Qupas Family

Sudah Bisa Jalan Tapi Anak Minta Digendong Terus? Atasi dengan Cara Ini

21 December 2019, at 08:00
Sudah Bisa Jalan Tapi Anak Minta Digendong Terus? Atasi dengan Cara Ini

Menggendong merupakan salah satu cara yang tepat untuk membangun ikatan antara bayi dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya. Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus mengendong anak terus-menerus.

Lantas, bagaimana kalau si kecil sudah lincah berjalan, berlari, dan melompat namun tetap minta digendong terus? Untuk mengatasi hal tersebut, simak ulasan Qupas berikut ini ya!

1. Kurangi Menggendong Anak

anak minta gendong terus
gettyimages.com

Semua orang butuh beradaptasi dengan hal yang baru, termasuk anak-anak. Maka dari itu, mengurangi kebiasaan menggendong anak bisa menjadi salah satu cara efektif agar si kecil nggak selalu memintanya.

Misalnya, kamu bisa menggunakan stroller bayi saat jalan-jalan. Atau menyuapinya sambil duduk, dan lain sebagainya.

2. Tenangkan Si Kecil dengan Cara Lain

anak minta gendong
educenter.id

Saat buah hati menangis, ketakutan, dan lain sebagainya, orang tua cenderung langsung menggendong si kecil. Sebenarnya, hal ini sah-sah saja dilakukan, namun jangan terlalu sering ya!

Ada banyak hal yang bisa orang tua lakukan untuk mengurangi rasa sedih atau kecemasan anak. Memberinya pelukan, mengusap lembut kepalanya, atau mengucapkan kata-kata yang membuat perasaannya lebih tenang juga bisa menjadi pilihan selain menggendong.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Mandiri dan Nggak Manja

3. Ajari Mandiri

anak mandiri
123rf.com

Selain itu, jangan perlu lupa untuk mengajarkan kemandirian pada buah hati sedini mungkin. Cobalah untuk percaya dengan kemampuan yang dimiliki oleh si kecil.

Ada banyak orang tua yang masih ragu dan nggak tega apabila harus membiarkan anaknya bermain di halaman, sehingga harus terus menggendongnya. Hindari hal seperti ini dan cobalah untuk membiarkan buah hati bermain, tapi tentu saja masih tetap dalam pengawasanmu ya!

4. Jangan Lelah Mengingatkan

anak dan ibu
eresmama.com

Mengajari anak untuk nggak meminta gendong lagi mungkin bukanlah sesuatu yang mudah. Maka dari itu, jangan pernah bosan atau lelah untuk mengingatkan buah hati.

Katakan bahwa anak sudah cukup besar untuk berjalan sendiri dan gendongan sebenarnya hanya untuk bayi dan anak-anak kecil.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak yang minta digendong terus. Coba yuk!