Suhu di Amerika Drop Hingga -54 Derajat, Jangan Berani Keluar daripada Jadi Es Batu

01 February 2019, at 06:00
1
0
Suhu di Amerika Drop Hingga -54 Derajat, Jangan Berani Keluar daripada Jadi Es Batu

Suhu Amerika mulai drop. Bahkan kini temperatur bisa sampai minus 54 derajat celsius yang kemungkinan berarti lebih dingin daripada Antartika.

Salah satu kota kecil di Negara Bagian North Dakota, suhunya mencapai minus derajat celsius. Sedangkan di Kota Chicago temperatur mencapai 30 derajat celsius.

Cuaca ekstrem di Amerika ini bahkan menimbulkan dampak luar biasa pada 250 juta warganya. Terhitung sekitar 7 sampai 11 orang tewas dan ratusan sekolah terpaksa ditutup.

Baca juga: Waduh! Fenomena Alam yang Ektrem di Negara Ini Sampai Bikin Ban Meleleh

Lantas, sebenarnya fenomena apakah ini? Untuk lebih jelasnya, simak dulu ulasan Qupas di bawah ini!

1. Fenomena Polar Vortex

ilustrasi polar vortex amerika
thedailybeast.com

Setelah ada gelombang panas di Australia, kini fenomena alam yang juga punya efek mengerikan, yakni polar fortex atau pusaran kutub menyerang Amerika Serikat.

Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud fenomena polar fortex atau pusaran kutub tersebut?

Dilansir dari Wikipedia, kondisi ini merupakan siklon tetap berskala besar yang terletak dekat salah satu kutub geografis suatu planet.

ilustrasi akibat polar vortex amerika
straitstimes.com

Pusaran kutub di Bumi sendiri berada di troposfer tengah dan atas serta di stratosfer. Pusaran tersebut pun mengitari wilayah kutub yang memiliki tekanan tinggi dan terbentuk setelah front kutub.

Lebih sederhananya lagi, pusaran kutub ini merupakan kumpulan udara di bawah suhu beku. Peristiwa inilah yang sekarang membuat Amerika lebih dingin daripada Antartika.

2. Dampak Polar Vortex di Amerika

ilustrasi suhu dingin ekstrem di amerika serikat
telegraph.co.uk

Fenomena alam pusaran kutub atau polar vortex ini sangat memengaruhi Amerika. Suhu udara menurun dengan sangat drastis hingga mencapai minus 54 derajat celsius.

Selain itu, cuaca dingin ekstrem membuat uap naik dari perairan Danau Michigan, Amerika Serikat. Peristiwa lain seperti balok-balok es yang tampak menutupi sungai berliku dan melewati pusat Kota Chicago.

Jangankan sampai terbentuk balok-balok es. Air Terjun Niagara pun sampai membeku.

ilustrasi suhu ekstrem di amerika serikat
arubatoday.com

Bukan hanya berpengaruh pada lingkungan sekitar. Suhu dingin yang luar biasa di Amerika ini juga menyebabkan tewasnya beberapa warga.

Terhitung sampai saat ini, setidaknya ada 7 sampai 11 orang yang meninggal akibat serangan cuaca dingin. Hhmm, seram ya?

Baca juga: Meski Tampak Indah, Ternyata Fenomena Alam Ini Efeknya Menyeramkan!

3. Bagaimana Perkiraan Cuaca di Amerika?

air terjun niagara beku
usatoday.com

Dilansir dari BBC, salju diperkirakan akan jatuh di sepanjang wilayah Great Lakes sampai dengan new England. Tepatnya di bagian pesisir timur Amerika Serikat.

Bahkan ternyata ketinggian salju di Negara Bagian Wisconsin estimasinya dapat mencapai 60 centimeter.

Karena suhu ekstrem tersebut, kini status darurat telah diberlakukan di sejumlah negara bagian, seperti Wisconsin, Michigan dan Illinois.

niagara beku akibat suhu dingin amerika
edition.cnn.com

Bahkan daerah selatan yang biasanya memiliki suhu lebih hangat seperti Alabama serta Mississippi pun statusnya juga darurat.

Ahli meteorologi dari National Weather Service (NWS) di Illinois, Ricky Castro pun mulai memperingatkan masyarakat. Menurutnya, mati rasa akan terjadi ketika orang menghabiskan waktu selama 10 menit di luar ruangan.

Pada akhir pekan ini, diperkirakan sebanyak 20 juta orang yang merada di daratan Amerika Serikat akan merasakan suhu sampai minus 28 derajat celsius atau mungkin lebih rendah.

4. Bagaimana suhu dingin di Amerika sebabkan kematian warga dan kegiatan harian?

akibat cuaca ekstrem di amerika
mtlblog.com

Selama cuaca ekstrem, ada pria berusia 55 tahun yang ditemukan meninggal dalam kondisi membeku di Milwaukee, Wisconsin. Diperkiraan warga tersebut kolaps pasca menyekop salju.

Selanjutnya, pria berumur 82 tahun meninggal akibat hipotermia ketika berada di luar rumah. Peristiwa selanjutnya terjadi di Indiana bagian utara, dimana pasangan muda ditemukan tidak bernyawa akibat kecelakaan di jalan yang licin akibat es.

Selain menewaskan beberapa orang, sejumlah aktivitas rutin di Amerika pun terpaksa ditutup sementara.

Misalnya saja seperti perusahaan pos Amerika Serikat (AS) yang memutuskan untuk memberhentikan layanan pengantaran surat di beberapa wilayah di 10 negara bagian.

Lembaga pendidikan, yakni ratusan sekolah serta kampus terpaksa di tutup akibat suhu dingin yang ekstrem di AS.

akibat cuaca ekstrem amerika
cfcw.com

Akibat fenomena alam ini, para pejabat dinas cuaca di Negara Bagian Iowa bahkan sampai memperingatkan masyarakat untuk menghindari menarik napas panjang dan meminimalkan bicara saat di luar ruangan.

Lebih ekstrem lagi, terdapat dua peternak bernama Joey Myers dan Scott Bailey mengatakan pada kantor berita Reuters, mereka berniat menginap bersama hewan-hewan demi menghindari korban di tengah cuaca buruk.

Wah, ternyata suhu dingin yang super ekstrem di Amerika sampai menyebabkan dampak yang luar biasa ya? Bahkan sampai ada aturan untuk tidak terlalu banyak bicara saat berada di luar ruangan.

Baca juga: Ngeri Banget! Fenomena Alam Ini Sampai Tewaskan Puluhan Orang di Negara Ini

Semoga fenomena alam yang cukup mengerikan ini segera mereda dan tidak ada lagi korban jiwa yang berjatuhan di Amerika Serikat. Yuk, kita doakan saudara-saudara kita yang ada di Negeri Paman Sam tersebut!

Mau tahu artikel menarik dari Qupas yang lain dan bisa dibaca kapan saja? Langsung download saja deh aplikasinya melalui Play Store dan App Store!

0 Comment