Sudah Pakai Primer Tapi Makeup Nggak Mau Nempel di Wajah? Ternyata Ini Penyebabnya

18 June 2019, at 11:00
0
0
Sudah Pakai Primer Tapi Makeup Nggak Mau Nempel di Wajah? Ternyata Ini Penyebabnya

Selain memilih foundation dengan hasil akhir matte dan punya kemampuan waterproof, para beauty junkies biasanya juga mengaplikasikan primer agar riasannya lebih menempel dan tahan lama.

Tapi banyak juga lho yang mengeluhkan kalau foundation mereka tetap nggak mau nempel dengan sempurna meski sudah memakai primer. Kamu pernah mengalaminya?

Kalau pernah, mungkin kesalahannya bukan berada di produk primer ataupun foundation yang kamu pakai. Tapi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini!

1. Wajah dehidrasi

kulit wajah kering
instagram.com/lorealskin

Kalau kamu punya tipe kulit kering, mungkin ini yang jadi penyebab foundationmu nggak mau menempel di wajah dengan sempurna.

Kulit super kering bahkan dehidrasi akan sulit untuk 'menerima' base makeup. Solusinya, kamu harus melembabkan wajahmu lebih dulu.

Atau akan lebih bagus lagi kalau kamu memilih produk dengan fungsi hydrating yang mampu menambah cairan di dalam kulit sekaligus mempertahankan kelembabannya.

2. Wajah terlalu berminyak

kulit wajah berminyak
instagram.com/fourthraybeauty

Selain mudah luntur, foundation biasanya juga nggak mau menyatu dengan kulit yang terlampau berminyak. Untuk itu, fokuslah untuk mengurangi sebum di wajah sebelum mengaplikasikan base makeup andalanmu.

Misalnya saja dengan clay mask yang dikenal bagus untuk kulit berminyak. Atau sebagai trik lain, gunakan mattifying face primer dan foundation dengan finishing matte agar riasan mau menempel di wajah.

Baca juga: Cara Mengaplikasikan Foundation Sesuai dengan Jenis Kulit, Riasan Jadi Lebih Sempurna

3. Jarang eksfoliasi wajah

eksfoliasi wajah
instagram.com/lorealskin

Selain membuat wajahmu terlihat kusam dan kasar, jarang melakukan eksfoliasi juga menyebabkan foundation nggak mau menempel di kulit.

Ini karena jarang mengeksfoliasi wajah akan membuat sel-sel kulit mati menumpuk dan menghalangi foundation ataupun skincare lainnya untuk terserap dengan baik.

4. Efek krim dokter

memakai krim dokter
instagram.com/dhcskincare

Meski dengan resep dokter dan aman digunakan, beberapa krim dari klinik kecantikan juga bisa membuat foundation enggan untuk menempel di wajah. Kok bisa?

Ya, karena sebagian krim dari dokter mengandung steroid. Senyawa ini akan membuat wajah terlihat glowing dengan cara mengeksfoliasi kulit secara terus-menerus.

Akibatnya, kulit wajah akan terasa lebih licin dan membuat foundation gagal untuk menempel dengan baik. Tapi bukan berarti semua krim dokter akan membawa efek seperti ini.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Merawat Wajah Setelah Lepas dari Krim Dokter

Nah, itulah beberapa hal yang jadi penyebab kenapa foundation yang kamu pakai nggak mau menyatu dengan wajah secara sempurna. Nggak bingung lagi kan sekarang?

0 Comment