Situ Gunung Sukabumi dan 5 Wisata di Sekitarnya Membuatmu Nggak Berkedip

12 September 2018, at 08:26
0
0
Situ Gunung Sukabumi dan 5 Wisata di Sekitarnya Membuatmu Nggak Berkedip

Situ Gunung Sukabumi merupakan salah satu objek wisata di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango yang keindahannya nggak bisa diragukan lagi. Selain panoramanya, hawa sejuk juga membuat banyak pengunjung datang ke sini. Namun, selain Situ Gunung juga ada beberapa tempat wisata di Sukabumi yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Berbagai objek wisata, mulai dari perbukitan hingga air terjun pun ada di sekitar Sukabumi. Berikut ini ada beberapa ulasan Qupas tentang Situ Gunung Sukabumi maupun area wisata lain yang bisa kamu jadikan pilihan saat liburan ke Jawa Barat. Penasaran, kan? Yuk, intip!

Baca juga: Kebun Buah Mangunan dan 4 Wisata di Bantul yang Bikin Kamu Merasa Ada di Atas Awan

1. Situ Gunung Sukabumi

situ gunung sukabumi
instagram.com/whitemore__

Situ Gunung berada di ketinggian 850 mdpl sehingga membuat hawa sekitarnya sejuk. Di sini, kamu bisa piknik, piknik di pinggir danau hingga berkemah. Tentu saja, kegiatan paling menyenangkan saat melakukan wisata alam adalah mengabadikan momen dalam bentuk foto. Jangan khawatir, di tempat ini tentu banyak spot foto yang membuat hasil jepretanmu makin keren, salah satunya di jembatan gantung.

Untuk bisa sampai ke wisata yang berada di Jalan Kadudampit ini, alat transportasi kereta api pun bisa kamu pilih. Rutenya dimulai dari Bogor Paledang - Sukabumi - Cianjur dan berhenti di Stasiun Cisaat. Selanjutnya, carilah angkutan umum yang bisa mengantar ke Situ Gunung.

jembatan gantung situ gunung sukabumi
instagram.com/itsteukuievan

Harga tiket masuk ke Situ Gunung sekaligus izin untuk berkemah adalah sebesar Rp 35 ribu. Dengan tiket ini, tentunya kamu bisa menikmati keindahan panorama alam serta hawa sejuknya. Tertarik untuk berkunjung?

2. Curug Sawer

curug sawer
instagram.com/rahmatkurniawan17

Usai menikmati pemandangan di Situ Gunung, sebaiknya juga kunjungi Curug Sawer. Pasalnya, wisata air terjun ini juga berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Di sini, kamu tentu bisa menikmati pemandangan cantik serta hawa sejuknya. Satu hal penting lainnya, tentu ada banyak spot foto menarik di sini.

Rute untuk bisa sampai ke sini pun nggak berbeda jauh dengan Situ Gunung. Pasalnya, kedua objek wisata itu berada di lokasi yang sama. Sementara untuk bisa masuk ke area air terjun, kamu bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 50 ribu (pulang pergi) yang nanti akan melewati jalur sedikit ekstrem via Cinumpang. Jembatan sempit untuk melewati bendungan serta jalan setapak, dimana terdapat jurang yang membentang di sisinya akan kamu lalui.

pemandangan curug sawer
instagram.com/luckyarwb_

Selanjutnya, kamu akan tiba di area datar yang terdapat pondokan atau warung. Di sini, kamu juga akan menjumpai loket untuk membeli tiket dan berjalan kaki menuju area wisata sejauh 100 meter. Nah, untuk harga tiketnya sendiri, cukup sediakan budget sekira Rp 15 ribu saja. Murah, kan?

3. Tebing Panenjoan

tebing panenjoan
instagram.com/donilaksono

Selain Situ Gunung Sukabumi, di kawasan salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga ada lokasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Tebing Panenjoan yang ikut dalam kawasan Geopark Ciletuh ini menawarkan panorama alam bukit hijau yang sangat memanjakan mata. Tentu saja, di sini banyak spot foto membuat hasil jepretanmu makin keren.

Untuk bisa ke sini, kendaraan motor maupun mobil pun bisa kamu gunakan. Kurang lebih selama 8 jam, kamu akan sampai ke Tebing Panenjoan jika berangkat dari arah Bandung. Rute yang bisa kamu pilih adalah Bandung - Padalarang - Cipatat - Cianjur - Sukabumi - Jalan Palabuhan - Jalan Waluran - Tamanjaya - Geopark Ciletuh. Lokasi Geopark Ciletuh sendiri berhadapan dengan kantor PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi).

pemandangan tebing panenjoan
instagram.com/aindra_budiar

Harga tiket untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini pun masih gratis. Meski begitu, kamu perlu menyediakan budget untuk parkir sebesar Rp 3 ribu (motor) dan Rp 5 ribu (mobil). Jangan datang terlalu pagi atau malam, karena objek wisata bukit ini dibuka mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Baca juga: 5 Gunung di Pulau Jawa dengan Ketinggian Sedang, Cocok untuk Pemula

4. Curug Cikaso

curug cikaso
instagram.com/dederahmat1607

Wsiata air terjun ini berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade dan berjarak 110 km dari pusat kota Sukabumi. Untuk bisa sampai ke objek wisata yang menawarkan panorama cantik serta kesejukannya ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Meski begitu, pastikan kondisinya tetap fit karena jalur yang akan kamu tempuh terbilang menantang.

Ambil arah menuju ke Pantai Ujung Genteng jika kamu berangkat dari Kota Sukabumi. Rute yang bisa kamu ambil adalah Sukabumi - Jampang Kulon -  Surade - Jalan Cikaso. Tanjakan dan turunan curam, tikungan tajam hingga jalan rusak akan kamu lalui saat berkendara. Selain itu, kamu juga perlu menempuh jarak sekitar 1 kilometer untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

pemandangan curug cikaso
instagram.com/rickiableh

Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 3 ribu serta tambahan untuk biaya kebersihan sebesar Rp 2 ribu. Berbeda jika datang rombongan, tarif yang dihitung senilai Rp 27 ribu yang dihitung per mobil dan biaya parkir sejumlah Rp 6 ribu. Terjangkau dan dijamin nggak menyesal saat berkunjung ke sini.

5. Bukit Karang Numpang

pemandangan bukit karang numpang
instagram.com/ilhmmad

Objek wisata dengan luas 12 hektar ini terletak di Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi. Nama Karang Numpang sendiri berasal dari banyaknya batu karang berbagai bentuk, mulai dari hiu, atap, goa dan lain sebagainya. Panorama dari atas bukit pun juga menarik serta cocok digunakan untuk hunting foto.

Untuk bisa sampai ke sini, rute yang bisa kamu ambil adalah Jalan Mangkalaya - Cisaat menggunakan roda dua maupun empat. Meski begitu, sebaiknya pastikan kondisi kendaraanmu tetap fit karena kamu akan melewati jalur berbatu dan menanjak sejauh 1 kilometer. Sebelum memasuki area gunung, kamu pun harus melewati portal yang dijaga oleh warga sekitar.

bukit karang numpang
instagram.com/marcelinorivaldi

Tempat wisata ini buka setiap hari dengan biaya masuk Rp 2 ribu per orang. Memang tarifnya terbilang murah lantaran masih belum dikelola dengan optimal. Meskipun demikian, pemandangan cantik akan kamu temui di area wisata ini. Jadi, tertarik untuk berkunjung?

6. Bukit Sabak

bukit sabak
instagram.com/callmedash__

Bukit Sabak menawarkan panorama keindahan alam yang nggak akan terlupakan. Tempat wisata ini berada di Desa Semplak, Kecamatan Sukalarang, Cimangkok dan bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan jika kamu berangkat dari pusat kota Sukabumi. Kamu pun bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk bisa sampai ke lokasi. 

Jika ingin menikmati sensai naik kendaraan umum, pilih angkutan yang membawamu ke Sukalarang. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan ojek menuju ke Desa Semplak. Untuk bisa menikmati pemandangan alam dari atas bukit, kamu perlu mendaki selama kurang lebih 1 jam. Jadi, sebaiknya siapkan tenaga saat akan mendaki Bukit Sabak ini.

pemandangan bukit sabak
instagram.com/yudaudaw

Sementara ini, belum ada informasi tentang harga tiket untuk bisa memasuki kawasan Bukit Sabak. Kemungkinan kamu hanya perlu menyediakan biaya parkir atau kendaraan umum saja. Meski begitu, berbagai kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menikmati keindahan Gunung Gede, berkemah hingga menyaksikan suasana malam hari di area perbukitan. Tertantang untuk berkunjung?

Nah, itu dia beberapa beberapa wisata di sekitar Situ Gunung Sukabumi yang bisa menjadi pilihanmu saat liburan nanti. Selain bisa menikmati keindahan alamnya saja, tentu kamu bisa liburan hemat. Pasalnya, biaya masuk ke objek wisata di Jawa Barat ini sangat terjangkau. Jadi, sudah tentukan pilihan akan liburan kemana?

0 Comment