Qupas Family

Sudah Lulus TK Tapi Anak Belum Cukup Umur Masuk SD, Lakukan Hal Ini Yuk!

17 January 2020, at 10:00
Sudah Lulus TK Tapi Anak Belum Cukup Umur Masuk SD, Lakukan Hal Ini Yuk!

Seperti yang telah diketahui, anak harus berusia minimal 7 tahun apabila akan masuk sekolah dasar atau SD. Meskipun peraturan tersebut terkesan sepele, ternyata banyak juga lho yang merasa kesulitan.

Pasalnya, banyak orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan formal tingkat dasar sedini mungkin setelah lulus dari Taman Kanak-kanak alias TK.

Lalu, apa yang bisa dilakukan apabila anak sudah lulus TK namun usianya belum memenuhi untuk masuk SD? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mengulang Kelas TK B

taman kanak kanak
istockphoto.com

Daripada memaksakan anak masuk SD sebelum waktunya, mengapa nggak membiarkan si kecil mengulang kelas TK B saja?

Selain dapat membantu anak untuk semakin matang dalam hal akademik, kegiatan di TK B juga akan membuat si kecil lebih siap secara fisik dan mental saat masuk SD di tahun selanjutnya.

2. Melakukan Tes Psikologi

anak dan guru
sensationalkids.ie

Orang tua mungkin merasa anak sudah pantas masuk SD karena kemampuan akademiknya seperti membaca, berhitung sederhana, dan lain sebagainya sudah mumpuni. Akan tetapi, kecerdasan otak saja belum cukup lho.

Cobalah untuk menemui psikolog dan melakukan tes kesiapan sekolah pada anak. Hal tersebut akan melihat kematangan si kecil sehingga lebih mudah bagi orang tua untuk mengembangkan aspek-aspek yang masih kurang secara spesifik.

Baca juga: Mengapa Usia Minimal Anak Masuk SD Harus 7 Tahun? Ini Lho Alasannya

3. Melatih Kemandirian Anak

melatih anak mandiri
verywellfamily.com

Nggak selalu negatif, orang tua bisa memanfaatkan waktu ini untuk melatih kemandirian buah hati. Apabila selama ini kamu selalu melalukan semua kebutuhan anak, cobalah berikan kesempatan pada si kecil untuk mencobanya sendiri.

Biarkan anak belajar melakukan kegiatan-kegiatan sederhana seperti makan, minum, mandi, mengenakan pakaian, memakai sepatu, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memberikan pujian apabila anak berhasil melakukannya.

4. Menekuni Hobi atau Bakat Anak di Bidang Nonakademik

anak melukis
dayswithgrey.com

Kamu juga bisa mengajak si kecil menekuni hobi atau bakatnya di luar bidang akademik seperti menari, menyanyi, dan lain sebagainya.

Jika kondisi finansial memungkinkan, cobalah untuk mendaftarkan si kecil ke tempat kursus. Tapi ingat, hal tersebut harus dilakukan atas persetujuan dan kemauan buah hati ya!

hobi anak
123rf.com

Selain membuat bakat si kecil terasah sejak dini, kegiatan positif tersebut juga akan membuka kesempatan si kecil untuk bersosialisasi dengan teman-teman baru.

Wah, jadi nggak perlu bingung lagi ya kalau si kecil sudah lulus TK tapi usianya belum cukup untuk masuk SD. Kegiatan-kegiatan positif di atas bisa menjadi pilihan kok!