Supaya Nggak Berlarut-larut, Hindari 4 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasangan

29 June 2019, at 09:00
0
0
Supaya Nggak Berlarut-larut, Hindari 4 Hal Ini Setelah Bertengkar dengan Pasangan

Pertengkaran adalah hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Bahkan apabila jalinan asmaramu terbilang sangat harmonis pun, kamu dan pasangan akan tetap mengalaminya beberapa kali.

Saat hal tersebut terjadi, nggak sedikit pasangan yang kehilangan akal sehat dan sama-sama mementingkan ego masing-masing.

Saat pertengkaran sudah selesai pun, terkadang masih bisa muncul masalah lain karena nggak bisa menanggapi dengan dewasa dan lapang dada.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Kalimat yang Haram Dikatakan pada Pasangan Saat Bertengkar

Berikut ini 4 hal yang nggak sebaiknya kamu lakukan setelah bertengkar dengan pasangan supaya badai cepat berlalu.

1. Diam dan Membisu

diam dan membisu
readersdigest.ca

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah bersikap dingin atau mendiamkan pasangannya.

Meskipun terkesan biasa saja, hal tersebut membuat pasangan sedang merasa dihukum dan disalahkan sehingga akan berdampak negatif pada hubungan di masa depan.

bersikap dingin
rawpixel.com

Jika kamu memang membutuhkan waktu untuk sendiri, sebaiknya utarakan hal tersebut kepada pasangan daripada harus bersikap dingin.

Dengan demikian, kamu dan pasangan akan sama-sama merasa nyaman karena ia akan mengerti apa yang kamu inginkan dan merasa dihargai.

2. Terus Mengungkit Masalah

terus mengungkit masalah
psychologytoday.com

Terus mengungkit masalah merupakan salah satu hal yang seharusnya nggak boleh dilakukan karena hanya akan menambah rumit dan sulit hubungan kalian.

Tandanya, kamu belum benar-benar menyelesaikan masalah yang terjadi dengan pasangan dan hal tersebut menjadi “bom waktu” yang bisa meledak sewaktu-waktu.

Baca Juga: Pasangan yang Sering Bertengkar Justru Lebih Bahagia, Benarkah?

3. Mencari Alasan untuk Membela Diri

mencari alasan untuk membela diri
glamour.com

Ada banyak alasan yang bisa kamu jadikan pembelaan, akan tetapi hal tersebut nggak akan membuat keadaanmu dengan pasangan membaik lho.

Apalagi saat kalian sebenarnya sudah sepakat untuk berbaikan namun kamu masih terus-terusan membuat alasan. Secara nggak langsung, kamu nggak mau mengakui kesalahan dan hanya membebankan hal tersebut pada pasangan.

mencari alasan
sheknows.com

Dalam keadaan seperti itu, sebaiknya kamu dan pasangan berpikir dengan kepala dingin untuk menentukan akar masalah. Bukan menyudutkan salah satu pihak dan mencari tahu siapa yang salah.

Mengetahui apa yang membuat kamu dan pasangan bertengkar penting dilakukan agar nggak terulang hal yang sama.

4. Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

terlalu menyalahkan diri sendiri
marthastewartweddings.com

Selain mencari alasan untuk membela diri, kamu juga nggak sebaiknya terlalu menyalahkan diri sendiri lho. Sikap seperti ini akan berpengaruh terhadap hubunganmu karena secara nggak sadar kamu akan membatasi diri terhadap pasangan.

Setiap pertengkaran yang terjadi dalam hubungan merupakan sebuah pembelajaran bagimu dan pasangan. Oleh sebab itu, nggak perlu terlalu menyalahkan diri sendiri namun tetap belajar dari kesalahan yang telah dilalui.

Bagaimana pun, setiap hubungan pasti diwarnai dengan berbagai konflik. Oleh sebab itu, penting untuk bisa menyikapinya secara dewasa dan bijaksana Sobat Qupas.

0 Comment