Si Kecil Nggak Mau Mendengarkan Orang Tua? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

13 October 2019, at 19:00
0
0
Si Kecil Nggak Mau Mendengarkan Orang Tua? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

Sesekali, anak-anak mungkin menjadi lebih nakal dan enggan mendengarkan perkataan orang tua. Akan tetapi, akan melelahkan apabila hal tersebut dilakukan secara terus-menerus oleh si kecil.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu beberapa tips membuat anak mendengarkan perkataan atau permintaan orang tua seperti di bawah ini.

1. Pastikan Fokus Anak Kepada Orang Tua

anak mendengarkan
atlantaparent.com

Sebelum mengajak anak bicara, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa fokus si kecil nggak terbagi. Apabila buah hati masih sibuk dengan permainan dan lain sebagainya, usahakan untuk menarik pandangannya hanya padamu.

Setelah itu, sampaikanlah hal-hal yang perlu kamu bicarakan dengan si kecil dengan lembut dan penuh perhatian.

2. Minta Anak Mengulangi Perkataan

berbicara dengan anak
stocky.ai

Demi memastikan si kecil telah mendengarkan orang tua dengan baik, kamu bisa bertanya apakah ia sudah paham atau mintalah buah hati untuk mengulangi apa yang telah kamu sampaikan.

Selain itu, orang tua juga harus memberikan kesempatan bagi anak untuk melontarkan pertanyaan sehingga ia merasa nggak diberikan perintah dengan semena-mena.

3. Berikan Peringatan

menasehati anak
instagimg.com

Apabila buah hati sudah berulang kali diberitahu namun anak masih tampak nggak mau mendengarkan perkataan orang tua, kamu bisa memberikan peringatan.

Misalnya, saat anak masih ingin bermain padahal sudah waktunya pulang orang tua bisa memberikan kesempatan sekaligus memberikan peringatan yang tegas bagi si kecil. “Oke, boleh bermain 10 menit, setelah itu kita pulang ya. Kamu kan belum makan.”

Memberikan kesempatan dengan sedikit peringatan biasanya akan membuat anak lebih mudah mematuhi dan bertanggung jawab atas permintaan orang tua.

Baca Juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

4. Jangan Terlalu Keras

memberikan peringatan
thinkstockphotos.com

Menghadapi anak yang nggak mau patuh dan mendengarkan memang bukan hal yang mudah. Sebagai orang tua, kamu mungkin terkadang emosi dan berlaku kasar pada si kecil.

Walaupun pada awalnya cara tersebut mungkin efektif membuat anak langsung menurut, namun lama-lama hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi mental buah hati.

5. Berikan Pujian

memberikan pujian kepada anak
medium.com

Semua orang pasti senang saat mendapatkan pujian, begitu pula dengan anak-anak. Oleh sebab itu, memberikan pujian saat si kecil mau mendengarkan perkataan orang tua merupakan salah satu cara yang tepat dan efektif.

Rasa senang karena dipuji dan dibanggakan oleh orang tua secara nggak langsung akan mendorong anak untuk mau mendengarkan dan menuruti permintaanmu.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak yang nggak mau mendengarkan perkataan orang tua.

0 Comment