandiri
psychologytoday.com

Saat melihat si kecil sedang asyik berdandan, sebaiknya orang tua nggak perlu buru-buru marah. Pahamilah bahwa buah hati sedang mengembangkan kemandiriannya dengan melakukan hal tersebut.

Oleh sebab itu, kamu biasa membiarkan anak memilih sendiri pakaian, aksesoris, sepatu, dan lain sebagainya yang ingin ia kenakan dengan beberapa bantuan kecil apabila ia merasa kesulitan.

3. Ajarkan Etika Berpakaian

etika berpakaian
thriftymommaramblings.com

Membiarkan anak memilih apa yang ingin ia kenakan secara bebas harus dibarengi dengan pemberian atau pengajaran tentang etika berpakaian yang baik.

Orang tua bisa memberikan penjelasan yang mudah tentang penggunaan pakaian yang berbeda-beda pada setiap acara. Misalnya, baju yang digunakan untuk menghadiri acara ulang tahun teman berbeda dengan pakaian tidur.

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu, Ini Penyebab Anak Mengalami Pubertas Lebih Cepat

4. Perhatikan Penggunaan Make Up Si Kecil

anak kecil pakai make up
1zoom.me

Selain itu, orang tua juga harus memerhatikan penggunaan make up si kecil karena beberapa produk mungkin nggak aman buat kulit anak-anak.

Usahakan untuk nggak membiarkan buah hati berlama-lama menggunakan make up untuk menghindari iritasi. Atau orang tua bisa membelikan make up khusus untuk anak-anak apabila ingin tetap aman.

5. Hindari Komentar Negatif

hindari komentar negatif
mommyasia.id

Salah satu hal yang harus dilakukan saat anak mulai suka dandan adalah menghindari komentar negatif. Baik terhadap penggunaan make up, pakaian yang dipilih, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan mengatakan hal-hal negatif yang justru akan membuat anak menjadi kehilangan rasa percaya diri, lebih baik mengatakan komentar positif dengan dorongan atau koreksi agar dandanan si kecil menjadi lebih sesuai dengan usianya.

6. Mengajarkan Konsep Maskulinitas dan Femininitas

anak laki laki dan perempuan
pexels.com/@pixabay

Hal lain yang harus dilakukan saat anak suka dandan adalah mengajarkan konsep maskulinitas dan femininitas kepadanya.

Nggak perlu terlalu sulit, orang tua bisa memberikan contoh secara langsung kok. Arahkan anak laki-laki untuk berdandan seperti ayahnya sedangkan anak perempuan seperti ibunya.

Jadi nggak perlu terlalu khawatir lagi ya Sobat Qupas, kamu bisa mengarahkan si kecil untuk berdandan sesuai dengan usianya kok.

0 Comment