Simpel, 7 Masker Rambut dari Bahan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

13 May 2019, at 06:00
0
0
Simpel, 7 Masker Rambut dari Bahan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Bukan cuma wajah mulus, rambut dianggap sebagai mahkota yang bisa menunjang penampilan seseorang. Oleh karena itu, banyak juga yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menjaga keindahannya.

Salah satu cara untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah yang menimpa rambut adalah dengan masker. Nah, kalau kamu ingin berhemat, banyak lho bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

Kali ini, Qupas akan bagikan 6 cara membuat masker rambut dari bahan alami yang bisa kamu coba di rumah dan khasiatnya dijamin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

1. Masker kayu manis untuk mengurangi rambut rontok

Masker kayu manis untuk mengurangi rambut rontok
stylecraze.com

Yang pertama, ada resep masker rambut alami untuk mengatasi rambut rontok. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kayu manis, madu, dan minyak zaitun.

Campurkan ketiga bahan tersebut lalu oleskan secara merata hingga ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan shampo khusus rambut rontok supaya hasilnya lebih maksimal.

2. Masker alpukat untuk mengatasi rambut kering

Masker alpukat untuk mengatasi rambut kering
wholefully.com

Kalau rambutmu kering dan kasar, manfaatkan alpukat yang ada di rumah untuk mengatasinya. Caranya pun mudah, haluskan dagingnya lalu campurkan dengan setengah cangkir susu dan satu sendok makan minyak almond.

Setelah itu aplikasikan ke rambut hingga ke kulit kepala. Setelah 15 menit bilas dengan air sampai bersih.

3. Masker lidah buaya untuk menghitamkan rambut

Masker lidah buaya untuk menghitamkan rambut
draxe.com

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan, khususnya rambut mungkin sudah kamu dengar sebelumnya. Yaitu bisa menghitamkan rambut juga menyingkirkan ketombe.

Cara membuat masker rambut dari lidah buaya pun sangat simpel. Cukup ambil dagingnya, lalu oleskan ke rambut yang sudah dibasahi.

Biarkan kandungannya meresap selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Masker pisang untuk memperbaiki rambut rusak

Masker pisang untuk memperbaiki rambut rusak
village-bakery.com

Gonta-ganti warna rambut memang menyenangkan, tapi karena proses bleaching rambut juga bisa rusak parah. Untuk memperbaikinya, kamu bisa membuat masker dari campuran pisang, yoghurt, dan madu.

Masker rambut dari bahan alami ini mengandung berbagai vitamin dan kalium yang akan menutrisi juga mengembalikan kesehatan rambutmu supaya kembali lembut dan berkilau.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Rambut yang Rusak Parah Karena Bleaching

5. Ampas kopi untuk menyehatkan rambut

Ampas kopi untuk menyehatkan rambut
wallpapermaiden.com

Selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, ampas kopi juga bagus untuk kesehatan rambut. Cara menggunakannya cukup aplikasikan langsung pada rambut lalu pijat kulit kepala selama beberapa menit.

Setelah itu kamu bisa langsung keramas dengan sampo seperti biasanya. Manfaat yang bisa didapat dari masker rambut ampas kopi antara lain bisa menyuburkan, membuat rambut lebih hitam, dan membantu menjaganya dari kerusakan.

6. Tea tree oil untuk rambut berketombe

Tea tree oil untuk rambut berketombe
cloudfront.net

Kamu punya tea tree oil yang biasa dipakai untuk membasmi jerawat? Kalau iya, manfaatkan juga sebagai masker alami untuk rambut berketombe.

Kandungan dalam tea tree oil akan membantu mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe. Rasa gatal yang sering mengikutinya pun juga bisa ikut diredakan.

Selain melibas ketombe, tea tree oil mampu bekerja untuk menutrisi akar rambut dan mencegah penyumbatan folikel supaya rambut bisa tumbuh dengan lebih cepat dan sehat.

7. Minyak zaitun untuk melembabkan rambut

Minyak zaitun untuk melembabkan rambut
thedailymeal.com

Yang terakhir ada resep masker rambut alami dari minyak zaitun. Langkahnya, campurkan 3 sendok teh olive oil dengan 2 sendok makan madu.

Setelah itu balurkan ke seluruh rambut dan iringi dengan pijatan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan shampo hingga bersih.

Nah, itulah beberapa cara membuat masker rambut dari bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di rumah. Sederhana bukan?

0 Comment