Sisi Lain Curug Ciherang, Air Terjun di Bogor yang Konon Jadi Tempat Mandi Para Raja

19 March 2019, at 09:00
0
1
Sisi Lain Curug Ciherang, Air Terjun di Bogor yang Konon Jadi Tempat Mandi Para Raja

Salah satu wisata Bogor yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai destinasi liburanmu adalah Curug Ciherang. Air terjun dengan pemandangan hijau ini memang sangat menyejukkan dan memanjakan mata.

Bahkan ternyata tempat ini konon jadi favoritnya para raja. Benar nggak ya? Untuk membuktikannya, yuk intip penjelasan singkat dari Qupas di bawah ini!

1. Pesona Curug Ciherang

air terjun curug ciherang
instagram.com/smariah25

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini memiliki debit air yang cukup deras. Tepat di bawahnya, terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk dari aliran airnya.

Baca juga: Yakin Nih Nggak Pengen Mampir ke Wisata Alam di Bogor yang Cantiknya Luar Biasa Ini?

Pepohonan dan aneka tumbuhan hijau yang hidup di sekitar Air Terjun Ciherang Bogor ini semakin menambah nuansa alami. Belum lagi ketika ada monyet maupun burung yang mampir untuk minum di area wisata ini.

wisata curug ciherang bogor
instagram.com/wulananjani29

Kamu bisa bermain di tepi Curug Ciherang. Sekedar duduk santai di bebatuan yang berjajar di sekitarnya pun cukup menyenangkan.

Selagi bermain, tetap ingat untuk selalu hati-hati ketika melewati batu-batu di sekitarnya. Sebab area yang akan kamu lewati ini biasanya dalam kondisi licin dan berlumut.

2. Curug Ciherang Konon Favoritnya Para Raja

curug ciherang jonggol
instagram.com/aabduhs

Curug Ciherang bukan hanya memiliki keindahan alami. Ada mitos yang ikut berkembang di kalangan warga sekitar.

Konon siapa saja yang mandi atau hanya sekedar berkunjung dan mengusap air dari Curug Ciherang maupun kembarannya, Curug Cipamingkis, maka ia akan mendapatkan berkah serta jodoh.

wisata bogor curug ciherang
instagram.com/ys_liaaa

Ada lagi cerita yang juga dipercaya oleh warga sekitar. Katanya wisata di Bogor ini dulu digunakan para raja sebagai tempat mandi.

Selain itu, dikisahkan pula jika tempat ini digunakan sebagai area pertapaan. Bahkan sampai sekarang katanya masih sering digunakan.

3. Ada Rumah Pohon dan Jembatan Gandung

rumah pohon curug ciherang
instagram.com/rsydiyah

Selain keindahan air terjunnya sendiri, daya tarik dari wisata alam di Bogor ini juga terletak dari spot rumah pohon yang ada di ketinggian sekitar 900 mdpl.

Rumah pohon tersebut juga dilengkapi dengan jembatan kayu yang cukup epik kalau dijadikan background jepretanmu. Cocok juga kok untuk hunting foto prewedding.

jembatan gantung curug ciherang
instagram.com/muhammad_robert997

Untuk bisa sampai di rumah pohon, kamu perlu melewati jalan setapak dan membutuhkan tenaga ekstra juga. Terdapat pula medan yang dibentuk dari bebatuan membentuk sebuah anak tangga agar lebih mudah dilewati.

Selain rumah pohon, ada pula jembatan gantung yang siap menguji adrenalinmu. Gimana, berani coba?

4. Lokasi dan Harga Tiket rumah Pohon Curug Ciherang

curug ciherang
instagram.com/humadaaa

Lokasi Curug Ciherang ada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa barat. Dari pusat Kota Hujan, jaraknya sekitar 40 kilometer saja.

Arahkan kendaraanmu sampai tiba di Polsek Jonggol. Lanjutkan perjalananmu ke Dayuh dan jalan terus sampai menemukan pertigaan dengan papan petunjuk ke Gunung Batu, Curug Ciherang. Ikuti saja petunjuk tersebut.

tiket masuk curug ciherang
instagram.com/myhappyfoodjourney

Tiket masuk Curug Ciherang sendiri sedikit mahal, yakni Rp20.000,00. Ada juga biaya tambahan untuk parkir kendaraan sebesar Rp15.000,00 untuk motor. Sedangkan Rp25.000,00 untuk mobil. Tapi ingat, semua tarif tersebut pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Wow! Ada Wisata Bogor ala Eropa dengan Tiket Masuk Gratis Nih!

Kendati demikian, harga tersebut nggak akan mengecewakanmu dengan beragam fasilitas yang tersedia. Terlebih lagi kamu bisa puas main dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Setelah mengetahui sisi lain dari Curug Ciherang, yakin nih nggak pengen mampir ke sana? Meski masih ada mitos yang menyelimuti kawasan wisata di Bogor itu, tapi hal tersebut akan dikalahkan oleh pesona alamnya.

1 Comment
Vania Prima
20/03 - 01:42
udah lama nggak jalan2 jadi pengen. terakhir tahun lalu itupun ke Bali lagi sampe bosen