Sroto Eling-Eling di Jakarta, Soto Khas Banyumas yang Lezatnya Bikin Nagih

27 September 2019, at 19:00
0
0
Sroto Eling-Eling di Jakarta, Soto Khas Banyumas yang Lezatnya Bikin Nagih

Soto yang merupakan masakan khas Indonesia bisa ditemui di penjuru Negeri. Makanan ini termasuk yang laris manis dipesan, baik di restoran atau rumah makan pinggir jalan.

Meski namanya soto, beda daerah beda pula cara penyajiannya. Seperti Sroto asal Banyumas.

Bukan cuma bisa didapat di Banyumas, ternyata Sroto juga bisa ditemui di Jakarta. Ada satu rumah makan yang menyuguhkan menu ini dan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Intip yuk!

1. Menu masakan berkuah soto asal Kota Satria, Banyumas

menu masakan khas banyumas
instagram.com/lelly_bigle

Sroto Eling-Eling sudah ada buka di Jakarta sejak tahun 1962. Tempat makan ini didirikan oleh seorang mantan pegawai bank bernama Sukimin. Ia membuka kedai makan sroto dan sudah berpindah tempat hingga 6 kali.

Sampai pada akhirnya, Sukimin bertempat di Kawasan Tebet sejak 1993. Kuliner khas Banyumas yang satu ini menjadi favorit banyak masyarakat Jakarta. Terbukti dari ramainya pengunjung yang datang untuk mengisi perut.

2. Di balik nama 'Eling-Eling'

sroto eling eling jakarta
instagram.com/ikentiyenk

Mengambil kata “Eling-Eling” yang berarti ingat. Hal itu diambil Sukimin agar pelanggannya bisa mengingat-ingat rumah makan sroto miliknya.

Nggak hanya namanya yang unik, tapi juga ada gambar Bagong sebagai ikon Sroto Sokaraja Eling-Eling. Itu karena Sukimin sangat mengidolakan Bagong yang memiliki sifat jujur, sakti, dan pengabdi setia.

3. Memiliki kuah dengan cita rasa unik

kuah sroto eling eling jakarta
instagram.com/stanzazone

Soto khas Banyumas ini memiliki bahan utama yang berbeda dari daerah lainnya. Lalu dimasak dari kuah kaldu daging sapi atau ayam dan diberi campuran kacang tanah tumbuh.

Bening kuah sroto menambah segar sajian. Menu ini dimasak menggunakan daging ayam kampung yang direbus tanpa kulit. Hal itu untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam menu masakannya.

Baca juga: 6 Nasi Bakar Enak di Jakarta, Lauk Melimpah Harga Bersahabat!

4. Ada tambahan mendoan yang gurih kriuk-kriuk

mendoan gurih di sroto eling eling jakarta
instagram.com/de8gab

Nggak hanya menu srotonya saja yang istimewa, tapi juga ada menu pendamping lainnya seperti mendoan. Irisan tempe yang tipis dibalut dari tepung dan irisan daun bawang.

Lalu digoreng dengan minyak melimpah dan sudah panas. Caranya pun nggak sembarang, ada empat tahap. Goreng, celup, balik, dan angkat.

5. Lokasi Warung Eling-Eling

lokasi warung sroto eling eling jakarta
instagram.com/365harinyoto

Bertahan hingga diusia 21 tahun, Sroto Eling-eling ini bisa kamu kunjungi di kawasan Jalan Lapangan Roos. Sudah ada dua warung sroto di lokasi yang nggak berjauhan.

Untuk harga menu sroto ayam dibanderol sebesar Rp22 ribu, nasi putih Rp4 ribu, tempe mendoan Rp6 ribu.

Well, sobat Qupas nggak ngiler untuk mencicipinya? Kalau berkunjung ke Jakarta, jangan lupa mampir ke kuliner khas Banyumas yang satu ini ya!

0 Comment