Skincare Fridge Kian Digemari dan Jadi Tren, Sebenarnya Penting Nggak Sih?

05 August 2019, at 13:00
0
0
Skincare Fridge Kian Digemari dan Jadi Tren, Sebenarnya Penting Nggak Sih?

Tren di dunia kecantikan yang muncul setiap tahunnya memang banyak dan sangat beragam. Ada yang inovatif ada pula yang sangat unik.

Menjelang akhir tahun 2018 kemarin, para beauty enthusiast diketahui ramai-ramai memamerkan sebuah kulkas mini yang berisi skincare atau makeup. Barang ini kemudian dikenal dengan nama skincare fridge, makeup fridge, atau banyak juga yang menamainya cosmetic cooler.

Kulkas khusus kosmetik ini ukurannya sangat kecil dan biasanya terdiri dari dua atau tiga rak. Fungsinya sendiri diklaim bisa membuat skincare lebih awet dan efektivitasnya meningkat. Hmm, tapi apakah benar demikian?

Baca juga: Mengenal Keistimewaan Jade Roller yang Bikin Beauty Junkies Terpesona

1. Skincare fridge, penting nggak sih?

skincare fridge
instagram.com/thecosmeticsfridge

Melansir dari health.com, seorang dermatologis asal New York, Dr. Howard Sobel, mengatakan bila skincare fridge sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan.

Karena manfaat atau efektivitas sebuah produk kecantikan juga nggak bakalan meningkat secara signifikan. Hanya saja, menjaga skincare di kulkas khusus bisa menambah sedikit 'bonus'.

beauty fridge
instagram.com/thecosmeticsfridge

Misalnya seperti, formulanya akan terasa lebih segar dan sebagian produk skincare bisa punya efek lebih menenangkan kulit yang teriritasi ataupun bengkak.

Terlebih lagi, produk yang dijual di pasaran umumnya sudah didesain sedemikian rupa supaya kandungannya baik-baik saja bila berada di suhu ruangan dan dihindarkan dari tempat lembab ataupun terkena sinar matahari langsung.

2. Produk yang perlu dimasukkan ke skincare fridge

beauty fridge
instagram.com/makeupfridge

Dr. Sobel melanjutkan, bila kamu berniat membeli skincare fridge, baiknya memasukkan produk seperti sheet mask, face mist, pelembab wajah, serum, dan eye cream yang terbuat dari bahan aloe vera atau mint.

Karena sensasi dingin yang dihasilkan oleh skincare yang telah dimasukkan ke dalam kulkas khusus ini akan membuat wajahmu semakin nyaman.

cosmetic cooler
instagram.com/makeupfridge

Masih dilansir dari health.com, Dr. Debra Jaliman mengatakan bila skincare berbahan retinol, vitamin C, dan benzoyl peroxide baiknya juga ikut disimpan di dalam beauty fridge supaya formulanya stabil dalam waktu yang lebih lama.

Karena ketiga bahan tersebut cenderung lebih sensitif terhadap cahaya dan suhu yang tinggi.

Baca juga: Keistimewaan Retinol, Bahan Skincare Anti Aging yang Sekarang Bisa Diminum

3. Produk yang nggak perlu dimasukkan ke skincare fridge

mini fridge
instagram.com/makeupfridge

Meski bisa mendatangkan manfaat, di satu sisi kamu juga nggak boleh sembarangan untuk memasukkan skincare ke dalam skincare fridge. Khususnya produk yang berbahan dasar minyak dan sunblock.

Sebab, suhu dingin ditakutkan justru bisa mengubah tekstur produk berbahan dasar minyak seperti face oil jadi menggumpal, lebih padat, dan mengeras.

skincare fridge
instagram.com/thecosmeticsfridge

Nah, itulah serba-serbi tentang skincare fridge yang perlu kamu ketahui. Jadi pada akhirnya, mau membeli kulkas istimewa ini atau nggak sebenarnya bukan masalah.

Yang terpenting, sesuaikan saja dengan kebutuhan juga budgetmu supaya nggak menyesal dikemudian hari.

0 Comment