Supaya Nggak Jadi Perokok Pasif, Atasi Racun Rokok dengan 5 Tanaman Ini

14 July 2019, at 09:00
0
0
Supaya Nggak Jadi Perokok Pasif, Atasi Racun Rokok dengan 5 Tanaman Ini

Meninggalkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho beberapa waktu yang lalu mesih menyisakan duka yang mendalam bagi banyak orang.

Nggak hanya itu, banyak orang yang dibuat terkejut dengan penyakit kanker paru-paru yang ia derita karena selama ini Sutopo dikenal memiliki gaya hidup sehat dan nggak merokok.

Sebelum meninggal, Sutopo juga perah mengutarakan keterkejutannya kepada berbagai media tentang penyakit yang ia alami tersebut.

Baca Juga: Nggak Ada Alasan Untuk Menolak Berhenti Merokok, 8 Makanan ini Bisa Membantumu!

Hal tersebut semakin menegaskan bahwa meskipun nggak merokok secara aktif, perokok pasif yang hanya menghirup asap rokok dari orang lain juga memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap berbagai penyakit.

Oleh sebab itu agar nggak menjadi perokok pasif kamu bisa menanam 5 jenis tumbuhan di bawah ini yang dapat membantu mengurangi paparan racun di udara.

1. Lidah Mertua

lidah mertua
dekoruma.com

Kamu pasti sudah nggak asing lagi kan dengan yang satu ini? Sempat sangat populer dan dihargai dengan harga selangit beberapa tahun lalu, tanaman hias ini ternyata nggak hanya mempercantik interior rumah saja.

Tanaman lidah mertua ternyata bisa menyerap 107 unsur polutan di udara, termasuk senyawa formaldehid dalam asap rokok dan radiasi dari peralatan elektronik.

2. Bunga Lili

bunga lili
pixabay.com

Salah satu tanaman yang juga bisa membuat udara bersih dari racun adalah bunga lili. Beberapa penelitian menemukan bahwa jenis peace lily dikenal paling efektif dalam menyerap dan menetralisir senyawa benzana dalam asap rokok.

Bunga cantik yang satu ini cocok ditempatkan di mana saja. Selain itu, keberadannya juga dapat mengurangi bahaya dari formaldehida yang juga sering ditemukan dalam beberapa alat tulis.

3. Sirih Belanda

sirih belanda
blogunik.com

Menurut penelitian, tanaman sirih belanda mampu menyerap senyawa benzana dan formaldehida hingga sebanyak 50 persen.

Nggak hanya itu, tanaman yang satu ini juga mampu menyerap karbon monoksida sebesar 75 persen lho. Kamu bisa nemenpatkannya dimana saja karena sirih belanda dapat hidup di dalam maupun luar ruangan.

Baca Juga: Ingin Berhenti Merokok Secara Permanen? Ikuti Cara Ini

4. Pakis Boston

pakis boston
simomot.com

Tanaman lain yang dapat menyelamatkanmu dari racun rokok di udara adalah pakis boston. Menurut penelitian, senyawa xylene dalam asap tersebut dapat diserap oleh stomata tanaman ini.

Senyawa berbahaya tersebut nantinya akan masuk ke dalam metabolisme pakis boston dan diubah menjadi zat bermanfaat.

5. Gerbera

gerbera
sublimefleuriste.com

Tanaman hias yang satu ini memang sudah nggak asing lagi. Selain cantik, ternyata bunga gerbera bisa menyerap 90 persen asap rokok dan gas polutan lainnya lho.

Bunga cantik ini juga akan menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi lebih segar.

Baca Juga: Meskipun Sepele, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Tanda Kesehatan Paru-parumu Bermasalah

Sobat Qupas yang punya anggota keluarga perokok aktif bisa mencoba menggunakan tanaman-tanaman di atas untuk meminimalisir risiko terkena masalah kesehatan gara-gara menjadi perokok pasif ya.

Meskipun demikian, ada baiknya tetap menghindari paparan asap rokok untuk mengurangi dampak secara signifikan.

0 Comment