Siap-Siap, Gunung Kidul Segera Jadi 'Bali Kedua'! Wah apa ya Maksudnya?

16 October 2018, pada 03:04
0
0
Siap-Siap, Gunung Kidul Segera Jadi 'Bali Kedua'! Wah apa ya Maksudnya?

Beberapa tahun yang lalu, Kabupaten Gunungkidul adalah wilayah penyumbang angka kemiskinan dan kekeringan tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tapi hal tersebut sudah berubah. Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik Gunungkidul, angka kemiskinan di kabupaten ini telah menurun.

Sebagai contoh dari tahun 2016-2017, dimana tercatat penduduk miskin berkurang hingga sekitar 6.400 jiwa.

Diketahui pada 2016 jumlah penduduk miskin masih ada di angka sekitar 494.900 jiwa. Sedangkan di tahun 2017, jumlahnya berkurang hingga 488.500 jiwa.

Lantas apa sih yang menjadi penyebabnya?

Siap-Siap, Gunung Kidul Segera Jadi 'Bali Kedua'! Wah apa ya Maksudnya?
instagram.com/bingah_inawati

Kemungkinan salah satunya karena mayoritas masyarakat yang sebelumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan, kini sudah mulai melirik pariwisata sebagai mata pencaharian.

Dilansir dari Kompas, Presiden dan Kementerian Pariwisata bahkan telah menciptakan istilah "Bali Baru" untuk 10 kawasan wisata di Indonesia.

Tapi ada 4 wilayah yang menjadi prioritas, yakni Toba, Borobudur, Lombok Mandalika, dan Labuan Bajo. Masing-masing kawasan ini pun punya lembaga otorita.

Nah, Gunungkidul sendiri termasuk dalam Kawasan Otorita Borobudur.

Bisa dikatakan kalau Kabupaten Gunungkidul ini adalah mutiara terpendam di Pulau Jawa bagian selatan. Bukan hanya kaya akan wisata saja, kuliner di wilayah ini juga berpotensi untuk dikembangkan.

Perlu kamu ketahui juga, deretan pegunungan karst di Gunungkidul menyimpan banyak goa alam, air terjun, pantai berpasir putih dan destinasi wisata yang pasti akan membuatmu terpukau.

Siap-Siap, Gunung Kidul Segera Jadi 'Bali Kedua'! Wah apa ya Maksudnya?
instagram.com/oddzhaheho

Misalnya seperti wisata alam Goa Pindul, Air Terjun Sri Getuk, Gunung Api Purba, Pantai Wediombo dan destinasi liburan lainnya yang berhasil membuktikan kalau Gunungkidul punya potensi menakjubkan.

Bukan hanya itu, ada pula wisata buatan seperti Embung Nglanggeran, Bukit Bintang hingga Kukup Mentari Bunga Celosia yang menawarkan spot foto keren di Gunungkidul.

Baca juga: 6 Wisata Gunung Kidul Tema Pantai dengan Spot Foto Menantang

Menariknya lagi, dengan adanya pembangunan infrastuktur seperti New Yogyakarta Airport yang akan segera beroperasi dalam beberapa bulan mendatang juga membantu perkembangan wisata di Gunungkidul.

Selain itu, pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan antara Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur pun akan semakin mempermudah orang yang ingin berkunjung ke Gunungkidul.

Terlebih lagi, kawasan Gunungkidul juga akan dilewati di JLS ini.

Siap-Siap, Gunung Kidul Segera Jadi 'Bali Kedua'! Wah apa ya Maksudnya?
instagram.com/ericvirgiawan

"Dengan pembangunan JLS, dari bandara baru sampai ke sini akan memakan waktu kira-kira 1 jam 15 menit," kata Cyrillus Harinowo, pengamat ekonomi pada 29 September 2018 lalu.

"Sementara dari bandara baru ke kota Yogyakarta,  karena susahnya melakukan pelebaran jalan, mungkin memakan waktu lebih lama," tambahnya.

Peluang untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak ke kawasan Gunungkidul pun semakin besar. Apalagi pemerintah sudah punya rencana untuk membangun wisata secara tematik.

Sahabat Qupas pasti sudah nggak sabar kan untuk melihat keindahan kawasan Gunungkidul yang semakin berkembang? Terlebih lagi ada istilah baru dari pemerintah untuk menjadikan wilayah di Yogyakarta ini seperti Bali.

Yuk ikut membantu pemerintah untuk membuat wisata di Gunungkidul semakin berkembang!

0 Komentar