Sudah Kirim Puluhan Lamaran Kerja Tak Kunjung Diterima, Benarkah Karena Lapangan Kerja Makin Sedikit?

02 February 2019, at 01:00
0
0
Sudah Kirim Puluhan Lamaran Kerja Tak Kunjung Diterima, Benarkah Karena Lapangan Kerja Makin Sedikit?

Mencari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kondisi ini seolah berbanding terbalik dengan perkembangan zaman yang cukup pesat.

Terdapat banyak perusahaan yang bermunculan dan berkembang di tanah air, namun mengapa seolah-olah lapangan pekerjaan semakin sempit?

Banyak orang yang mengeluhkan semakin sedikitnya lapangan pekerjaan. Beberapa di antara mereka bahkan sudah mengirim puluhan surat lamaran namun tidak kunjung diterima.

Hal ini kemudian membuat sebagian orang menyerah dan menjadi pengangguran. Namun, benarkah hal tersebut disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang semakin sedikit? Atau adakah faktor penyebab lain?

Baca juga: Alasan Kenapa Pengangguran Tetap Banyak, Para Pelamar Kerja Ternyata Lebih Galak daripada Calon Bosnya

1. Adanya Tenaga Robot

adanya tenaga robot
scottautomation.com

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat robot hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia. Kehadirannya dalam sebuah perusahaan industri bukanlah hal yang aneh. Tidak dapat dipungkiri, tenaga robot dapat menyaingin manusia.

robot pekerja
unsplash.com

Hal tersebut membuat manusia digantikan oleh robot. Perusahaan lebih memilih untuk memelihara robot daripada memberikan gaji kepada para pekerja. Selain lebih cepat dan efisien, mempekerjakan barang ini juga dinilai lebih ekonomis oleh perusahaan.

2. SDM Lokal Kalah Saing

sdm lokal kalah dengan asing
bigstockphoto.com

Sulit untuk tidak diakui, sumber daya manusia lokal memang kalah saing dengan sumber daya asing. Perusahaan besar di Indonesia lebih banyak melirik tenaga asing untuk dijadikan pioner penting dalam tim kerjanya.

sdm lokal kalah degan sdm asing penyebab banyak pengangguran
pexels.com/@rawpixel

Meskipun tidak semua perusahaan seperti itu, namun hal seperti ini sudah umum terjadi di beberapa lapangan pekerjaan. Apalagi jika perusahaan tersebut memang milik tenaga asing.

Kalau pun diterima, bisa jadi sumber daya manusia lokal hanya akan ditempatkan pada posisi yang rendah.

3. Jumlah Manusia Tidak Seimbang

jumlah manusia tidak seimbang
pexels.com/@kaiquestr

Penurunan jumlah lapangan pekerjaan sepertinya juga dipengaruhi oleh jumlah manusia yang tidak siembang. Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk yang cukup besar.

Meskipun tidak menempati urutan pertama, namun jumlahnya sudah cukup terbilang fantastis.

jumlah pencari kerja dan lowongan pekerjaan timpang
japan.vietnamworks.com

Inilah yang membuat pekerjaan menjadi langka. Jumlah lowongan pekerjaan dengan pencari kerja sangat timpang. Sebaiknya pertimbangkan kembali jumlah saingan ketika melamar pekerjaan agar peluang masuknya lebih tinggi.

Baca Juga: Penyebab Utama Mengapa Jumlah Sarjana dan Jadi Pengangguran Membludak

4. Fokus Pada Satu Bidang

fokus pada satu bidang
videoblocks.com

Kebanyakan para pelamar kerja hanya fokus pada satu bidang saja. Sebenarnya, hal ini cukup wajar dilakukan. Mengingat kebanyakan orang ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dipelajarinya.

mencoba bidang lain
requisitoire-magazine.com

Selain itu, pihak pembuka lowongan pun biasanya akan mencantumkan persyaratan khusus tentang pendidikan dan bidang yang dikuasai.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bidang lain di luar bidang yang kamu tekuni.

5. Tidak Memperluas Jaringan

memperluas jaringan
marketing.co.id

Kebanyakan para pelamar pekerjaan hanya fokus pada lamaran yang mereka kirimkan saja. Di luar hal tersebut tidak ada usaha lain untuk membangun koneksi dan memperluas jaringan.

Padahal, hal ini sangat penting dalam dunia pekerjaan. Apabila kamu memiliki banyak koneksi, maka kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan pun bisa menjadi lebih mudah.

menghubungi teman lama
pexels.com/@markusspiske

Tidak ada salahnya untuk memulai komunikasi dengan teman-teman lama yang sebelumnya sudah tidak saling berkontak.

Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit merupakan salah satu faktor banyaknya pengangguran. Akan tetapi, kamu bisa mencoba meluaskan koneksi dan mencoba bidang-bidang lain yang selama ini belum pernah kamu lamar.

Turunkan sedikit rasa idealismu. Mendapatkan pekerjaan yang tidak terlalu sesuai dengan bidang pendidikan bisa menjadi batu loncatan yang akan membuatmu banyak belajar, kok.

Untuk membaca artikel lainnya, silakan unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store dan Apple App Store. Gratis!

0 Comment