Suka Makan Ikan Asin? Kamu Harus Tahu Efek Sampingnya Buat Kesehatan

10 January 2019, at 00:00
1
0
Suka Makan Ikan Asin? Kamu Harus Tahu Efek Sampingnya Buat Kesehatan

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan asin. Olahan ikan yang diasinkan dan dikeringkan ini memang terasa Indonesia sekali, ya? Apalagi kalau dimakan dengan nasi hangat dan sambal. Wah nikmat sekali!

Rasa yang enak, harga yang murah dan kandungan gizi seperti kalsium, vitamin D, serta omega 9 kerap kali menjadi pertimbangan untuk menjadikannya lauk di rumah.

Akan tetapi, ternyata terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut bisa berdampak buruk, lho. Bagi kamu penggemar ikan asin, ini dia beberapa penyakit yang mengintaimu jika terlalu banyak mengonsumsinya.

1. Hipertensi

hipertensi
hellosehat.com

Normalnya, secara alami tubuh manusia membutuhkan garam dengan ambang 5 gram setiap harinya. Sedangkan ikan asin memiliki kandungan garam yang tinggi mencapai 30 gram.

Hal ini lah yang kemudian membuat orang yang sering mengonsumsi ikan asin mudah terkena hipertensi.

ikan asin penyebab hipertensi
123rf.com

Kandungan natrium dalam garam membuat tekanan darah naik secara drastis. Jika ikan asin sering dikonsumsi dan secara terus-menerus, maka kamu bisa membayangkan sendiri kan ada berapa banyak garam dalam tubuhmu.

2. Beberapa Area Tubuh Bengkak

beberapa area tubuh bengkak
hellosehat.com

Terkadang seseorang tidak sadar telah terlalu banyak mengonsumsi sesuatu. Akan tetapi tubuh bisa memberikan petunjuk atau respon terhadap segala sesuatu yang masuk ke dalamnya, lho.

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi ikan asin, maka beberapa area tubuhmu akan bengkak.

ikan asin penyebab bengkak
marsea.co.uk

Area tersebut bisa jadi tangan, kaki, bahkan organ dalam seperti paru-paru juga bisa menerima efek buruk itu. Hal ini disebabkan oleh terlalu banyaknya garam yang larut dalam darah. Hasilnya, proses detoktifikasi dalam tubuh menjadi terhambat.

3. Penyakit Jantung

penyakit jantung
hellosehat.com

Selain proses dotoktifikasi, terlalu banyak garam dalam juga dapat menghambat proses aliran darah dalam pembuluh darah. Proses tersebut juga bisa menghalangi aliran darah ke jantung. Hal ini lah yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

ikan asin penyebab serangan jantung
filstop.com

Aliran darah yang seharusnya berjalan dengan lancar dan normal akan mengalami gangguan dan berjalan dengan lambat. Kondisi ini membuat jantung harus bekerja lebih keras dan membuatnya kelelahan.

Baca Juga: Kerutan Dahi Bisa Prediksi Penyakit Jantung Sejak Dini, Benar nggak sih?

4. Ancaman Bahan Logam Berat

ancaman lbahan logam berat
pinterpandai.com

Proses pembuatan ikan asin pasti melibatkan garam di dalamnya. Garam mengandung natrium klorida yang berasal dari laut.

Hal ini lah yang bisa menjadi penyebab ancaman terkontaminasi bahan logam berat bagi orang-orang yang gemar makan ikan asin.

ikan asin penyebab kontaminasi logam berat
sp.depositphotos.com

Selain itu, pembuatan ikan asin yang tidak steril membuat makanan tersebut rawan terkontaminasi dengan bahan logam lain dari industri yang memproduksinya.

Kontaminasi logam berat tersebut bisa berbahaya bagi manusia yang mengonsumsinya.

5. Gejala Stroke

gejala stroke
npclinicians.com

Gejala stroke biasanya rentan menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang dengan usia muda juga bisa terserang.

Jika kamu sering mengonsumsi ikan asin, kamu juga bisa terkena gelaja stroke.

ikan asin penyebab gejala stroke
tekf.org

Hal tersebut karena ikan asin mengandung sangat banyak garam. Selain itu lemak jenuh pada ikan asin juga bisa memperbesar risikonya.

Meskipun usiamu muda, akan tetapi jika memiliki kandungan garam yang tinggi kamu juga berpotensi stroke.

Nah, itu dia sahabat Qupas 5 penyakit yang siap menyerangmu jika terlalu banyak makan ikan asin. Konsumsi ikan asin memang diperbolehkan, akan tetapi harus tetap sesuai takaran normal, ya.

Hindari untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan terus-menerus. Usahakan untuk mengimbangi apa yang kamu makan dengan 4 sehat 5 sempurna. Dijamin deh kamu akan sehat dan bugar!

0 Comment