Sidihoni, Danau Cantik di Pulau Samosir yang Berikan Sensasi Seolah di Luar Negeri

19 October 2019, at 15:00
0
0
Sidihoni, Danau Cantik di Pulau Samosir yang Berikan Sensasi Seolah di Luar Negeri

Pulau Samosir merupakan salah satu ikon wisata di Sumatera Utara yang cukup terkenal karena terletak di tengah Danau Toba. Keunikan tersebut membuat banyak orang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Selain itu, destinasi yang satu ini ternyata juga menyimpan keindahan lain di dalamnya seperti Danau Sinihoni yang keunikannya bisa kamu baca dalam ulasan Qupas berikut ini.

1. Danau di Atas Danau

wisata danau sidihoni
instagram.com/aila_you

Danau di atas danau mungkin merupakan istilah yang cocok untuk disematkan pada Danau Sidihoni. Meskipun bukan merupakan fenomena biasa, namun kamu benar-benar bisa menemukannya di Pulau Samosir.

Kebanyakan orang mungkin akan langsung berpikir tentang Danau Toba saat berbicara tentang pulau tersebut, akan tetapi kamu juga harus tahu tentang keberadaan Danau Sidihoni yang terletak di dalamnya. Nggak kalah cantik dan menarik kok!

2. Berikan Sensasi Bak di Luar Negeri

danau sidihoni
instagram.com/imel_situmorang

Mengunjungi Danau Sidihoni, kamu akan merasa sedang berada di luar negeri. Pemandangan hamparan rumput luas tanpa ada pemukiman, beberapa hewan ternak, kubangan air danau yang menyegarkan, serta udara yang sejuk membuatmu seolah sedang berkunjung ke New Zealand!

Ditambah dengan birunya langit yang menenangkan, liburanmu akan menjadi semakin menyenangkan.

3. Sumber Mata Air Bagi Warga Sekitar

objek wisata pulau samosir
instagram.com/___niar_

Meskipun belum sepopuler Danau Toba, namun objek wisata Samosir yang satu ini sudah memberikan manfaat yang luar biasa bagi warga di sekitarnya.

Sumber mata air yang ada di Danau Sidihoni dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, hamparan rumput luas di sekitarnya juga menjadi berkah bagi para hewan ternak.

Baca Juga: Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik

4. Mitos Tentang Danau Sidihoni

mitos danau sidihoni
instagram.com/king_advntr

Di balik keindahan Danau Sidihoni, objek wisata tersebut dipercaya dapat menjadi tanda bencana bagi warga sekitar. Tetua adat mengatakan bahwa keringnya sumber mata air tersebut bisa menjadi tanda hal yang buruk dan besar akan terjadi.

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan tiga fenomena yaitu saat zaman penjajahan Jepang, pemberontakan Kolonel Simbolon dan gempa Aceh 2004 silam.

Nggak hanya itu, masyarakat juga meyakini adanya aliran sungai di bawah permukaan Danau Sidihoni yang mengalir hingga ke Danau Toba. Meskipun demikian, belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan dugaan tersebut.

5. Lokasi Danau Sidihoni

lokasi danau sidihoni
instagram.com/travelmatesiantar

Seperti yang telah disebutkan di atas, lokasi Danau Sidihoni terletak di Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Minimnya papan petunjuk dan nggak adanya pemukiman di sekitar Danau Sidihoni membuat objek wisata gratis tersebut cukup sulit ditemukan.

Meskipun demikian, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukai dan asri saat menemukannya Sobat Qupas!

0 Comment