Sudah Pakai Kacamata, Minus kok Malah Nambah? Ternyata Ini Penyebabnya

11 January 2019, at 00:00
0
0
Sudah Pakai Kacamata, Minus kok Malah Nambah? Ternyata Ini Penyebabnya

Mata minus merupakan gangguan kesehatan mata yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja, dari anak kecil hingga orang tua.

Meskipun terlihat sepele, nyatanya mata minus merupakan gangguan yang menyebalkan bagi orang yang mengalaminya.

Meskipun sudah memakai kacamata, banyak orang yang mengeluh bahwa minusnya justru bertambah. Ini lah yang kemudian menjadi penyebab beberapa orang memilih untuk tidak memakainya.

Mereka menduga bahwa kacamata lah yang menyebabkan hal tersebut. Faktanya, alat bantu ini tidak menambah minusmu, kok. Bagi kamu yang juga merasa minusmu bertambah, ini lho penyebabnya.

1. Salah Kacamata

salah kacamata
pexels.com/@asim-razan

Kacamata merupakan alat bantu eksternal yang dapat membantu untuk melihat lebih jelas bagi orang-orang yang mengalami gangguan fokus mata. Mata minusmu yang bertambah mungkin saja disebabkan oleh kacamata yang tidak cocok atau salah resep.

Salah perhitungan lensa sedikit saja, maka kamu akan merasakan penglihatanmu lebih buram dari pada biasanya.

2. Sering Manatap Layar Gadget Tanpa Kacamata atau dengan Durasi Lama

sering menatap laptop lama
pexels.com/@stokpic

Buat kamu yang sering menatap layar laptop dengan durasi yang lama, siap-siap ganti lensa ya. Apalagi kalau kamu melakukan hal tersebut tanpa memakai kacamata atau lensa kontak minusmu

Hal tersebut akan membuat saraf-saraf mata berusaha kerasa untuk melihat dengan jelas. Akibatnya saraf mata meregang dan membuat minusmu bertambah parah.

3. Bermain Gadget di Tempat Gelap

bermain gadget di tempat gelap
pexels.com/@nappy

Sama halnya dengan menatap laptop dengan waktu yang lama, bermain handphone di tempat gelap juga bisa menambah tingkat minusmu.

Hal tersebut dapat terjadi karena cahaya yang redup menyebabkan pupil harus membuka lebih lebar. Akhirnya lokasi cahaya menyentuh retina akan berubah sehingga gambar akan terlihat buram.

4. Bertambahnya Usia

bertambahnya usia
pexels.com/@pixabay

Seiring bertambahnya usia, maka performa mata akan menurun. Hal ini pasti terjadi pada setiap orang. Kondisi ini disebut sebagai presbiopia, yang bukan merupakan gangguan mata minus melainkan terkait dengan bentuk bola mata.

Kondisi ini bisa muncul di pertengahan usia 40-an. Jadi, jika kamu merasa pandanganmu semakin buram bisa jadi bukan karena minus bertambah melainkan terkena presbiopia.

Baca Juga: Gak Perlu Lasik, 5 Hal ini Bisa Kurangi Minusmu

5. Sinar Ultraviolet

sinar ultraviolet
pexels.com/@pixabay

Wah, siapa sangka jika sinar ultraviolet bisa turut andil dalam hal menambah tingkat minus pada matamu?

Sebaiknya pakai kacamata hitam apabila berada di tempat yang terik. Namun tidak semuanya memiliki anti sinar ultraviolet, lho.

6. Membaca Terlalu Dekat

membaca terlalu dekat
pexels.com/@leah-kelley-50725

Membaca terlalu dekat memiliki efek yang sama dengan memandangi layar laptop terlalu lama atau di tempat yang gelap.

Meskipun bukan menjadi penyebab minus yang utama, akan tetapi kebiasaan ini jika sering dilakukan akan memperburuk kondisi matamu.

7. Kurang Tidur

kurang tidur
pexels.com/@ursula-madariaga-212978

Biasanya orang yang mengalami kurang tidur adalah orang-orang dewasa. Kurang tidur memang tidak memiliki efek langsung pada penambahan minus.

Akan tetapi jika hal ini terus menerus terjadi, indera penglihatan mengalami kelelahan dan dapat menambah gangguan mata.

8. Lepas Kacamata Tidak Menambah Minus

lepas kacamata tidak menambah minus
pexels.com/@pixabay

Selain spekulasi tentang memakai kacamata bisa menambah minus, ternyata banyak juga yang mengira bahwa dengan melepasnya juga dapat menyebabkan hal tersebut.

Faktanya, melepas kacamata tidak membuat minusmu bertambah. Jika kamu merasa matamu lebih buram dari sebelumnya, hal itu bukan karena minus yang bertambah. Akan tetapi matamu yang sudah terbiasa jernih menggunakan kacamata.

Nah, itu dia sahabat Qupas 8 penyebab bertambahnya minusmu. Jangan salah lagi, ya. Jika memang matamu bermasalah sebaiknya segera periksakan ke dokter. Lebih baik menggunakan kacamata karena akan membantumu untuk melihat lebih jelas.

0 Comment