Suhu Dingin Diprediksi Mencapai Puncak Saat Dieng Culture Festival, Ini yang Harus Dipersiapkan

28 June 2019, at 10:00
0
0
Suhu Dingin Diprediksi Mencapai Puncak Saat Dieng Culture Festival, Ini yang Harus Dipersiapkan

Memasuki musim kemarau, suhu udara di beberapa wilayah Indonesia justru menjadi lebih rendah daripada biasanya. Hal tersebut dipengaruhi oleh terpaan angin monsoon Australia yang dingin dan kering.

Beberapa wilayah dataran tinggi seperti Dieng dan Bromo bahkan mengalami fenomena langka yaitu embun upas atau embun yang membeku. Di Dieng sendiri, suhu dapat mencapai minus 2 sampai minus 5 derajat celcius saat malam hari.

BMKG memprediksi bahwa puncak suhu dingin tersebut akan bebarengan dengan pagelaran Dieng Culture Festival ke-10 yang akan dilaksanakan pada 2 sampai 4 Agustus 2019 mendatang.

dieng beku
instagram.com/hikinggoogleclub

Perpaduan antara acara tahunan dan fenomena langka munculnya salju di Indonesia pasti membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi Dieng Culture Festival.

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk mrnrpis hawa super dingin agar tetap nyaman saat menonton serangkaian acara Dieng Culture Festival.

Baca Juga: Ingin Berburu Salju di Dieng dan Bromo? Tips-Tips Ini Pantang Dilupakan

1. Menggunakan Pakaian Hangat

memakai baju hangat
pexels.com/id-id/@tamar-willoughby-346256

Salah satu hal yang banyak diperhatikan saat liburan adalah fesyen atau pemilihan pakaian dan pernak-pernik yang melekat di badan.

Akan tetapi pada beberapa kondisi, khususnya saat berwisata ke tempat dengan suhu ekstrem bahan pakaian yang tepat menjadi lebih penting daripada itu.

Agar dapat mengikuti serangkaian acara Dieng Culture Festival dengan nyaman dalam terpaan udara super dingin, ada baiknya jika kamu menyiapkan pakaian khusus lapangan atau outdoor yang berbahan hangat seperti sweater dan jaket tebal.

baju hangat untuk dieng culture festival
iionna.tokyo

Usahakan untuk nggak menggunakan celana atau jaket dengan bahan jeans karena alih-alih menikmati, kamu justru akan merasa kedinginan karena pakaian yang nggak bisa menghangatkan tubuh.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan sweater atau jaket cadangan untuk berjaga-jaga apabila tiba-tiba suhu menjadi sangat rendah dan tubuhmu nggak bisa mentolelir hawa dingin tersebut.

2. Jangan Lupakan Syal, Kupluk, Sarung Tangan, dan Buff

perlengkapan lengkap
pexels.com/id-id/@victor-duarte

Selain baju yang berbahan hangat, kamu juga nggak boleh melupakan syal, kupluk, sarung tangan, dan buff agar tetap nyaman di udara dingin Dieng.

Meskipun kecil, benda-benda tersebut akan melindungi tangan, wajah, leher, tengkuk, dan sekitar telinga yang biasanya merupakan bagian tubuh paling dingin.

Gunakanlah syal dan kupluk berbahan wol atau bulu domba seperti yang banyak digunakan penduduk negara dengan empat musim karena dapat menghalau dingin dengan maksimal.

3. Jangan Sepelekan Sepatu dan Kaos Kaki

sepatu dan kaos kaki
pexels.com/id-id/@leah-kelley-50725

Saat berada di wilayah bersuhu rendah, kamu nggak boleh sembarangan memilih alas kaki. Gunakanlah sepatu dan kaus kaki yang setidaknya bisa melindungi sampai mata kaki.

Hal tersebut penting dilakukan mengingat kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat mudah terserang hawa dingin.

Karena Dieng diperkirakan akan sangat dingin dan terdapat fenomena embun beku, sebaiknya kamu menggunakan sepatu yang nggak licin, ya.

Baca Juga: Bukan di Eropa, Kamu Bisa Menikmati Salju di Sini!

4. Menggunakan Pelembab

menggunakan pelembab
mnn.com

Meskipun nggak biasa menggunakan skin care, kamu perlu menyiapkan pelembab khususnya untuk bibir agar dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Pasalnya udara dingin cenderung membuat kulit menjadi kering dan kasar. Sedangkan bibir merupakan bagian tubuh dengan kulit yang lebih sensitif dan mudah terpengaruh oleh suhu.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengantongi pelembab bibir agar nggak mengalami masalah kesehatan yang akan mengganggu aktivitas.

5. Banyak Bergerak

banyak bergerak
limadigit.com

Untuk mengurangi efek dingin pada tubuh, cobalah untuk aktif bergerak. Sebagian besar orang memilih untuk berdiam diri saat kedinginan padahal hal tersebut hanya akan membuat tubuh menjadi lebih kaku.

Kamu bisa berjalan kaki menuju lokasi acara dan bergerombol dengan wisatawan lain agar mendapatkan kehangatan. Jangan pernah berdiam diri terlalu lama karena kamu hanya akan semakin kedinginan.

6. Bawa Obat-Obatan

bawa obat-obatan
pexels.com/id-id/@pixabay

Persiapan yang nggak boleh kamu lupakan selanjutnya adalah obat-obatan. Bagaimana pun, kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga selama liburan agar kamu dapat menikmati Dieng Culture Festival tanpa adanya penyesalan.

Siapkahlah obat-obatan khusus apabila kamu memang memiliki penyakit tertentu yang sering kambuh. Kamu juga bisa menyiapkan obat-obat yang berkaitan dengan alergi dingin karena sebagian mungkin nggak sadar kalau ia memiliki alergi pada suhu tertentu.

7. Menyantap Bandrek dan Mie Ongklok

bandrek
instagram.com/p/BzPjARYnzwL

Menyantap bandrek dan mie ongklok juga yang merupakan makanan khas Dieng juga bisa mengusir dingin dan membuat badanmu tetap hangat lho.

Makanan dan minuman tersebut dapat kamu temui dengan mudah di warung-warung sekitar kawasan wisata Dieng dengan harga bervariasi mulai dari Rp15.000,00.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengatasi hawa dingin saat menyaksikan Dieng Culture Festival Agustus nanti. Sudah siap belum?

0 Comment