Studi Baru: Polusi Udara Bisa Buat Orang Menjadi Bodoh!

14 October 2018, pada 02:00
0
0
Studi Baru: Polusi Udara Bisa Buat Orang Menjadi Bodoh!

Bukan hal yang aneh lagi jika perkotaan memang rentan dengan berbagai macam polusi, salah satunya adalah polusi udara. Adapun penyebab dari polusi udara tersebut adalah dari limbah pabrik maupun kendaraan bermotor yang super padat.

Hal ini seakan tidak bisa dihindari lagi karena industri yang semakin berkembang serta penggunaan teknologi yang semakin canggih. Setiap orang yang hidup di perkotaan pasti akan mendapat imbas dan kerugian fisik, seperti gangguan pernapasan.

Studi Baru: Polusi Udara Bisa Buat Orang Menjadi Bodoh!
idntimes.com

Namun, tahukah kamu kalau ternyata polusi udara tidak hanya merugikan fisik saja? Dari hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, menemukan hasil bahwa polusi udara sangat berperan dalam penurunan kinerja otak.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.000 orang partisipan dari segala usia dan tingkat pendidikan. Adapun analisanya berupa tes verbal dan aritmatika secara acak. Alhasil, para pakar menemui lebih dari setengah partisipan yang menurun kecerdasannya akibat polusi udara.

Jadi, para pakar yang melakukan penelitian tersebut mengatakan jika polusi udara benar-benar ampuh dan menjadi biang kerok untuk membuat seseorang menjadi lebih bodoh. Bahkan, bagi orang cerdas sekalipun bisa mengalami penurunan kemampuan otak yang tajam jika terus-menerus terkena polusi udara.

Baca juga : 8 Benda di Kantor yang Menyimpan Kotoran dan Bakteri, Sudah tau?

Studi Baru: Polusi Udara Bisa Buat Orang Menjadi Bodoh!
dokterhsehat.com

Lebih jelas lagi disebutkan jika polusi udara mengandung zat kimia yang sifatna racun bagi tubuh manusia. Kotornya udara yang yang dihirup oleh hidung akan langsung mengalir ke otak. Kemudian, otak akan mengalami kekacauan atau degradasi kognisi secara bertahap.

Alhasil, ketika hal ini terus-terusan belangsung maka seseorang akan mengalami penurunan kinerja otak lebih cepat daripada waktu normal. Sejatinya setiap orang akan mengalami penurunan kinerja otak, hanya saja seiring bertambahnya usia.

Bahkan disebutkan pula kalau orang yang terlalu sering menghirup udara kotor di kota bisa meningkatkan risiko terkena alzheimer di usia muda. Maka dari itu para pakar menyarankan agar setiap orang yang hidup di kota untuk mengenakan masker setiap hari.

Studi Baru: Polusi Udara Bisa Buat Orang Menjadi Bodoh!
cnn.com

Masker ini difungsikan untuk memfilter udara yang nantinya akan dihirup agar meminimalkan risiko terjadinya masalah pada fisik dan otak di kemudian hari.

Selain itu, tidak lupa juga diingatakan agar berusaha untuk menanam bunga ataupun pohon di pekarangan rumah agar mendapatkan kualitas udara yang bagus ketika sudah berada di rumah. Hal ini bertujuan untuk melawan radikal yang masuk ke dalam tubuh saat berada di luar rumah.

0 Komentar