Soto Bangkong Semarang, Kuliner Legendaris dengan Kuah Kaldu dan Aneka Sate yang Khas

03 April 2019, at 12:00
0
0
Soto Bangkong Semarang, Kuliner Legendaris dengan Kuah Kaldu dan Aneka Sate yang Khas

Jalan-jalan ke Semarang memang paling asyik menikmati gorengan lumpia. Tapi selain camilan renyah ini, ada juga makanan khas dan terkenal enak di sini. 

Salah satunya adalah Soto Bangkong Semarang yang punya keistimewaan tersendiri. Bahkan makanan ini juga jadi perburuannya wisatawan luar kota lho!

1. Kuliner Legendaris di Semarang

soto bangkong semarang
instagram.com/dwiarifwicaksono

Sudah pasti kalau ada pernyataan tentang menu masakan khas Nusantara, jawabannya pasti soto. Itu karena menu makanan ini memang populer dan cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Bumbu rempah-rempah yang terasa di lidah, dengan nasi putih dan kuah yang menghangatkan tubuh menjadikan hidangan ini menjadi menu makan rumahan.

kenikmatan soto bangkong semarang
instagram.com/nilaliem

Soto Bangkong Semarang sudah ada sejak tahun 1946 yang lalu, didirikan oleh Soleh Soekarno yang kini sudah diteruskan oleh sang anak.

Awalnya sajian soto enak ini dijajakan dengan berkeliling kampung. Dipikul dengan angkringan saat malam hari, sampai Soleh mendapatkan tempat untuk berjualan di daerah Kantor Pos.

2. Menu Soto dan Pilihan Sate yang Menggoyang Lidah

sate istimewa soto bangkong
instagram.com/wayanlovely

Warung makan soto di Semarang tidaklah sedikit. Kunci pada cita rasa tiap mangkuknya lah yang membuat Soto Bangkong menjadi kuliner paling dicari saat berlibur di Kota Lumpia ini.

Suguhan kecap manis yang ada di meja makan juga diracik sendiri lho. Jadi rasanya pun pas dengan menu santapan populer tersebut.

sate di soto bangkong semarang
instagram.com/lindachristiani

Selain itu, ada sajian sate-satean untuk menemani saat makan semangkuk soto, seperti:

  • Sate tempe
  • Sate kerang
  • Sate ati
  • Sate perkedel

Yang menjadi favorit adalah sate tempe yang jarang ditemui di tempat makan lainnya. Per porsinya sekitar Rp8.000,00 saja. Untuk harga per tusuk satenya Rp2.500,00. Murah kan?

3. Lokasi Soto Bangkong Semarang

lokasi soto bangkong
instagram.com/refoodgallery

Lokasi Soto Bangkong ini berada di Jalan Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Semarang. Buka dari jam 07:00-22:00 WIB.

Sudah ada dua cabang di Jakarta yang bisa dikunjungi, kalau sudah pengen banget menyantap masakan Nusantara yang satu ini.

enaknya soto bangkong
instagram.com/makanharusenak

Dalam sehari makanan ini bisa terjual sampai 300 porsi soto dan menghabiskan 40 ekor ayam kampung. Bisa dibayangkan tuh, ramainya seperti apa.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai kuliner legendaris Semarang yang bisa dicoba dengan keluarga tercinta. Harganya yang murah meriah dan porsinya yang pas di perut, bikin liburanmu nggak bikin dompet jebol!

0 Comment